Sunday, 14 May 2017

5 Penyebab Artikel Tidak Muncul di SERP


 Penyebab Artikel Tidak Muncul di SERP Bloger suka pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang mampir ke blog yang kita kelola, semakin besar kesempatan kita memonitize blog kita. Itulah mengapa kita akan sangat senang jika ada konten yang muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci yang kita targetkan. Karena mendapatkan satu spot di SERP merupakan jaminan trafik organik yang konstan. Tapi bagaimana seandainya banyak artikel kita yang tidak muncul di SERP? Apakah ada sesuatu yang salah? Atau ada sesuatu yang belum saya lakukan? Pikiran Anda bertanya dan bingung mengapa hal tersebut terjadi sementara blog-blog pesaing bisa dengan mudah muncul di SERP. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan membahas penyebab artikel tidak muncul di SERP. Berikut adalah 5 penyebab utamanya :

1. Blog Anda Masih Baru

Kalau blog Anda masih baru, percuma saja Anda terus menerus mengecek posisi konten Anda di SERP karena Anda tidak akan menemukannya. Secara default, blog baru akan masuk ke Google Sandbox dimana meskipun Anda sudah membuat konten berkualitas yang juga didukung backlink yang baik, situs Anda tidak akan pernah menampakkan diri. Terutama bagi Anda yang menargetkan kata kunci dengan persaingan tinggi. Setidaknya dibutuhkan waktu 3-6 bulan untuk keluar dari Sandbox. Setelah masa itu, barulah terlihat rangking sebenarnya artikel-artikel Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca Apa itu Google Sandbox?”

2. Kualitas Konten Anda Buruk

Mungkin Anda pernah mengalami suatu kondisi berikut : Artikel baru muncul di halaman pertama, kemudian beberapa minggu ke depan tiba-tiba hilang dari posisi aslinya. Jika demikian, maka satu-satunya alasannya adalah kualitas konten Anda buruk. Kalau ada orang-orang mengklik konten Anda di SERP, kemudian mendapati konten kualitas buruk dan menutup browser atau menekan tombol back, peringkat Anda akan merosot dari waktu ke waktu dan lama kelamaan akan hilang dari SERP. Oleh karena itu, pastikan konten Anda sudah berkualitas agar jika berhasil nangkring di halaman pertama, pengunjung tidak terlalu sering menekan tombol back ketika membaca konten Anda.

3. Anda Kalah Bersaing dengan Bloger Lain

Kalau kualitas konten sudah bagus dan tiba-tiba hilang dari halaman pertama Google, cobalah mengecek konten-konten yang berada di urutan teratas. Biasaya hal ini terjadi karena ada bloger-bloger lain yang baru memublikasikan topik sejenis yang menargetkan kata kunci yang sama dengan Anda. Dengan kata lain, Anda kalah dalam hal optimasi SEO. Silakan diperbaiki SEO on-page dan off page pesaing. Amati dengan baik apa perbedaanya dan kemudian tiru situs pesaing agar konten Anda kembali muncul di halaman pertama Google. Bagaimana pun juga, SEO merupakan persaingan optimasi. Jangan malas dan lakukan optimasi dengan teliti untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Anda Menambahkan Script yang Buruk

Di internet begitu banyak script-script yang menawarkan berbagai manfaat. Sayangnya, jika Anda tidak tahu menahu tentang bahasa pemrograman dan sembarangan menambahkan script dari pihak ke tiga, ada kemungkinan Google akan menganggap situs Anda mengandung malware. Jika sudah demikian, maka akan muncul peringatan bagi pengunjung yang akan melakukan klik terhadap situs Anda. dalam banyak kasus, pengunjung akan mengurungkan untuk mengklik dan memilih konten dari website lainnya. Akibatnya, CTR yang rendah akan membuat peringkat Anda sedikit demi sedikit merosot dan akhirnya menghilang dari SERP. Jadi, sebelum Anda menambahkan script, pastikan itu berasal dari situs-situs otoritas yang sudah terpercaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Situs Anda Terkena Penalti

Yang paling sulit untuk diperbaiki adalah jika situs Anda terkena penalti dari Google. Penalti merupakan tindakan dari Google bagi situs-situs yang melakukan kecurangan yang tidak sesuai dengan kebijakan Google. Jika sudah demikian, maka artikel Anda tidak akan muncul di SERP sama sekali. Ada begitu banyak penalti yang berhubungan dengan SERP. Sebagian ada yang bisa diperbaiki, namun mayoritas orang lebih memilih untuk membangun situs lainnya mengingat kesempatan recovery sangatlah kecil. Oleh karena itu, jangan sekalipun Anda coba-coba menggunakan teknik-teknik black hat SEO atau mengaplikasikan tutorial yang banyak beredar di forum-forum. Lebih baik mencari tips ngeblog yang berasal dari situs otoritas yang ditulis oleh ahli di bidangnya.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu penyebab artikel tidak muncul di SERP. Sebagian bisa diperbaiki sehingga ada peluang untuk memunculkan artikel di posisi semula dan sebagian tidak dapat tertolong lagi. Tergantung dari situasi dan apa saja yang sudah Anda lakukan dalam upaya optimasi. Apakah ada kasus lain dimana postingan tidak muncul di SERP? Atau Anda punya masalah lain? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.

