Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Resep Mudah Membuat Blog Untuk Pemula

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Senin, 13 Agustus 2018

Dunia blogging saat ini sudah bisa dikatakan sangat membludak. Mengapa saya katakan demikian ? Karena jumlah Blogger saat ini sekitar 3 juta lebih per 11 Januari 2017, mungkin saja saat ini lebih berkembang dengan pesat. Hingga, banyak request dari teman-teman via Instagram saya, menanyakan perihal cara untuk membuat blog. Mungkin sudah tersebar banyak di google search engine, namun kali ini saya membuat khusus untuk teman-teman yang menunggu artikel ini.


Ya, mungkin sih mereka sudah mengenal aku seorang Blogger sejak aku kelas 2 SMP, dan alhamdulillah masih bisa ngeblog hingga saat ini, tak lain tujuannya adalah memberikan manfaat kepada orang lain, terlebih diri sendiri. Yuk, simak bersama ....
Untuk membuat blog (pada Blogger) yakni kalian cukup memiliki email. Jika belum punya, silakan register terlebih dahulu di Gmail.com lalu isikan data diri beserta password dengan benar. Kalau perlu, isikan juga nomor telepon aktif, agar akun kalian bisa lebih aman. Dan ingat-ingat email beserta password kalian.


Selanjutnya, buka Blogger.com kemudian klik di pojok kanan atas tulisan sign in. Sobat diminta untuk memasukkan email beserta password yang tadi sudah dibuat. Jika berhasil login, sobat akan diarahkan ke halaman seperti dibawah ini.


Langkah selanjutnya, yakni pilih mode profil menggunakan nama profil, bukan G+. Saya pilih nama sendiri karena bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Jadi setelah mengklik buat ptofil Blogger terbatas, silakan isi dengan nama pribadi atau nama pena.

Lalu, sobat akan diarahkan ke dasbor Blogger, dan bisa langsung Buat Blog Baru. Lalu, akan muncul popup seperti gambar dibawah ini. Sobat cuma diminta untuk memasukkan nama blog dan alamat.

Nama blog itu apa mas ? Nama blog itu, judul secara keseluruhan apa yang akan kita bahas di blog kita. Misal : Dunia Faisol, saya namakan demikian karena saya akan membahas tentang artikel lifestyle disana, bisa juga kalian mungkin suka teknologi, bisa memberi nama dengan Tekno Aja, *misal lho....

Alamat blog itu gimana mas ? Alamat blog ini, adalah Link yang dituju kepada blog kita. Misal duniafaisol.blogspot.com atau teknoaja.blogspot.com kalau ada tanda merah seperti gambar dibawah ini, berarti sudah ada yang menggunakan, alias sobat harus lebih kreatif dalam mencari alamat blog.

Selanjutnya, disitu ada template default pilihan Blogger, ya sederhana sih, tapi nanti bisa diubah kok.

Lalu langsung "Buat Blog"
Nah, gampang kan ? Kalau kalian ikuti tutorial saya diatas pasti bisa bikin blognya, karena bikin blog nggak lama kok, yang penting ada kemauan dari diri kita.


Untuk yang pertama kali melihat dasbor Blogger mungkin agak sedikit bingung ya, masalah ini fungsinya buat apa sih, itu buat apa sih ? 

Nah, kalian bisa baca di artikelku selanjutnya ya, karena aku akan update lagi soal blogging.

Gimana sobat ? Share dong, blog apa yang kalian  buat di komentar. Atau kalau mau tanya-tanya juga boleh, diskusi khusus juga bisa via WA : 082334052484 atau Instagram : @faisol_abrori77 oh iya, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya, karena kita open banget buat temen-temen yang semangat ingin jadi Blogger. Oke, semangat....

>