Mengukir Kenangan Ramadhan dibalik Gairah Lebaran


Antara tawa dan pilu, bercampur menjadi satu. Berkecamuk dalam hati ini, merobek nurani yang tertinggal sisa-sisa rindu akan Ramadhan yang penuh kenangan. Digantikan lebaran, malam sejuta petasan.

Pertengahan bulan Ramadhan ini, pasti sobat sudah mencium bau-bau lebaran ya ? Hemmm, rasanya seperti kita merdeka. Namun, di sisi lain. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling dinanti. Ada beberapa hal yang membuat aku takjub, selama Ramadhan kali ini. 

Satu masjid, dalam keberagaman, dimana ada sebuah masjid yang jemaahnya dari berbagai aliran Islam, ada Muhammadiyah, dan Nahdlatul ulama. Ternyata, rukun dalam keberagaman itu indah ya gaes........., ada lagi, Kopdar Blogger Jember ke 4, yang tentunya bikin Ramadhan kali ini, jadi Ramadhan yang berbeda diantara tahun-tahun sebelumnya. 

Jauh-jauh hari sebelum lebaran tiba. Sobat harus punya amunisi jenis "THR" untuk keperluan finansial sobat. Tau kan, kalo mepet-mepet lebaran. Semua harga, baik itu makanan, baju, tiket, semuanya pada naik. Biasanya, di masa-masa seperti ini, banyak yang dilanda dilema berat, akibat memikirkan uang buat belanja ini... Itu.... 

Tradisi menjelang lebaran sih... Berkunjung ke desa, tanah kelahiranku, Situbondo. Kota dengan sejuta cerita, bahkan terkadang aku lupa, masih tersisa jutaan cinta di hati mereka. Iya, pikiran ini kembali ber nostalgia saat  teringat cerianya masa-masa kecil dulu, kadang sih masih nggak terasa. "Aku sudah besar" , dan melihat temen-temen sepermainan ku, bahkan sudah ada yang punya anak. Benar-benar Ramadhan yang berbeda
Untuk persiapan menjelang Ramadhan ini, sudah ada beberapa list yang sudah masuk daftar barang nih. Sebenarnya, permintaan lebaran nggak usah terlalu berlebihan gaes. Karena, kita harus melihat kondisi kedua orang tua kita. Apakah keinginan kita justru semakin membuat orang tua semakin terbebani atau tidak.

BAJU LEBARAN


Terkadang, aku nggak terlalu memberatkan orang tua, dengan hal sepele seperti baju baru. Namun, aku dipaksa untuk ikut dalam memilih baju untuk lebaran nanti. Subhanallah... Inilah cinta orang tua, yang selalu menyayangi kita tanpa kenal waktu.

KUE KHAS LEBARAN

Untuk jajanan khas lebaran, biasanya sudah disiapkan sebelum hari lebaran tiba. Kalau ibuku sih, biasanya produksi Khong Guan rasa Rengginang. 😂 Penipuan sejenis ini, sudah familiar di kalangan sobat kan ?
Oh iya sob... Kalau cerita jajan khas lebaran yang satu ini, ada misteri yang lucu dan menarik buat kita ketahui. Kalau kita lihat, gambar pada jajan Khong Guan, kita hanya mendapati seorang ibu, anak cowok dan cewek. Kira-kira, bapaknya kemana ya ?

Usut punya usut, bapak mereka jadi tentara di negara, sob. Kira-kira, begini penampakannya.
Sumber : sijuki.com

UANG BARU DAN ANGPAU

Senangnya bukan maen, saat dulu dapet duit baru. Serasa dapet durian runtuh, dobel lagi. Mungkin, kata-kata itu yang menggambarkan cerianya seorang anak ketika mendapati angpau dan isinya uang baru. Pastiin pake baju yang kantong nya super dalam ya sob, biar bisa nampung uang banyak  😅
Angpau yang dibeli, buat sodara-sodaraku

KARENA LEBARAN MENDEKATKAN YANG JAUH


Lebaran memang sebuah alasan, kenapa kita harus ada di dekat keluarga. Sekalipun kita pergi merantau, namun kuat rasanya untuk kembali memeluk keluarga kita, terutama orang tua. Selama kita bisa menikmati hangatnya cinta dan kasih sayang mereka.
Sumber gambar : https://goo.gl/exNRlg

KARENA LEBARAN SALING MEMAAFKAN


Seolah kesalahan terbakar dalam sependek ucapan "Maaf" dan jabatan tangan yang begitu erat antar sesama muslim, terlebih di tanah kelahiranku. Semakin menambah nuansa indah lebaran.
Sumber gambar : https://goo.gl/2Qu29F

KARENA HIDANGAN YANG ISTIMEWA


Hidangan istimewa adat Situbondo, atau bahkan daerah lain, biasanya hadir dengan makanan ketupat, buatan keluarga. Atau, bagi pecinta kuliner Situbondo seperti aku, bisa nyobain makanan Tajin Palappa khas Situbondo. Yummyyyy 🍴🍴🍴🍴🍴
Tajin Palappa : cookpad.com

KARENA LEBARAN ADALAH MOMEN YANG BERMAKNA DALAM KEHIDUPAN KITA


Sempatkan waktu untuk mengunjungi setiap orang yang pernah mengenal kita. Kadang kita sedih, bahagia, dan cerita bersama-sama, karena kita tidak tau, kapan nyawa ini akan kembali.
Sumber gambar : https://goo.gl/Z96VNk

Wellcome lebaran, mantapkan hati, untuk saling memaafkan

Lebaran punya filosofi yang begitu tajam. Jabatan erat, sepasang tangan, seakan memberi isyarat akan kelapangan hati dan pikiran untuk saling memaafkan....


Intinya, lebaran kali ini punya banyak sekali cerita, sama seperti ceritanya blog pritahw.com , yang tepat di bulan Ramadhan ini, menginjak usia ke-1 tahun. Congrats 😀

10 comments:

  1. Makasih ya Faisol udah ikutan :) Jangan lupa penuhi S&K yg lain ya. Gudlak!

    ReplyDelete
  2. Kangen kumpul keluarga juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, iya kak, silakan pulkam, buat ngobatin rasa rindunya. Emang ga kuat kalo rindu yang satu ini ( rindu keluarga )

      Delete
  3. Lebran memang istimewa, tapi itu rengginangnya kayaknya asik....aku paling suka sama yang namanya rengginang...gut lak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jeng Yuni... Emak muantep yang namanya rengginang itu

      Delete
  4. Lebaran adalah moment istimewa yang di nantikan banyak orang

    ReplyDelete
  5. lebaran memang mendekatkan yang jauh ... indahnya lebaran berkumpul dalam suka cita tawa dan canda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lebaran itu momen spesial

      Delete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi

Powered by Blogger.