Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Pameran Karya dan Mading 3D MAN 1 Jember

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 14 Januari 2018

Halo teman-teman ? Di hari Sabtu kemarin, MAN 1 Jember, lebih khususnya kelas 11, mengadakan pameran seni, yang bertempat di PSBB MAN 1 Jember.

Namun, coba kita flashback sebentar, jauh jauh hari sebelum kegiatan itu dimulai. Mungkin acara membuat mading 3D ini sudah sangat lama, yakni ± saat semester 1. Teman-teman begitu antusias dalam membuat dan merancang mading 3D tersebut. Karena membuat mading ini, masuk dalam aspek penilaian guru seni budaya, yakni pak Ridjal.


Kelasku terbagi 2 kelompok. Aku masuk kelompok Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan ketua kelompok : Arif. Oke, langsung maen tunjuk aja tuh, teman-teman, waktu ditanya : Siapa yang mau jadi layouter Katalog ? Eh, malah bilang "Faisol pak..." jiah.... Padahal waktu pemilihan itu gaada aku di kelas. Aku masih di kantin. Hehehhehe

Menurutku sih, ngelayout katalog nggak susah amat. Yang susah itu..... LAPTOPNYA. Aku ga punya laptop yang bisa buat ngedesain di corel draw. Walhasil, aku harus bolak-balik ke warnet maxima, deket rumahku. Duh, lain kali pikir dulu ya manteman, kalo begini kan kalian juga yang rugi. Pasalnya, kemarin jumat itu, rencana udah mau nyetak katalog.

Yang bener aja... Katalog baru 50% maen cetak aja. Dan lagi, fotografernya tuh gimana ya, masa fotonya ada di hp yang ketinggalan di Situbondo. Aku bilang, coba kirim ke WA ku, eh... Dia ngomong, gabisa dibuka. Aku pake sidik jari. *Tepok jidat

Gini ya aku yang stress, soalnya ribet foto ulang, sama ngedesain ulang. Masalahnya lagi, di komputer maxima, nggak bisa buka filenya, malah ngeblank, duh... Terlebih-lebih, mading nya sudah hancur luluh, bak bencana menimpa NTT. Miniatur komodo-komodo yang kita buat, sudah banyak yang berjamur. Hemh....

Malam itu, aku ngerjakan mulai dari nol secepat mungkin. Yah, mau nggak mau, bisa nggak bisa, besok harus sudah jadi. Katanya pak ridjal, nggak papa ndak usah cetak seperti penanggalan (jilid spiral), dibikin kayak makalah aja, cuma didesain.

Tara.... Dalam satu jam, clear. Emang the power of kepepet manjur banget ya ? Yang semula kayaknya nggak ada harapan, tiba-tiba selesai aja. Terimakasih ya Allah....

Besoknya, ada yang komen, duhh fotoku kok gini, bla bla bla... Trus aku santai aja ngomong : Kamu aja buat sendiri. Dasar... Nggak ngehargain usaha orang. Kita boleh sih berkomentar seperti itu, cuma untuk menghasilkan yang perfect ya diri kalian harus bisa disiplin dong, aku minta foto dari kemaren nggak difoto-foto, giliran jelek ya komen. So, yang salah siapa ?





Hemm, yaudah skip aja. Untung, hari Sabtunya berjalan lancar. Acaranya mulus, bagai kulit yang diamplas.. Diawali pembukaan dan sambutan, kemudian kita diberi tugas untuk mewawancarai teman (seniman) yang menurut kita karyanya bagus. Aku sendiri diwawancarai 2 orang, yah temen-temenku lah....

Aku sendiri tertarik kepada karya vicky, nama lengkapnua Maqdis Azizul Fikrie. Dulu waktu SMP sekelas sama aku. Emang bagus sih, kaligrafinya. Cool wes, ini fotonya.


Setelah itu, mengumpulkan kertas tersebut ke depan, dan kita disuruh duduk untuk melihat acara pementasan drama dari kelas bahasa. Walau nggak nyambung banget sih, namun di akhir dijelasin, kalo dramanya itu bercerita tentang kisah nabi adam, lebih tepatnya Qabil dan Habil, namun versi tanah toraja.

Selepas itu, ISHOMA, kemudian dilanjutkan acara selanjutnya. Namun sayang, aku harus rapat di Tabilla, jadi ya, nggak ikutan lihat. Tapi maksimal tetep kok, hehehe. Mantap pokoknya. Sukses terus pak Ridjal, beserta kru nya, dan pesertanya. Semoga makin meningkatkan jiwa seni siswa.

>