31 comments:

  1. ada 2 hal yang paling susah mengatasinya, keluar dari sandbox dan bertahan di halaman pertama mesin pencarian. Setau saya asal kualitasnya kontennya baik, situsnya mempunyai nilai SEO yang tinggi dan mudah di akses, saya rasa masih bisa kembali di SERP. Butuh banyak belajar untuk menjadikan blog lebih baik lagi, ketahui penyebabnya,seperti yang telah dijelaskan di atas, ketahui caranya, lalu terapkan solusinya. Bisa ditambahkan juga, perhatikan pemilihan keyword (short tail keyword,long tail keyword,dll ) agar bisa tampil di search engine. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, nanti Insyaallah kami update lagi lebih spesifik tentang cara keluar dari Google sandbox. Makasih udah mampir

      Delete
  2. Sepertinya keyword juga berpengaruh banyak, karena setelah saya lihat lihat dibeberapa pencatian banyak sekali artikel hasil copas dan spinner yang justru menempati papan atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, tapi lebih memerhatikan Keyword density nya. Biar nggak dikira spam ama Mbah Google

      Delete
  3. jujur saya merasa kesulitan untuk muncul di pageone, tapi apakah umur blog yang mudah mempengaruhi ? walaupun konten nya berkualitas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak aspek konten berkualitas mas, hehehehe, ditinjau dari segi kualitas backlink, dll

      Delete
  4. Kebanyakan blogger baru memang ingin muncul di pageone tanpa memikirkan konten dan blog mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas Irwin, jadi harus betul-betul berpikir matang

      Delete
  5. baru tahu saya gan tentang penyebab artikel tidak muncul, jangan - jangan artikel saya yang tidak muncul ada penyembab dari salah satu yang di sebutkan pada artikel agan itu, hhhhh. wah harus segera saya benahi itu. makasih ya gan atas tulisan nya, berguna bagi saya nih.

    ReplyDelete
  6. Wah wah wah susah juga ya, artikel saya cuman baru masuk page 3 page 4 ga ada yang masuk page 1 atau 2, ntar saya coba lakuin cara yang diatas, makasih mas sudah diberitahu

    ReplyDelete
  7. Wah wah wah susah juga ya, artikel saya cuman baru masuk page 3 page 4 ga ada yang masuk page 1 atau 2, ntar saya coba lakuin cara yang diatas, makasih mas sudah diberitahu

    ReplyDelete
  8. Wah kalau sudah kena pinalti/sandbox Google enggak bakalan ada lagi peluang untuk di maafkan oleh google, yang terpenting jangan ada script yang berbau malware aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nanti takutnya Google mendeteksi malware tsb bang

      Delete
  9. Kualitas konten paling penting memang Kalau kualitas konten kalah dengan blog lain maka akan kalah juga dalam SERP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Optimasi SEO nya juga penting deh mas

      Delete
  10. Kalau saya sih lebih ke optimasi keyword mas, artikel blog itu berbeda dengan artikel model lainnya yg dipublikasikan secara offline. Artikel blog dipublikasikan secara online artinya menggunakan mesin supaya bisa ditemukan oleh manusia, nah jadi ya harus dioptimasi dengan kata kunci..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, kata kunci emang penting banget

      Delete
  11. ternyata banyak juga penyebab artikel tidak muncul di serp sepertinya keyword juga berpengaruh. Makasih infonya gan

    ReplyDelete
  12. Jadi Bounce rate mempengaruhi peringkat pada search engine ya? Semakin lama visitor di website semakin baik di search engine

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mempengaruhi banget sih mas, karena Google menilai nya klo situs itu dianggap bermanfaat

      Delete
  13. Kayaknya blogku masuk kategori poin 1 dan 3 deh. Makanya artikelnya agak lambat muncul di SERP

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang sabar kak Mutia, nanti akan di-update trik yang lain

      Delete
  14. Mungkin belum didaftarin ke webmaster biasanya blog barupun jika fidaftarin webmaster bakalan langsung dimunculin di serp walaupun tidak di page one

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih mas, harus daftarin dulu biar SEO nya jos gandos

      Delete
  15. Kalo untuk orang yang berkecimpung di dunia IM terkadang tidak memperdulikan SERP ., mereka cukup share di sosial media dengn memamnfaatkan seo off page yang diarahkan ke landing page., sembari mendapatkan backlink dari sosmed tersebut., jika sudah banyak backlink., maka SERP juga akan menampilkan dari link tersebut., meskipun link tersebut mengarah ke sosmed dan tidak diurutan pertama hasil pencarian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget mas, di dunia Internet marketing Khususnya, mereka main di backlink, dan DA nya

      Delete
  16. Blog ku masih tersimpan disanbox... umurnya belum sampai 6 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wawww Google sangar juga ya kang, semoga bisa dibebasin dari penjara sandbox

      Delete
  17. Market Samurai, for instance, has an astounding rank tracker module. It tracks rank positions as well as the quantity of backlinks and PageRank.serp tracker

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi

Powered by Blogger.