Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Pentingnya bergabung dalam beberapa komunitas Blogger

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Rabu, 05 September 2018


Pentingnya bergabung dalam beberapa komunitas Blogger - Blogger sendiri merupakan penulis sebuah media online, dan mereka memiliki interaksi antar sesama Blogger yang dikenal sangat erat alias kekeluargaan. Salah satu bentuk eksistensi mereka adalah bergabung kedalam komunitas blog yang tersebar sangat banyak di seluruh nusantara bahkan dunia.


Nah, dengan jumlahnya yang banyak tersebut, ini bisa menjadi solusi bagi teman-teman yang ingin memiliki sebuah peningkatan mutu tulisan yang tentunya semakin meningkat personal branding, untuk menjadi pertimbangan kerjasama kedepannya. Dari banyaknya manfaat yang saya rasakan dari komunitas blog, berikut diantaranya. Simak baik-baik ya.....

1. MENINGKATKAN MUTU TULISAN

Seperti yang aku katakan diatas, adanya komunitas blogging yang kita ikuti dapat menjadi sarana pembenahan tulisan kita. Mengapa demikian ? Karena dalam sebuah grup atau komunitas yang sesuai atau satu passion dengan kita, dan mereka semua heterogen, dalam artian lama waktu menulis mereka berbeda-berbeda, ada yang sudah mulai 5 tahun silam, bahkan 8 tahun silam. Nah, otomatis mereka yang lebih senior ngeblognya daripada kita, sudah memahami secara detail, seperti apa kualitas tulisan yang baik untuk pembaca, dan itu bisa menjadi acuan yang tepat untuk kita sebagai Blogger pemula.

2. MELEJITNYA PERSONAL BRANDING

The Power Of Personal Branding nggak bisa kita anggap remeh. Karena ini terbukti, bahwa para Blogger yang aktif dalam bersosialisasi maupun berbagi kepada Blogger lainnya, mereka lebih mudah dikenal bahkan yang sebelumnya tidak mengenal tentang siapa orang tersebut, apa blognya, kelebihannya apa, ? Menjadi kenal dan imbasnya pada engagement blog maupun sosial media. Jadi gampangannya blog kita mudah dihafal, sehingga jika orang tersebut ingin kembali membaca artikel kita, tidak perlu susah payah mencari blog dengan kata kunci lagi, sehingga cukup menuliskan blog kita saja.

3. SALING BERTUKAR ILMU

Dalam sebuah komunitas blog, tidak melulu bahasannya seputar tulisan saja. Namun terkadang juga diselingi dengan berbagai ilmu pendukung, misal desain grafis, fotografi, dan lain sebagainya. Nah, poin utamanya adalah kita bisa mendapatkan wawasan baru. Yang semula kita hanya menulis tanpa memerhatikan kualitas foto, sekarang jadi lebih tertata. Yang sebelumnya "Yang penting nulis" kemudian setelah masuk komunitas blogging mengerti cara membuat desain grafis agar pembaca betah. Nah, jadi poin plus kan, untuk kita.

4. MENJADI BLOGGER YANG DICARI OLEH KLIEN

Ini bukan manfaat utama sih, namun sudah banyak dirasakan oleh para Blogger. Karena biasanya, banyak klien perusahaan yang ingin mencari Blogger dengan effort tertentu untuk direkrut menjadi bagian campaign mereka. Dan mereka mencari lewat komunitas. Jadi semakin mantap kan, jika kita menulis kualitasnya bagus, personal branding yang oke, ditambah blog dan sosial media kita dilirik oleh klien. Semakin bagus, dong.

5. MENUMBUHKAN RASA KEKELUARGAAN

Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya Blogger adalah saudara dengan Blogger lainnya. Mereka sama-sama berjuang untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bagaimana keluarga pada umumnya, sering bergurau, berlomba-lomba memberikan sesuatu yang berguna untuk orang lain, bahkan tak jarang kita dinasehati dengan tujuan menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, ini yang saya rasa sangat menyentuh hati. Ketika kemarin ada salah satu Blogger, yakni almarhum mas Arie (Semoga ditempatkan di tempat yang layak, di sisi-Nya), sakit. Maka dengan sigapnya para Blogger memberikan donasi untuk meringankan beban keluarga. Ini seperti rasa kekeluargaan yang tinggi. Terharu jadinya.

Nah, jadi sudah pada tau kan, bahwa berada dalam suatu komunitas menjadikan kehidupan kita semakin luas, rejeki tak terbatas. Semangat aktif dalam forum, dan tetap hasilkan  sesuatu yang berguna bagi orang banyak.

>