Tuesday, 15 May 2018

Rekomendasi Cara Cek Tagihan PDAM yang Mudah

SHARE

Sejarah PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dimulai dari tahun 1920 ketika Indonesia masih dijajah Belanda. Saat itu perusahaan ini dikenal dengan nama Gementesstaat Wateriedengen Van Batavia atau perusahaan air minum Batavia. Awalnya PDAM memanfaatkan sumber mata air Ciburial di Bogor dan mengolahnya menjadi air bersih untuk didistribusikan ke masyarakat sekitar.

Sejak tahun 23 Desember 1922, pendistribusian sumber air Ciburial diperluas hingga Batavia (Jakarta). Sejak itulah tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PAM Jaya(Perusahaan Air Minum Jakarta Raya) yang merupakan perusahaan PDAM untuk wilayah Jakarta.Sebagai salah satu perusahaan BUMN dengan ratusan juta pelanggan yang tersebar di38 Provinsi Indonesia, PDAM memiliki 3 tujuan utama yaitu: menyediakan layanan air minum dengan harga terjangkau, menyeimbangan kepentingan pelanggan dan perusahaan, serta meningkatan efisiensi dan cakupan pelayanan air bersih di Indonesia.

Untuk mewujudkannya, perusahaan ini telah mendirikan ratusan kantor PDAM untuk melayani ratusa juta pelanggan yang tersebar di 33 Provinsi Indonesia. Tidak hanya itu, PDAM juga berhasil mengintegrasikan semua layanannya dengan teknologi yang berkembang cukup pesat beberapa tahun belakangan. Hal tersebut dibuktikan dengan peluncuran beberapa layanan dalam dua versi, yaitu online dan offline.Salah satu layanan unggulan yang melibatkan teknologi dan kecanggihan masa kiniada fitur cek tagihan PDAM. Jika dulu tagihan PDAM hanya bisa diketahui melalui SMSatau pengecekan langsung ke kantornya, kini di manapun Anda berada info tersebut bisa didapatkan dengan mudah.Demi lancarnya layanan ini, PDAM bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang bergerak secara online dan telah lama berkecimpung di dunia internet. 

Kerja sama initentu saja menciptakan sinergi yang sehat sebagai bukti terwujudnya salah satu cita-cita PDAM yaitu, meningkatkan efisiensi pelayanan.Salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan PDAM adalah Traveloka. Sebagai Pusat informasi traveling sekaligus tempat multi pembayaran online, situs ini melayani fitur cek tagihan air bersih secara online. Bukan hanya pengecekan, website informatif tersebut bahkan melayani pembayaran melalui situs dan aplikasinya.

Cara Cek dan Bayar Tagihan PDAM di Traveloka

Untuk cek tagihan PDAM di Traveloka, ada beberapa langkah yang bisa diikuti. Diantaranya:1. Unduh aplikasi situs ini melalui Apple Store atau Play Store lalu pasang dismartphone (jika ingin mengakses melalui ponsel pintar)2. Masukkan alamat “www.traveloka.com” ke browser di PC atau laptop (jikaingin mengakses versi desktop-nya)3. Buka aplikasi atau situs dan lakukan proses registrasi, begitu selesai, lakukan konfirmasi akun melalui email4. Jika akun sudah terkonfirmasi, masuk ke halaman utama dan pilih menu “BillPayment” atau “Bayar Tagihan”5. Pilih menu “PDAM”6. Masukkan nomor pelanggan ke nomor yanga ada, pastika nomor benar sebelum beralih ke langkah selanjutnya.7. Pilih perusahaan PDAM yang sesuai dengan wilayah tempat tinggal8. Setelah itu klik “Buy Now” atau “Beli Sekarang”9. Tidak berapa lama, layar komputer atau smartphone akan menampilkan detail tagihan dan rincian pemakaian10. Untuk melakukan pembayaran, lanjutkan proses dengan meng-klik “Continue”atau “Lanjutkan”Selanjutnya situs atau aplikasi akan mengantarkan Anda ke halaman pembayaran.Selain membayar nominal tagihan, pelanggan juga akan dikenai biaya administrasisekitar Rp1.500.

