22 March 2019

Rencana Traveling : Karena Liburan itu Kebutuhan




Jember memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik yang bisa kita kunjungi. Seperti halnya postingan sebelumnya, aku sudah menulis tentang wisata Taman Botani Sukorambi. Untuk artikel kali ini, kita akan memberikan informasi lainnya seputar tempat wisata di Jember yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan.

Salah satunya adalah taman wisata sekaligus taman edukasi Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan Puslitkoka. Terletak di Jalan PB. Soedirman, No. 90 Jember, kantor ini mulai didirikan sejak tahun 1911. Ya, sudah tak menjadi rahasia lagi, bahwa Jember memiliki potensi alam yang sangat berkualitas. Selain di bidang tembakau, Jember juga sangat terdepan di bidang kopi dan kakao, sehingga banyak sekali olah produk yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Jember. 




Jadi, lembaga ini merupakan satu-satunya yang menjadi wadah untuk meneliti kopi dan Kakao secara nasional. Dan, Puslitkoka diharapkan selalu siap sedia ketika diminta mengenai data yang valid seputar Kakao. 

Dalam pengembangannya sendiri, Puslitkoka sangatlah mumpuni serta berkualitas dalam menghasilkan bibit-bibit tanaman yang unggul. Ini dibuktikan dengan berhasilnya Puslitkoka menghasilkan 40 juta bibit per tahun, dimana, lembaga-lembaga penelitian kopi dan kakao dunia hanya mampu menghasilkan 1 juta bibit per tahun. Jember makin mapan dong ya...


Selain meneliti, lembaga ini juga diharuskan untuk memberikan pelatihan kepada para pekebun kopi dan kakao. Ini ditujukan, agar percepatan teknologi dan informasi mengenai budidaya kopi serta kakao berkembang pesat di Indonesia, dan menjadi komoditi ekspor yang sangat berkualitas.

Untuk jangkauannya sendiri, Puslitkoka Jember ini mencakup setiap lapisan masyarakat. Tak terkecuali anak-anak muda yang ingin bertamasya sekaligus menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan olahan kopi dan kakao secara langsung. Menurutku, ini merupakan salah satu langkah besar, dalam mengenalkan kepada anak-anak tentang ilmu yang menyenangkan, terlebih memang cokelat merupakan salah satu makanan yang disukai anak-anak.

http://wisatadiindonesia.com/pantai-di-yogyakarta-7-yang-paling-cocok-untuk-liburan-keluarga/pantai-timang/

Setiap manusia membutuhkan istirahat sejenak dari rutinitas sehari-harinya. Ini yang kita kenal dengan rekreasi. Menurut Wikipedia, rekreasi adalah aktivitas yang dilakukan oleh manusia secara sengaja untuk kepuasan diri, umumnya dilakukan di waktu senggang. Dan rekreasi ini menjadi unsur penting dalam kehidupan modern sejak tahun 1940.

Nah, kebetulan aku pribadi memang sangat menyukai rekreasi. Sebagai perwujudannya, aku sering mengaplikasikan dengan bentuk traveling. Ya, metode ini berarti kita menjelajah ke berbagai tempat di belahan dunia dengan berbagai tujuan. Untuk mengeksplorasi keanekaragaman budaya, untuk mengisi waktu luang, dan untuk mengisi tulisan di blog sendiri. Itu adalah proses yang menyenangkan, dan sayang untuk dilewati.

Nah, berbicara traveling, aku sudah merasakan jalan-jalan di beberapa tempat yang dekat, maupun agak jauh. Yang dekat itu misal seperti pantai pasir putih, pantai papuma, dan lain sebagainya. Kalau yang agak jauh aku pernah menjelajah jogja. Ini yang aku rasa kurang dapet eksplorasinya. Mengapa ?



Karena jogja yang notabene-nya salah satu tempat wisata yang sangat populer dan hits hingga saat ini, masih terdapat beberapa tempat yang belum pernah aku kunjungi. Kalau di keraton, sih pernah kesana, nuansanya kental dengan adat jawa, punya ciri khas sendiri gitu lah, ada penyambut tamu yang hangat, orangnya halus dan sopan-sopan, ini sangat membuatku ingin kembali kesana.

Alasan yang lain adalah masih banyaknya tempat wisata yang belum sempat aku eksplor. Sebutlah salah satunya taman sari Yogyakarta atau biasa dikenal dengan taman sari keraton Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata sekaligus wahana edukasi yang menarik, dan juga tempatnya itu sangat estetik. Aku mulai memiliki keinginan untuk mengunjungi tempat ini ketika membaca salah satu blogpost teman sesama Blogger, yang menceritakan kegiatannya selama di taman sari.

http://anekatempatwisata.com/wisata-jogja-istana-air-taman-sari/

Dibagi menjadi 4 bagian, setiap sudutnya menarik perhatian banyak orang, dan beruntungnya tempat ini dibuka untuk pengunjung yang ingin melihat lebih lanjut.

Persiapan untuk menuju tempat ini bisa dibilang cukup mudah, yang penting mulai sekarang aku harus menyisihkan uang saku untuk bisa mengunjungi tempat hits ini. Kemudahan bisa kita dapatkan juga, karena kini  sudah ada perusahaan jasa transportasi dengan shuffle (Travel) yang bernama daytrans, kita bisa mendapatkan kemudahan akses traveling ke banyak rute wisata, dan ini menjadi perusahaan travel yang diminati banyak wisatawan. Cari tau selengkapnya tentang daytrans, cukup klik di sini

Bagaimana teman ? Apa resolusi traveling kalian tahun ini ? Share di kolom komentar yaaa

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi