BREAKING NEWS

[5]

Kumpulan Algoritma Google Yang Wajib Kamu Ketahui


Kumpulan Algoritma Google - Algoritma google sendiri adalah sistematika dalam perhitungan rank suatu blog di mesin penelusur. Tentunya, hal ini harus diketahui oleh banyak blogger, agar mempelajari skema perhitungan rank blog seperti apa yang disukai dan bahkan hingga diperangi oleh google ini. Yukk, kita simak bersama.

1. Google Panda

Via Search Engine Land

Algoritma google yang satu ini, di launch pada 24 Februari 2011.
Objek : Kepada kualitas konten
Yang diperangi : Double content (duplikat), keyword stuffing, plagiarism, serta konten pendek.

Google Panda disini, sangat benci terhadap blog yang memiliki tingkat plagiarism yang tinggi. Jadi, Google Panda benar-benar memfilter tulisan berkualitas, bukan bentuk spamming, apalagi keyword stuffing. Keyword stuffing itu bagaimana mas ? Keyword stuffing adalah bentuk spam dalam menerapkan kata kunci pada artikel yang kita buat. Yakni, menuliskan kata tersebut berkali-kali dalam suatu konten.

Tentunya hal ini berdampak jelek terhadap user experience, dan akan ditaruh di rank bawahan oleh Google Panda ini.



Cara menghindarinya, ya hindari semua yang diperangi Google Panda tadi. Misal duplicate konten, kita harus benar-benar meyakinkan mesin pencari, bahwa artikel yang kita tulis original, bukan hasil copy paste, walaupun kita plagiasi tulisan kita sendiri, itu akan berbahaya dan langsung dicyduk oleh google panda.

2. Google Penguin

Via Business 2 community

Launc pada April 2012
Objek : Spammy dan low quality blog
Yang diperangi : Link yang datang dari poor quality sites, paid links, keyword stuffing, dan backlink yang tidak relevan.

Google Penguin ini, benar-benar ketat dalam mengecek link masuk dan keluar blog sobat. Serta tingkat relevansi backlink dengan topik blog yang ditautkan. Dan sangat membenci backlink dari poor quality sites. Misal nih, ketika sobat cek backlink blog sobat, dan menemukan situs berkonten negatif, maka segera hubungi adminnya, dan katakan agar si admin menghapus backlink tersebut.

Juga hindari paid links, dan sejenisnya secara berlebihan. Karena, google akan langsung memblock situs tersebut, dan menaruhnya di ranking bawah. Menurut saya sih, ya sewajarnya yah, atau minimal imbangi konten murni dengan paid article.

3. Google Pirate

Via thrive business marketing

Launch pada bulan Agustus 2012
Memerangi : Pelanggaran hak cipta (copyright) dan plagiarism.

Google Pirate ini sangat fokus terhadap permasalahan copyright. Karena karya sangat berbahaya dalam dunia ini. Sehingga, google akan melempar situs yang mengapload karya apapun yang sensitif.

Cara menghindari hukuman google pirate adalah dengan mengupload gambar / video yang murni atau minimal kalau ingin menggunakan foto / video orang, hendaknya tulis link sumber, untuk menghormati dan menghargai orang yang menghasilkan karya tersebut.

4. Google Hummingbird

Via verticalresponse

Algoritma google yang satu ini dilaunch pada Agustus 2013. Objek sasaran algoritma ini adalah relevansi keyword dengan artikel yang kita buat.

Saya sendiri pernah membahas tentang algoritma Hummingbird ini. Dan mempelajarinya walaupun sedikit demi sedikit. Yang saya tau, bahwa algoritma google Hummingbird ini, sangat memperhatikan teknik menulis kita. Apakah kita menulis untuk mesin, atau untuk manusia.

Biasanya jenis blog yang rawan disentil kalau konten blognya diluar konteks keyword yang dicari oleh seseorang. Sehingga, dalam menulis konten, kita harus bisa memvariasikan kata agar artikel yang kita buat tidak dianggap robot.

5. Google Pigeon

Via Be Locally SEO

Google Pigeon resmi di launch pada Juli 2014. Kabarnya, google pigeon hanya berlaku untuk situs berbahasa Inggris, dengan menitik beratkan kepada local search, jadi tergantung dari daerah terdekat si pencari.

Google Pigeon sangat bermanfaat untuk pengusaha, atau toko online, untuk mempermudah menemukan tempat dalam pencarian.

6. Google Mobile Friendly

Via Ethinos

Launch pada April 2015.
Objek : situs mobile friendly

Tak dapat dipungkiri, bahwa tingkat pencarian saat ini didominasi oleh pengguna mobile. Sehingga, google pun berinisiatif untuk lebih mengutamakan blog yang mobile friendly dalam pencarian.

Untuk teman-teman, maka blog yang baik bagi para pencari informasi adalah blog dengan kecepatan yang standard hingga very fast. Sehingga, ketika dibuka, maka langsung keluar info yang ingin mereka cari.

7. Google Rank Brain

Via LSEO

Launch pada Oktober 2015.
Objek : Penyempurnaan Hasil Pencarian

Istilah Google Brain seringkali saya dengar, baru-baru ini. Google rank brain ini akan memberikan hasil pencarian dengan relevan, dan blog-bloh berkualitas rendah, akan ditendang dari pejwan dengan sendirinya.

Juga yang nantinya akan sangat berpengaruh, yakni Bounce rate dan session duration. Jadi, kita akan dinilai dari segi lama tidaknya seseorang di blog kita. Atau bahasa kerennya user experience.

8. Google Fred

Via Blue Corona

Dilaunch pada Maret 2017.
Memerangi Thin Content dan link affiliasi yang berlebihan.

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, google fred ini sangat tidak suka dengan blog yang melanggar kebijakan webmaster, berupa thin content, serta memasang bamyak sekali link affiliasi.

Akhirnya, selesai sudah artikel
Kumpulan Algoritma Google Yang Wajib Kamu Ketahui. Se.oga bermanfaat dan kita bisa terhindar dari tendangan keluarga google. Terimakasih sudah membaca.



Kumpulan Algoritma Google Yang Wajib Kamu Ketahui Kumpulan Algoritma Google Yang Wajib Kamu Ketahui Reviewed by Faisol abrori on 00:35 Rating: 5

3 comments:

  1. Oh Google Fred gak suka banyak link affiliate, ini beneran ?. Halah jd serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kalo terlalu banyak. Dikira spamming

      Delete
  2. terus berapa jumlah link affiliate yang wajar? atau misal kalo dalam artikel 2000 kata, berapa link affiliate yang wajar?

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi

Soratemplates

Image Link [https://2.bp.blogspot.com/-LlPFabzu1vg/WmPkufGLzCI/AAAAAAAADUs/P5RvC4--L0wazaEW0uB8PiknUquVT6HagCLcBGAs/s200/Faisol%2BAbrori.png] Author Name [FAISOL ABRORI] Author Description [Lifestyle Blogger, Suka nulis, nonton drama Thailand] Twitter Username [Sora Templates] Facebook Username Sora Templates] GPlus Username [104219125408123734587] Pinterest Username [Sora Templates] Instagram Username [Sora Templates]