22 March 2017

Unsyiah Library : Bukan Perpustakaan Biasa



Halo gaes ? Kali ini, aku akan sharing-sharing mengenai sebuah perpustakaan yang berbeda dari perpustakaan lainnya. Perpustakaan apa ya ? Aku jadi penasaran deh, seperti apa sih, perpustakaan yang beda dari yang lain ? Untuk informasi lebih lanjut, ya baca selanjutnya...

Unsyiah Library - Adalah perpustakaan yang masuk dalam lembaga Universitas Syiah Kuala. Tempat ini kerap disebut sebagai jantung hati universitas tersebut. Kok bisa ? Karena, Pustaka Unsyiah ini menjadi pusat inspirasi para mahasiswa.

Universitas Syiah Kuala ini, mempunyai sejarah tersendiri gaes. Aku cuma ngingetin, "JaS MeRah" Jangan Sampai Melupakan Sejarah. Jadi kita harus mencontoh Pustaka Unsyiah nih gaes, menuliskan sejarahnya agar kelak, generasi selanjutnya bisa mengerti dan paham asal-usulnya.

Unsyiah Library - Dibentuk pada tahun 1970 gaes, yang pada saat itu masih bernama "Gedung Fakultas Ekonomi". Pada tahun 1980, perpustakaan ini berstatus sebagai UPT ( Unit Pelayanan Teknis ) . Sejak April 1994, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 060 tahun 1994, pendayagunaan perpustakaan ini Semakin ditingkatkan gaes. Yaitu dengan menyatukan semua perpustakaan yang ada dalam lingkup Unsyiah dalam satu wadah UPT Perpustakaan. Di tahun yang sama, perpustakaan Unsyiah ini memiliki gedung sendiri yang didirikan berdampingan dengan KPA Unsyiah ( Kantor Pusat Admistrasi ).

Oh iya gaes, selama 44 tahun, yakni sejak 1970 sampai sekarang, Pustaka Unsyiah mengalami bebeberapa kali pergantian pimpinan. Berikut diantaranya :

Prof. Bahren T Sugihen , MBA 1970-1978
Dra. Jang Jahyadi, MA 1978-1989
Drs. Wamad Adullah 1989-1992
Prof. Drh. Darmin Lubis, M.V.Sc 1992-1997
Drs. Sofyan A. Gani, MA 1997-2000
Sanusi Bintang, S.H.,M.L.I.S.,LLM   2000-2009
Dra. Zunaimar 2009-2012
Dr. Taufiq Abdul Gani M.  2012-sekarang

Nah, kalau kita sudah cerita tentang sejarah dan asal-usulnya, sekarang kita akan bahas apa sih Visi Misi dibentuknya Pustaka Unsyiah ini ? Lets Go...

VISI :

MISI :












Namanya perpustakaan, pasti memiliki kategori buku yang bermacam-macam dalam jumlah eksemplar yang lumayan banyak.

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 75.114 judul atau 136.925 eksemplar. Lumayan banyak ya gaes. :)

Pembagian macam buku tersebut yakni : Buku Teks, terbitan berkala ( Jurnal ), laporan akhir, skripsi, dokumentasi, majalah, buku referensi, dan masih banyak lagi. 

Eits, enggak hanya itu gaes. Perpustakaan ini juga memiliki koleksi buku yang berbasis e-book dan e-journal loh, yang diterbitkan oleh berbagai macam penerbit internasional. Wih... Patut diacungi jempol gaes :)


Nggak hanya itu gaes, Pustaka Unsyiah juga memiliki acara tersendiri yakni ULF ( Unsyiah Library Fiesta ) 2017, yup benar, tahun ini gaes. Ada beberapa kompetisi, yakni kompetisi blogging, video, dan Duta Baca 2017

 
 Bagaimana gaes ? Itu adalah gambaran, sekaligus contoh perpustakaan yang ideal, bagi para pembaca. Its okey gaes, silakan tinggalkan komentar jika berkenan untuk sharing-sharing, okee

Sumber gambar dan info : www.library.unsyiah.ac.id

Tag : Unsyiah Library Fiesta

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi