31 December 2018

Pengertian Anekdot, Unsur, Struktur, beserta Contohnya


Halo kawan ? Gimana harinya ? Semoga masih sehat-sehat saja, oke ? Kali ini, saya akan membawa sebuah artikel buat para pencari informasi khusunya dunia Bahasa Indonesia. Kita akan membahas Pengertian Anekdot, Unsur, Struktur, beserta Contohnya

Langsung saja, materi kita saat ini adalah teks anekdot. Sebenernya, apa sih anekdot ? Kok bisa sampai masuk pada K13 Siswa SMA ?

Nah , anekdot itu adalah sebuah cerita singkat, dan lucu atau menarik. Yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya.
Dalam anekdot sendiri, terdapat unsur-unsur intrinsik yaitu : 

1. Alur cerita
2. Tema cerita
3.  Tokoh
4. Latar
5. Sudut pandang
6. Amanat

Tak hanya itu, dalam anekdot sendiri, terdapat beberapa struktur, sebagai berikut.

1. Abstraksi
Abstrak adalah bagian awal dari paragraf, yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks
2. Orientasi
Orientasi adalah bagian yang menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi.
3. Krisis
Krisis adalah bagian dimana terjadi hal atau masalah yang unik atau tidak biasa, yang terjadi pada diri penulis atau diri orang yang diceritakan
4. Reaksi
Reaksi adalah bagian tentang bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis, menyelesaikan masalah yang timbul di bagian krisis
5. Koda
Koda merupakan bagian akhir dari cerita unik tersebut. Bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian dalam cerita tersebut.

Nah, buat sobat yang mau liat langsung contoh terbaik anekdotnya. Langsung saja. Ini contoh anekdot yang pertama :

               ANGKATAN LAUT

     Pada suatu hari, Si Abil baru pulang dari pendaftaran TNI dan langsung duduk di depan teras rumahnya. Dan si Emak pun menghampirinya.
Emak : Kenapa kau ? Kelihatannya hampir mati saja kau ....
Abil : Itu, mak. Pendaftarannya nggak adil
Emak : Kam sudah emak kata, kau tuh tidak bisa berenang ! Tapi kau ngeyel pingin masuk angkatan laut, mana mungkin diterima ?
Abil : La ? Apa hubungannya mak, sama gak bisa berenang ? Itu temen aku Si Billa, bisa masuk angkatan udara, padahal dia ga bisa terbang, perempuan pula
Emak : !#-(+@))$%&!(#)

                       CAMPING

      Pada suatu minggu, Doni dan Dede bermain di taman bersama-sama dan dia sangat senang, ketika bermain. Dan pada saat itu, ibu Doni memanggil Doni.
Ibu : Doni anakku sini makan dulu, yuk sama mama ?
Doni : Iya, maa ! ( Doni pun bergegas menghampiri Ibu dan Dede pun ikut dibelakangnya )
Ibu : Eh... Ada Dede juga ! Udah makan belom, kamu de ?
Dede : Hehehe... Belum bu
Ibu : Ya udah, sana pulang, makan dulu, ntar sakit !
Dede : -_-
                     Rumah sakit

        Di sebuah siang yang terik. Rori lagi mendatangi sebuah kota yang sebelumnya tak pernah ia ketahui. Karena mencari obat buat
temennya, dia pun bertanya kepada warga setempat. Kebetulan, yang ia tanya adalah seorang nenek yang sudah tua.
Rori : Maaf, permisi, nek.
Nenek : Iya, cu.. Ada apa ?
Rori : Nenek tau tempat rumah sakit terdekat ?
Nenek : Oh.. Rumah sakit...
Rori : Ya. Nenek tau ?
Nenek : Ya, tau sekali. Kamu tinggal tidur di tengah jalan, bangun-bangun pasti sudah ada di Rumah sakit. Nenek juga pernah menerapkannya, cu.... Gampang toh ?
Rori : @;$-(#;!!#%#$(@

terimakasih teman-teman sudah membaca mengenai pengertian Anekdot, Unsur, Struktur dan Contohnya semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi