10 Maret 2019

Data Center yang Baik dan Terpercaya Harus Punya Kriteria Ini


Data perusahaan adalah hal yang penting dan krusial. Ketika hilang akan mengakibatkan kerugian besar-besaran, ketika menumpuk juga menjadi masalah yang harus segera diselesaikan. Di sanalah peran data center sangat dibutuhkan, sebab akan menampung segala macam data serta dijamin keamanannya. Akan tetapi, layanan data center pun memiliki standar maupun kriteria sendiri yang wajib ada. Hal tersebut untuk menjamin seberapa aman data klien ketika dititipkan.

Kriteria Ideal yang Wajib Ada Pada Data Center

Menjadi tempat penyimpanan bagi data-data milik banyak perusahaan besar, sebuah layanan data center memang diwajibkan memenuhi standar. Bahkan ada klasifikasi untuk tingkatan infrastruktur dan jaminan keamanan sebuah data center, mulai dari tier I sampai tier IV. Selain itu, ada pula kriteria menyangkut beberapa hal yang wajib ada supaya data center tersebut dikatakan berkualitas baik. Kriteria tersebut meliputi:
Kriteria Availability

Availability atau ketersediaan pada data center adalah berkenaan dengan kemampuan untuk memberikan pelayanan yang berkelanjutan serta terus-menerus. Layanan tersebut tidak boleh berhenti apa pun yang terjadi. Harus selalu siap 24 jam selama 7 hari, dalam kondisi yang baik maupun ketika ada bencana. Downtime pada data center bahkan diberi batasan dalam setahun. Misalnya, jika sebuah data center sudah tier 3, kondisi downtime dalam satu tahun hanya ditoleransi selama 1.6 jam, tidak boleh lebih. Inilah mengapa data center harus selalu siap sedia entah dalam hal infrastruktur maupun SDM. Sebab, yang ditangani adalah data penting perusahaan.

Kriteria Flexibility dan Scalability

Di era yang serba cepat ini, segala hal mudah sekali berubah, termasuk perkembangan bisnis dan peran teknologi di dalamnya. Hal ini pula yang harus diperhatikan oleh sebuah data center. Mereka wajib mampu menyesuaikan diri terhadap perkembangan yang ada, sehingga perlu melakukan maintenance atau service secara berkala. Tidak heran jika data center tier III dan IV bahkan tidak perlu melakukan shutdown ketika maintenance. Bayangkan saja seberapa banyak kerugian yang diperoleh sebuah perusahaan besar ketika pusat data dishutdown untuk perawatan berkala.

Kriteria Keamanan

Keamanan adalah faktor paling diperhatikan oleh sebuah layanan data center, sebab tanggung jawab mereka menyangkut keberlangsungan sebuah perusahaan yang memegang aset banyak orang. Inilah mengapa keamanan fisik maupun non fisik tidak boleh diabaikan. Keamanan fisik menyangkut berbagai infrastruktur yang ada, mulai dari listrik, sistem pendingin, komputer yang dipakai dan bahkan rak data. Sedangkan yang berkaitan dengan non fisik adalah data itu sendiri, yang diharapkan aman dari mallware, phising, malvertising, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan Standar Internasional

Apabila sebuah data center ingin diakui maka ada dua sertifikat yang sebaiknya dimiliki, yaitu Sertifikasi Tier Uptime Institute dan ISO. Sedangkan organisasi pembuat standarisasi data center yang paling terkenal adalah Uptime Institue’s Tier Standar, ANSI/TIA 942-A 2014, dan ada pula ANSI/BICSI 002-2014. Untuk mendapat bimbingan mengenai proses sertifikasi data center, juga ada beberapa konsultan sertifikasi.

Data Center di Indonesia dengan Kriteria Mumpuni

Anda yang memiliki perusahaan besar dan ingin mendapatkan pelayanan data center di Indonesia, bisa mencoba NEX data center. Layanan data center NEX sudah bersertifikat tier III. NEX menawarkan solusi untuk perusahaan yang membutuhkan colocation data maupun internet exchange. Terlebih, banyak sekali provider besar Indonesia yang memakai layanan data center NEX. Keamanan pun dilakukan 24 jam dalam 7 hari dengan multiple layer security. Jika ingin memonitoring infrastruktur, tinggal unduh NEX Apps di Google Playstore.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi