Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

5 Penyebab Artikel Tidak Muncul di SERP

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Selasa, 02 Juli 2019

 Penyebab Artikel Tidak Muncul di SERP Bloger suka pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang mampir ke blog yang kita kelola, semakin besar kesempatan kita memonitize blog kita. Itulah mengapa kita akan sangat senang jika ada konten yang muncul di halaman pertama Google untuk kata kunci yang kita targetkan. Karena mendapatkan satu spot di SERP merupakan jaminan trafik organik yang konstan. Tapi bagaimana seandainya banyak artikel kita yang tidak muncul di SERP? Apakah ada sesuatu yang salah? Atau ada sesuatu yang belum saya lakukan? Pikiran kita bertanya dan bingung mengapa hal tersebut terjadi sementara blog-blog pesaing bisa dengan mudah muncul di SERP. Oleh karena itu, pada postingan kali ini saya akan membahas penyebab artikel tidak muncul di SERP. Berikut adalah 5 penyebab utamanya :

1. Blog Masih Baru


Kalau blog Anda masih baru, percuma saja Anda terus menerus mengecek posisi konten Anda di SERP karena Anda tidak akan menemukannya. Secara default, blog baru akan masuk ke Google Sandbox dimana meskipun Anda sudah membuat konten berkualitas yang juga didukung backlink yang baik, situs Anda tidak akan pernah menampakkan diri. Terutama bagi Anda yang menargetkan kata kunci dengan persaingan tinggi. Setidaknya dibutuhkan waktu 3-6 bulan untuk keluar dari Sandbox. Setelah masa itu, barulah terlihat rangking sebenarnya artikel-artikel Anda.

2. Kualitas Konten Anda Buruk


Mungkin Anda pernah mengalami suatu kondisi berikut : Artikel baru muncul di halaman pertama, kemudian beberapa minggu ke depan tiba-tiba hilang dari posisi aslinya. Jika demikian, maka satu-satunya alasannya adalah kualitas konten Anda buruk. Kalau ada orang-orang mengklik konten Anda di SERP, kemudian mendapati konten kualitas buruk dan menutup browser atau menekan tombol back, peringkat Anda akan merosot dari waktu ke waktu dan lama kelamaan akan hilang dari SERP. Oleh karena itu, pastikan konten Anda sudah berkualitas agar jika berhasil nangkring di halaman pertama, pengunjung tidak terlalu sering menekan tombol back ketika membaca konten Anda.

3. Anda Kalah Bersaing dengan Bloger Lain


Kalau kualitas konten sudah bagus dan tiba-tiba hilang dari halaman pertama Google, cobalah mengecek konten-konten yang berada di urutan teratas. Biasaya hal ini terjadi karena ada bloger-bloger lain yang baru memublikasikan topik sejenis yang menargetkan kata kunci yang sama dengan Anda. Dengan kata lain, Anda kalah dalam hal optimasi SEO. Silakan diperbaiki SEO on-page dan off page pesaing. Amati dengan baik apa perbedaanya dan kemudian tiru situs pesaing agar konten Anda kembali muncul di halaman pertama Google. Bagaimana pun juga, SEO merupakan persaingan optimasi. Jangan malas dan lakukan optimasi dengan teliti untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Anda Menambahkan Script yang Buruk


Di internet begitu banyak script-script yang menawarkan berbagai manfaat. Sayangnya, jika Anda tidak tahu menahu tentang bahasa pemrograman dan sembarangan menambahkan script dari pihak ke tiga, ada kemungkinan Google akan menganggap situs Anda mengandung malware. Jika sudah demikian, maka akan muncul peringatan bagi pengunjung yang akan melakukan klik terhadap situs Anda. dalam banyak kasus, pengunjung akan mengurungkan untuk mengklik dan memilih konten dari website lainnya. Akibatnya, CTR yang rendah akan membuat peringkat Anda sedikit demi sedikit merosot dan akhirnya menghilang dari SERP. Jadi, sebelum Anda menambahkan script, pastikan itu berasal dari situs-situs otoritas yang sudah terpercaya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Situs Anda Terkena Penalti


Yang paling sulit untuk diperbaiki adalah jika situs Anda terkena penalti dari Google. Penalti merupakan tindakan dari Google bagi situs-situs yang melakukan kecurangan yang tidak sesuai dengan kebijakan Google. Jika sudah demikian, maka artikel Anda tidak akan muncul di SERP sama sekali. Ada begitu banyak penalti yang berhubungan dengan SERP. Sebagian ada yang bisa diperbaiki, namun mayoritas orang lebih memilih untuk membangun situs lainnya mengingat kesempatan recovery sangatlah kecil. Oleh karena itu, jangan sekalipun Anda coba-coba menggunakan teknik-teknik black hat SEO atau mengaplikasikan tutorial yang banyak beredar di forum-forum. Lebih baik mencari tips ngeblog yang berasal dari situs otoritas yang ditulis oleh ahli di bidangnya.

Kesimpulan


Sekarang Anda tahu penyebab artikel tidak muncul di SERP. Sebagian bisa diperbaiki sehingga ada peluang untuk memunculkan artikel di posisi semula dan sebagian tidak dapat tertolong lagi. Tergantung dari situasi dan apa saja yang sudah Anda lakukan dalam upaya optimasi. Apakah ada kasus lain dimana postingan tidak muncul di SERP? Atau Anda punya masalah lain? Bagikan di kotak komentar yang telah disediakan.
>