BACA JUGA :  CARA KAYA RAYA DARI SOCIAL MEDIA

Untuk saat ini, situs traveling tersebut menyediakan delapan cara pembayaran tagihan PDAM, yaitu:

1. Melalui transfer bank
 2. Melalui ATM
3. Melalui CIMB Clicks
4. Melalui BCA KlikPay
5. Melalui Mandiri Debit
6. Melalui kartu kredit (Sisa atau Mastercard)
7. Melalui mini market (Alfamart dan Indomaret)

Pilihlah metode pembayaran yang sesuai dan mudah bagi Anda. Proses pembayaran biasanya ditetapkan dalam kurun waktu tertentu sesuai kebijakan perusahaan. Jika pembayaran telah dilakukan, Anda tinggal menunggu pihak situs traveling tersebutuntuk memverifikasi dan mengirimkan pemberitahuan tentang berhasil tidaknya proses transaksi.Bagaimana langkah-langkah di atas, cukup mudah bukan?

Selain melalui aplikasi dan situs Traveloka. Tagihan PDAM juga bisa dicek melalui situs resmi perusahaan BUMN tersebut, mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), dan SMS. Pembayaran tagihan bulanan pun juga bisa dilakukan melalui beberapa cara, yaitu:

1. Membayar langsung ke kantor PDAM terdekat
2. Membayar melalui kantor pos
3. Membayar melalui minimarket seperti Alfamart atau Indomaret
4. Membayar melalui internet atau mobile banking
5. Membayar melalui ATM
6. Atau membayar melalui loket-loket PPOB online maupun offlineUntuk menghindari denda atau pemakaian tidak wajar, sebaiknya Anda rajin mengecek tagihan PDAM melalui cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya. Karena selain lebih praktis, cek tagihan PDAM secara online juga lebih menghemat waktu.

Tips Menghindari Pemakaian PDAM Berlebihan

Pdm - javapulsamurah.com

Untuk menghindari penggunaan air PDAM secara sia-sia dan tagihan yangmembengkak, ada beberapa tips penghematan yang bisa dilakukan sebagai referensi.Di antaranya:
1. Tutup semua keran setelah digunakan
2. Lakukan pemeriksaan berkala terhadap pipa dan tandon untuk mencegahkebocoran air
3. Ganti penggunaan bak mandi dengan shower. Karena menurut sebuah surveiyang pernah diungkapkan Oprah Winfrey dalam acaranya, mandi denganbathub atau bak bisa menghabiskan air 3 kali lebih banyak daripada saat kitamenggunakan shower.
4. Gunakan ember sebagai wadah air daripada selang saat mencuci motor, baju,atau piring kotor
5. Tampung air hujan di tempat khusu dan gunakan untuk keperluan seharihariseperti menyiram tanaman atau mencuci pakaian
6. Gunakan alat-alat yang menggunakan teknologi hemat air seperti mesin cuci,keran, atau pancuran.

Semoga informasi di atas bermanfaat, selamat mencoba.

BACA JUGA ; APLIKASI PEMBAYARAN TERCEPAT DI INDOENESIA
SHARE

Author : verified_user

Kehidupan realitas asmara tak seindah drama Korea. Untuk menemukan pasangan sejati, mungkin kamu akan menemui berbagai macam persoalan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit saat menjalani suatu hubungan. Dengan ujian yang berat, maka kekuatan jalinan cinta kalian akan terbukti. Apakah siap untuk berlanjut ke jenjang yang lebih serius, atau hanya cukup menjadi cerita sementara saja.

3 comments:

  1. iya sih, sekarang ada banyak cara ya untuk bayar pdam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, tinggal milih Cara terbaik aja

      Delete
  2. Keren nih. Gak harus keluar rumah buat bayar tagihan PDAM. Mantap..

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi