Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Dari Astra Untuk Bangsa

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Sabtu, 09 Desember 2017
Inspirasi bisa datang dari mana saja. Ketika kita mulai berpikir, "Hal apa yang bisa kita gunakan untuk mengubah bangsa menjadi lebih baik ?". Saat itulah, inspirasi muncul. Dengan berkontribusi dalam kegiatan sosial, pendidikan, serta berbagai aspek penting negara lainnya. Berarti, jiwa kepedulian kita terhadap kemajuan bangsa semakin meningkat.

Seperti halnya Astra. Mengabdi pada negeri hingga di usianya yang tak lagi muda. Ya, selama 60 tahun sejak Astra berdiri, mulai banyak pembangunan, peningkatan sumber daya manusia, untuk mencetak generasi yang berintelektual tinggi. Pasti 60 tahun itu, adalah waktu yang sangat panjang untuk mengumpulkan inspirasi yang begitu banyak demi kebaikan masyarakat luas.

Astra mulai didirikan pada tahun 1957 yang menjadi perusahaan dengan background sektor perdagangan umum. Seiring berjalannya waktu, PT Astra International Tbk mengembangkan bisnisnya kedalam 7 sektor utama, yaitu : Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. Sebagai salah satu perusahaan nasional yang cukup besar, Astra semakin meningkatkan reputasi yang kuat, dengan tata kelola perusahaan, dan tata kelola lingkungan yang baik.


Ditinjau dari segi produk dan layanan, Astra sangatlah terdepan. Terbukti dengan banyaknya pengguna otomotif yang berada dibawah naungan Astra, karena kualitasnya yang bagus, untuk mewujudkan filosofi catur dharma, yang selama ini digunakan sebagai kunci sukses Astra dalam menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Darma pertama dari Catur Dharma adalah menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kedua, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ketiga, menghargai individu dan membina kerjasama. Darma keempat, senantiasa mencapai yang terbaik. Oleh karena itu, pelayanan yang maksimal menjadi kunci utama, masyarakat mencintai produk-produk Astra.

Di bidang jasa keuangan juga. FIF (Jasa Keuangan Internasional) turut membantu dan mendukung pembiayaan sepeda motor Honda, dan masih banyak partner yang turut mendukung aset yang maksimal.

Di bidang asuransi, PT Asuransi Astra Buana menyediakan kebutuhan asuransi bagi pelanggan produk-produk kendaraan motor Astra. Beragam asuransi yang ditawarkan, akan membantu memberikan perlindungan yang maksimal, apabila terjadi kecelakaan, pengangkutan, dan sesuatu yang tidak diinginkan lainnya, yang masih bersangkutan dengan usaha komersil.


Sudah sejak tahun 1980, Astra mengadakan kompetisi tahunan Innovastra, sebagai bentuk apresiasi bagi para inovator Astra. Pencapaian kinerja perusahaan yang baik, tidak lepas dari inovasi yang terus berkelanjutan. Ada lima kategori yang dilombakan dalam ajang InnovAstra setiap tahunnya. Lima kategori tersebut adalah Suggestion System (SS) atau Sistem Saran, Quality Control Circle (QCC), Quality Control Project (QCP), Business Performance Improvement (BPI), dan Value Chain Innovation (VCI).Total proyek yang dihasilkan dari lima kategori di atas mencapai 698.756 proyek. Sementara itu, jumlah total proyek dari seluruh kategori sejak awal pelaksanaan, yaitu dari 1980 hingga 2017 adalah 7.390.385 proyek.



Di bidang pendidikan, Astra berkontribusi dengan mendirikan YAYASAN TOYOTA ASTRA yang didirikan pada tahun 1974. Melalui yayasan ini, Astra memiliki visi misi untuk mencerdaskan bangsa, dengan memberikan bantuan dana dan pembiayaan untuk pengembangan sains, serta aspek pendidikan lainnya. Antara lain : Memberi beasiswa reguler di setiap jenjang pendidikan, membiayai penelitian kepada staff pengajar dari perguruan tinggi negeri, bantuan alat peraga pendidikan, dan masih banyak lagi.



 

1. ASTRA UNTUK INDONESIA SEHAT


Astra sangat peduli terhadap tingkat kesehatan masyarakat Indonesia. Sehat adalah hal mendasar sebelum manusia melakukan aktivitas sehari-hari. Tingkat kesejahteraan rakyat juga bisa dilihat dari kesehatan di daerah tersebut. Dengan adanya MOKESA (Mobil Kesehatan Astra), masyarakat semakin terbantu karena Astra turut memberikan pengobatan gratis bagi masyarakat di sekitar instalasi Astra di DKI Jakarta, Depok, Bekasi, dan Tangerang. Bentuk pengobatan yang disediakan dalam bentuk dasar, misalnya pemeriksaan darah, serta gigi bagi anak PAUD.


2. ASTRA UNTUK INDONESIA CERDAS

Pendidikan di Indonesia adalah hal kritis yang harus ditindaklanjuti secara cepat dan lebih efisien. Dalam bidang pendidikan ini, Astra membantu banyak sekali pelajar untuk bisa terus mengenyam pendidikan dengan mengadakan berbagai program serta pelatihan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Diantaranya ada Rumah Pintar, sebuah wadah yang didirikan anak perusahaan Astra yang bekerjasama dengan SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Bersatu) dengan membangun sebanyak 20 Rumah Pintar di seluruh Indonesia. 


Selain itu, Astra juga gencar memberikan beasiswa serta bantuan fasilitas pendidikan. Tak hanya itu, Astra juga melalui Politeknik Manufaktur Astra, berusaha untuk mendirikan institusi pendidikan yang professional, terutama dalam bidang otomotif, untuk menghasilkan lulusan yang siap pakai yang memiliki kualitas yang membanggakan.

 3. ASTRA UNTUK INDONESIA HIJAU


Melalui program Astra Forest, yang merupakan kawasan seluas 200 hektar yang menjadi tempat pembelajaran kehutanan, dan pendidikan tentang hutan tropis di Indonesia.

Di lahan ini juga menjadi tempat direalisasikannya aksi penanaman ribuan pohon serta tanaman langka yang hampir punah. Dengan tujuan untuk Indonesia yang lebih hijau.

4. ASTRA UNTUK INDONESIA KREATIF


Astra mendukung tentang peningkatan kualitas UMKM yang sudah dilakukan selama 37 tahun yang lalu melalui Yayasan Dharma Bakti Astra. Dan ini menjadi bentuk kepedulian Astra terhadap perkembangan UMKM di Indonesia, serta usaha-usaha yang dilakukan oleh penyandag difabel untuk tetap bisa berkarya.


>