1 March 2019

Maret, Saksi Ceritaku dan Blogku




Halo teman-teman ? Sudah lama sepertinya tidak mengisi blog ini. Kangen ? Banget... Karena ini blog utama dan kesayanganku. Jadi, so pasti aku kangen ingin nulis lagi disini. Aku mau cerita sedikit mengenai perjalanan blogku sejauh ini. Cieee..

Blog Dunia Faisol sempat VAKUM


Bagi sebagian orang, bahkan hampir setiap orang, hiatus adalah kepentingan dan keharusan untuk menjaga stabilitas "mood" dalam mengerjakan sesuatu. Hiatus sendiri dalam istilah blogging memiliki arti berhenti sejenak dari aktivitas blogging. Dan itu yang terjadi pada blog Dunia Faisol 3 - 4 bulan lalu. Cukup lama, ya...

"Lah katanya hiatus, tapi kok masih ngepost ?"
Ya itu sih bukan postingan original ya, karena nulisnya pun tidak sesantai seperti biasanya, karena ada kerjasama seperti itu. Aku punya alasan sendiri kenapa hiatus selama 3 bulan bahkan lebih.

Awalnya, blogku kan berdomain ".id" ya, itu domain yang Indonesia banget. Domain ini sebenernya bagus banget, juga cepet menaikkan SEO score blog kita, dan DA PA juga meningkat dengan signifikan. Namun, yang jadi masalah adalah bisa dikatakan ini domain "mahal" karena perpanjangan sebesar 250 ribu setiap tahunnya. Perpanjangan tahun sebelumnya, mendapat diskon dari layanan penyedia domainnya, tapi tahun ini aku terlambat dapat promonya.

Dan yang lebih parahnya lagi, penyedia layanan tersebut mempublish promo Domain .id 3 tahun seharga dengan perpanjangan domainku tiap tahun, nah, namanya manusia ya agak ngerasa gimana gitu, Kenapa Aku Berbeda ? Apalagi waktu itu krisis finansial, dan uang jadi prioritas utama, namun aku enggan memberitahukan alasan tersebut kepada siapapun. Jadi sudah terbersit keinginan untuk meng-expired-kan domain ini. (Kala itu)
Oh iya, sebelumnya aku sudah punya domain jejakbiru.com ya, jadi aku berpikir bahwa jejakbiru.com bisa menggantikan posisi blog ini. Dan aku diskusikan di grup Blogger sana-sini, (koar-koar) nanya pendapat, ya sebagian dari mereka menyayangkan kalau aku sampai menonaktifkan domain ini. Aku juga baru sadar setelah salah satu Blogger menyatakan bahwa pasti banyak Blogger yang terkena brokenlink karena domainku expired.

GUBRAAAAKKKK.... Seketika aku terdiam, nelen ludah, ya aku pribadi langsung perpanjang domain ini. Karena yang pertama ngerasa bersalah karena sudah meninggalkan jejak terlalu banyak di blog temen-temen, jadi nggak tega gitu harus ngapusin satu-satu komenku yang bejibun, selain itu juga, aku tarik nafas dalam-dalam dan mulai mengingat kejadian apa yang sudah dialami bersama blog tercinta ini.

Aku eman juga, blog dengan DA 29 ini harus hangus, inget ketika dulu komen mati-matian di banyak blog, cuman buat naikin angka, dan sekarang mau dibuang gitu aja ? "Jangan bodoh, dong... Perjuangan jangan hancur hanya gara-gara alasan semudah itu" jadi aku membuatkan tekad untuk memperpanjang domain www.faisol.id

MASALAH BARU, MUNCUL...


Aku nggak sreg sama templatenya. Kalau kalian mengenalku sudah lama, pasti tau kalo aku rajin gonta-ganti template, dari template diary, ke template magazine, banyak yang udah saya pake. Walau banyak yang mengecam tindakanku ini, aku sih lebih suka melakukan sesuatu sesukaku, wkwkwkwk apa yang aku anggap baik, dan keren ya itu yang aku lakukan...

Kalau ada yang memberi saran, aku sangat berterima kasih, namun bukan berarti aku akan menjalankannya, bisa jadi itu hanya aku perlukan untuk menambah wawasan dan pandangan dari teman-teman. Jadi, maaf kalo temen-temen udah ngasih tau, tapi tetep nggak dijalankan, ya mon maap, hehehehe

So... Apa yang aku lakukan ? Template yang dulu itu nggak work, alias banyak Blogger yang merasa kesulitan saat mengakses blogku. Ah... Rasanya panas kuping mendengarnya. Langsung aku berinisiatif untuk memiliki template seperti punyanya mbak anisa, pemenang Lomba blog pop ice 2017, templatenya minimalis soalnya... Dan sekarang lagi aku pakai.
Nah, jadinya aku sekarang seakan mendapatkan semangat baru, dalam menjalankan aktivitas blogging, terlebih ternyata masih banyak manfaat atau benefit yang dihasilkan dari blog Dunia Faisol ini. Alhamdulillah... Di bulan Maret yang punya segudang Promo Maret Mantap, aku bisa memulai kembali untuk memberi semangat untuk memajukan pendidikan di Indonesia.



No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi