Kategori Berita

ZMedia

Alat Perekam Musik Studio

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 31 Januari 2019

Anda ingin membuat studio rekaman sendiri di rumah? Caranya sangat mudah dengan menyediakan alat perekam musik studio. Nah, apa sajakah perangkat yang dibutuhkan?


Perangkat Komputer
Komputer adalah perangkat utama dalam perekaman. Oleh karena dibutuhkan untuk menerima musik atau audio yang direkam. Selanjutnya suara tersebut akan diproses dengan tahapan mixing, serta mastering menggunakan aplikasi atau software perekaman tertentu.

Digital Audio Workplace (DAW)
Digital audio workspace merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk perekaman, pengeditan, mixing suara dan mastering sejumlah track yang direkam. Dengan begitu bisa dipadukan menjadi rekaman lagu yang utuh. Fruity Loops adalah salah satu software yang bisa diandalkan dalam tahapan tersebut.

Audio Interface
Alat perekam musik studio ini merupakan sejumlah peralatan yang dipakai guna mengkoneksikan komputer bersama alat musiknya. Audio interface bisa berbentuk amplifier, sound card, konektor dan sebagainya.

Mikrofon
Agar suara bisa direkam dengan mudah maka dibutuhkan mikrofon. Fungsi dari perangkat ini adalah sebagai komponen audio yang dimanfaatkan dalam perekaman sinyal audio. Sinyal itu bisa berupa akustik instrumen, vokal dan sebagainya yang merupakan sumber suara.

Headphone
Perangkat ini dimanfaatkan dalam mendengarkan suara. Suara itu bisa berupa ketukan tempo atau nada. Headphone umum digunakan oleh pengisi suara atau untuk merekam lagu. Sebaiknya Anda mencari headphone yang baik untuk telinga agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan.

Speaker Atau Studio Monitor
Perangkat ini diaplikasikan sesudah tahapan mixing dan mastering. Tujuannya guna mendengarkan hasil final dari audio atau lagunya. Terdapat banyak ukuran untuk speaker, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan atau keinginan. Pastikan Anda menggunakan speaker aktif terbaik untuk hasil yang lebih memuaskan.

Kabel XLR
Kabel ini dipakai untuk mengkoneksikan audio interface dengan microphone serta studio monitor. Pada umumnya kabel XLR sudah satu paket penjualan sebuah microphone. Namun bila tidak ada, Anda bisa membelinya secara terpisah.

Mic Stand
Selalu memegang mikrofon saat melakukan perekaman pastinya sangat merepotkan. Untuk itu, Anda memerlukan alat bantu berupa mic stand. Biasanya peralatan ini terbuat dari besi sehingga keawetannya bisa diandalkan. Pastikan Anda membeli seluruh alat perekam musik studio di tempat terpercaya. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk bermutu dengan harga bersaing.
>