1 April 2017

Kebutuhan Hidup VS Gaya Hidup



Halo gaes ? Jumpa lagi nih, kali ini, dengan tema yang cukup bombastis buat kita bahas nih. Yups, kebutuhan hidup dan gaya hidup menjadi topik buat diperbincangkan abad ini 😂

Sebagai seorang yang lumayan aktif lah, di dumay ( dunia maya ) aku sering menjumpai status-status sobat yang lumayan menarik hati buat diposting di blog. Yups, setidaknya bisa menggunakan blog layaknya media berbagi.

Ada status temen nih "Seberapapun duit yang kita usahakan, bisa untuk mencukupi kebutuhan hidup. Namun sebanyak-banyaknya duit, nggak akan cukup buat puasin gaya hidup"

Dari kata-kata itu, banyak yang bisa kita ambil pelajarannya. Eits, sebelum kita bahas lebih dalam, apa sih perbedaan antara Kebutuhan Hidup dan Gaya Hidup ?

Kebutuhan hidup - adalah sebuah target dari setiap manusia untuk mencapai hal-hal yang mengarah kepada kesejahteraan dan kebahagiaan.

Sedangkan Gaya Hidup - adalah pola hidup yang dimiliki oleh tiap-tiap manusia, dengan didasari oleh prinsip masing-masing. Dalam pengertian gaya hidup, lebih terarah kepada hoby, keinginan. Eh sobat, ternyata gaya hidup ini juga menjadi hal yang paling berpengaruh dalam sikap dan perilaku seseorang.

Nyatanya, banyak orang yang pergi belanja ke mall hanya untuk style ( gaya ) namun tak melihat dari sudut keberadaan keluarganya. Membawa uang untuk berfoya-foya, tapi nggak tau, apakah nanti masih ada simpanan uang buat hari esok ?

Gaya hidup dan kebutuhan hidup, nyatanya adalah hal yang menyatu dalam diri manusia, terkadang juga bertolak belakang diantara keduanya.

Kebutuhan hidup masih banyak yang ketinggalan stok, alias limited, sedangkan buat gaya hidup tanpa batas alias unlimited.

Jika kita bisa membagi antara pola hidup dan kebutuhan hidup, pasti kita menemukan kesejahteraan dalam sebuah keluarga.

Nih, aku bagi-bagi tips, caranya agar bisa menyeimbangkan gaya hidup dan kebutuhan hidup

• Menabung kembali menjadi alternatif pertama. Pasalnya, dalam proses menabung ini, kita diajak untuk menyisihkan sebagian uang baik dari penghasilan ataupun dari uang saku yang diberikan orang tua, agar suatu saat bisa mencukupi gaya hidup, tanpa merepotkan orang lain

• Beli barang yang penting saja ya sob..
Agar makin mantep nih, kalian harus tau dan cermat membelanjakan uang kalian sob. Yah, setidaknya kita tidak membuang-buang uang dengan membeli sesuatu yang hanya memiliki sedikit manfaat bagi diri kalian sendiri

• Dahulukan Kebutuhan Hidup daripada Gaya Hidup
Nah, sebagai seorang pelajar yang diajari mapel PKN sama guruku, kita harus senantiasa mendahulukan apa-apa yang sudah menjadi kebutuhan kita untuk dipenuhi, selama kita punya duit. Kalau minim uang, ya gunakan teknik pertama, yakni menabung. Its gampang kan gaes ?

Hidup ini mudah kok gaes,
Hanya pikiran ini yang membuatnya rumit

Hidup ini murah kok gaes
Cuma yang mahal gengsimu 😂


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi