25 April 2019

Bersama Ruangguru, Aku Bisa Masuk Perguruan Tinggi yang Aku Mau


Kenalin, aku Faisol Abrori. Seorang pelajar yang hobinya menulis di blog ini. Di postingan kali ini, aku ingin sharing-sharing pengalaman bagaimana caranya agar bisa masuk perguruan tinggi yang diidamkan selama ini. Mungkin bisa membantu adik-adik yang sedang belajar di kelas 1 dan 2.

Aku orangnya cenderung lebih nyantol pembelajaran yang sifatnya audio visual. Misal seperti animasi, atau buku-buku yang isinya tidak melulu soal angka dan bacaan (yang sepertinya tidak ber "titik"). Aku yakin, banyak diantara kalian yang mengalami hal serupa. Atau kadang malah pusing dan ngantuk berat saat belajar pelajaran yang bikin tegang. Ya, itu masalah hampir seluruh pelajar.



Trus, menurut kalian .... apa aku diem (maksain belajar walaupun ga nyantol) atau aku cari inisiatif yang berbeda ? Tentunya aku nyari hal - hal inisiatif baru dong, ya biar setidaknya aku faham terhadap ilmu tersebut dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.


Jauh-jauh hari (banget) sebelum kelas 3, kita bisa menemukan sebuah aplikasi namanya Ruangguru yang brandingnya cukup bagus, terlebih setelah brand ambassadornya iqbal... (eh maaf) maksudnya terlebih setelah banyak testimoni dari alumni yang sudah merasakan dampak positif dari aplikasi ini, aku jadi nggak ragu buat memantapkan pilihan untuk mencari tau tentang maya pelajaran lebih jauh dalam aplikasi ini. Sampai akhirnya inisiatifku itu bisa membawaku menuju universitas yang aku inginkan.

Jadi kan aku anak Agama, itu terdapat jalur masuk perguruan tinggi (sederajat dengan SNMPTN) namanya SPANPTKIN. Sama, kriteria bisa masuk lewat jalur itu juga nilai harus terus naik, turun sedikit nggak papa, asal tidak terlalu anjlok. Nah, setelah aku melakukan pendaftaran, kurang lebih sebulan yang lalu ada jadwalnya mengecek website SPANPTKIN apakah namaku masuk dalam pelajar yang masuk perguruan tinggi tanpa tes ? Alhamdulillah... Speechless banget, aku bisa lolos masuk perguruan tinggi keagamaan di Jember.

Kok bisa keterima jalur tanpa tes SPANPTKIN ?


Oh iya, sebelumnya dibawah ini aku lampirkan screenshoot pengumuman lolos seleksi masuk perguruan tinggi IAIN Jember 


Karena nilai mata pelajaranku meningkat, walau ada beberapa yang naik turun, tapi itu bisa dimaklumi karena tidak terlalu anjlok. Salah satu pelajaran yang meningkat adalah pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ini keren banget... Di aplikasi ruangguru, kita bukan hanya belajar dengan konsep konvensional, tapi dengan cara yang seru, audio visual nya dapet, apalagi ditambah video belajarnya yang sudah ber-animasi. Siapa yang ga betah coba ?



Jadi di rumah semenjak saat itu, aku bisa belajar rasa bermain. Ya, beneran ini. Aku nggak ngerasa capek buat terlalu fokus, nggak ada tuh... Yang ada enjoy, bisa sambil tiduran, ngopi, dan pembelajaran seperti itu yang berdampak signifikan terhadap nilai beberapa mata pelajaranku. Apalagi kalau lagi ingin istirahat, videonya bisa dilanjutkan nanti lagi, kan mudah banget, membantu lagi. Ini berdampak besar buat perjalanan edukasi kita kedepannya.

Sudah tau kan, rahasiaku bisa masuk perguruan tinggi yang diinginkan ? Yups, Ruangguru jawabannya. Untuk adik - adik kelasku, melalui infografis dibawah ini, aku ingin menjelaskan sedikit kepada kalian tentang bagaimana sih tips bisa lolos SNMPTN atau SPANPTKIN.


Jadi, maksudnya kenali potensimu itu, ya sejak dini sudah disiapkan, kamu inginnya jadi apa, fakultas apa yang sekiranya cocok dengan masa depan kamu, jadi biar proses pembelajaran selama kuliah itu "aman" dan agar kalian tidak kesusahan saat semester-semester akhir suatu saat.

Intinya semuanya harus "prepare" siapkan amunisi kalian sejak dini, mantapkan nilai-nilai mata pelajaran kalian, usahakan meningkat. "Cara meningkatkannya gimana, kak ?" Seperti yang udah aku jelasin diatas, coba deh, dari sekarang biasakan memahami sesuatu dengan cara yang menyenangkan dan seru, dengan download aplikasi ruangguru ini.

Oh iya, aplikasi Ruangguru ini ada masa Free Trialnya loh, jadi untuk mencoba apakah fitur-fitur yang ada di ruangguru cocok bagi kalian, bisa pakai fitur demo gratis ini. Sehingga, kalau kalian cocok bisa langsung aktivasi paket deh. Dan paketnya itu bersahabat, sesuai lah, apalagi materi-materi yang ada didalamnya itu adalah investasi kita, untuk masa depan yang lebih baik.



Aplikasi ruangguru ini dapat kalian download dengan mudah via Playstore maupun App store. Berikut Link nya, kalian bisa mengunduhnya langsung.




Jadi, dari pembahasan yang sudah aku jelasin diatas, kalian tentunya smart ya, jika seandainya stuck dengan metode yang konvensional, cobalah cara baru seperti belajar dari aplikasi ruangguru misalnya, banyak kemudahan, dan manfaatnya juga besar. Aku sudah merasakannya. So, mari bersama bangun pendidikan di Indonesia agar semakin maju, biar kita jadi generasi yang terdidik dan berkualitas.


No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi