Sunday, 5 November 2017

Aplikasi KANTONG KARYA di Ajang IWIC - 11


Halo teman-teman ? Kali ini, aku mau sharing-sharing nih, seputar ide aplikasiku yang akan diikutsertakan dalam ajang IWIC ke-11, dan pada kesempatan yang istimewa ini, aku punya sumbangsih ide aplikasi masa depan, yakni KK (Kantong Karya).

Katakanlah, aku seniman abal-abal. Aku sendiri butuh suatu wadah yang bisa menjadi tempat untuk saling memberi komentar, semangat, dan apresiasi terhadap karya yang aku buat. Aku sangat menyukai dunia doodling, menggambar pola seni abstrak, dan terkadang melukis sesuai suasana hati. Walau tidak bisa disadari, bahwa sebenarnya seni telah masuk kedalam diri kita masing-masing.

Seperti halnya seni menyanyi, menari, melukis, dan lain sebagainya. Begitu miris rasanya, ketika melihat tembok-tembok tercorat-coret dengan indah, terkadang abstrak, karena sebenarnya tangan-tangan itu adalah anak kreatif, namun tiada wadah untuk mengapresiasi seni yang mereka buat.


Ide merancang aplikasi ini, lebih terinspirasi pada seni-seni yang bertebaran di sekitar kita, bahkan hingga masuk kedalam hati, terutama para seniman. Terutama, adalah jiwa seniku yang tiba-tiba memberitahukan suatu ide untuk aplikasi seni berupa Kantong Karya ini. Dan lagi, kebutuhan dunia akan seni juga semakin meningkat di zaman ini, baik itu dalam dunia desain grafis, desain vector, doodle, dan lain sebagainya.

Sehingga, dengan aplikasi Kantong Karya ini, bisa menjadi wadah yang benar-benar menjadi tempat berkumpulnya seniman di seluruh Indonesia, bahkan hingga mancanegara.


Untuk fitur-fiturnya sendiri, di bayanganku nih, yang jelas aplikasi mobile yah, dan terdapat sebuah landing page untuk Top 10 karya terbaik, maupun video karya paling trending, sehingga memungkinkan user yang lain bisa mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Selain itu, memungkinkan akan dibukakannya forum untuk bedah karya para pelaku kreatif.

Selain itu, ada juga keranjang pesanan. Jika di dashboard profile, memasang ajakan untuk membeli karya mereka, mungkin untuk para pembeli yang berminat, maka bisa langsung diadakan chatting di aplikasi tersebut. Lumayan buat penghasilan, kan ?


Target pengguna aplikasi ini, adalah para pelaku industri kreatif di Indonesia, beserta user yang memang benar-benar membutuhkan jasa maupun sebuah karya seni untuk mempercantik ruangan mereka. Selain itu, nanti juga bisa diadakan notification kerjasama, untuk brand-brand yang ingin mengadakan event.


Seni yang bisa ditampilkan akan terfilter menjadi beberapa tag, diantaranya 

SENI SASTRA
SENI LUKIS
SENI DOODLE
SENI TARI
KERAJINAN TANGAN
SENI TEATER
SENI MUSIK
SENI RUPA
DESAIN GRAFIS

    Oh iya, kalau sobat ingin ikutan kompetisi ini, bisa banget loh, tuangkan seperti apa ide aplikasi kalian untuk IWIC 11 yang bertajuk visi baru, yakni Digital Nation, dan diharapkan meningkatnya kesadaran seluruh lapisan masyarakat terhadap adanya teknologi untuk menunjang kemajuan ekonomi.

 Ide terbaik akan mendapatkan hadiah yang fantastis loh, Ngikut nggak ? Link Pendaftaran Disini

Oke, semoga sharing-sharing kita kali ini bermanfaat, oke.  

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi

Powered by Blogger.