29 April 2019

Cara Mendapatkan Pengunjung Abadi dengan Konten Evergreen



Halo teman-teman ? Kali ini, aku akan share nih, seputar gimana sih Cara Mendapatkan Pengunjung Abadi dengan Konten Evergreen ? Oke, sebelum membahas dan mengupas tuntas, aku mau klarifikasi dulu nih. Maksud "abadi" disini adalah lifetime, jadi pengunjung yang datang itu stabil, atau bahkan bisa meningkat sesuai dengan kualitas konten Evergreen.

Sesuai dengan namanya, Evergreen adalah konten yang "Selamanya dicari" oleh pengguna Internet, mengapa ? Karena konten Evergreen ini berbasis informasi, bukan artikel viral, yang membludaknya sesaat, akan tetapi tidak memiliki pengunjung yang stabil, sehingga setelah suatu kejadian tersebut hilang dari ranah publik (tergantikan dengan topik baru) maka pengunjung artikel viral pun akan ikut turun.

Berbeda tentunya dengan Konten Evergreen. Bagaimana sih karakteristik sebuah artikel bisa dikatakan sebagai Konten Evergreen ? Oke, sudah mulai masuk pembahasan ya...

1. Informatif

Informatif maksudnya disini berarti artikel tersebut dapat membantu memberikan informasi yang jelas dan berguna untuk masalah yang dihadapi oleh sang pencari informasi. Artikel yang informatif juga bisa dikategorikan menjadi 2, apakah dia artikel padat atau renggang.

Artikel padat, berarti informasi yang diberikan harus tidak boleh terlalu bertele-tele. Salah satu contoh adalah Artikel tentang Langkah - langkah registrasi domain tentunya pencari info akan sangat menyukai artikel yang didalamnya to the point. Ya, bisa dikatakan hanya berisi pembuka, langkah - langkah, penjelasan, dan penutup. Jika banyak pengunjung yang suka membaca artikel kalian, maka Google juga akan menempatkan artikel kalian sebagai artikel yang High Quality, sehingga kesempatan mendapatkan pengunjung semakin besar.


Juga, ada permasalahan tertentu yang membutuhkan artikel yang renggang. Contohnya seperti Review Skincare, misalnya. Kalian tidak boleh hanya memaparkan langkah - langkah cara mengaplikasikan Skincare tersebut kepada tubuh, melainkan kalian harus menceritakan like a story telling, bagaimana awalnya masalah kulit tersebut muncul, lalu apa yang mendasari kalian memilih Skincare tersebut, lengkap dengan harga dan cara mengaplikasikan pada tubuh.

2. Aktual (Nyata) dan Memiliki Data

Ya, dalam membuat konten Evergreen, opini itu hanya sebagai bumbu saja. Yang pertama kali harus wajib ada didalamnya adalah informasi yang nyata, proses atau langkah - langkah yang kita lakukan itu juga harus nyata, juga berdasarkan data, (jika hal tersebut berkaitan dengan teori) sehingga kapasitas konten itu dapat membantu menemukan informasi baru yang bukan hanya sekadar asumsi belaka.



3. Dibutuhkan

Yups, kemarin aku nonton di Instagram, ada salah satu video kocak ya, tutorial meminum di gelas, itu menurut aku pribadi ya nggak bernilai sama sekali, plus tidak dibutuhkan. Dibutuhkan sih, namun hanya sekadar fungsi entertain saja, atau hiburan, tidak lebih dari itu. Sehingga jika ada artikel yang demikian tentunya akan dianggap tidak membantu kepada pencari informasi, dan kemungkinan besar akan di "take down" sesuai dengan kebijakan Algoritma Google

Jadi, sekarang kalian sudah tau kan, bagaimana karakteristik Konten Evergreen itu. Selanjutnya, Apa saja jenis konten Evergreen yang ramai pencari ?

1. (Bagaimana Cara _ _ _ _)


Yups, benar. Artikel tutorial tetap menjadi artikel Evergreen yang sangat banyak dicari. Ya memang inilah basis online learning. Terdapat proses transfer ilmu secara langsung, sehingga cukup membaca dan tinggal mempraktikkan saja, kita sudah bisa menyelesaikan suatu case or problem. Dan memang search volume konten "Bagaimana cara....." di ubersuggest itu sangat besar sekali. Sehingga tetap pada prinsip awal bahwa ngeblog untuk media berbagi, maka bagilah cara yang semestinya orang lain tahu untuk membantu mereka. 

Contoh Artikel Bagaimana Cara Membuat Shortlink dengan Domain Pribadi ? BACA : Membuat Shortlink dengan Domain Sendiri  

2. Pengertian, Macam-macam beserta Contohnya


Ini adalah konten yang dicari oleh pelajar pada umumnya. Misal seperti saat kita search keyword "pengertian ekonomi" maka biasanya yang muncul di rank atas adalah blog yang isinya lengkap, all in 1. Pengertiannya dapet, macam-macam hingga contohnya juga dapet. Artikel seperti ini juga biasanya mendapatkan pengunjung yang lifetime karena pada dasarnya setiap manusia akan mencari sebuah pengertian tentang suatu hal, untuk mendefinisikannya. Sehingga tak jarang, ketika guru sekolahku contohnya menyuruh mencari sendiri di google, maka hampir satu kelas mengakses satu Web yang sama, bisa kebayang nggak, kalau guru tersebut memberi tugas yang sama di setiap kelas ? Pasti visitor akan ramai di artikel tersebut.

Belum lagi jika ada yang menyimpan page tersebut untuk dibuka kembali esok-esok, maka traffic akan datang tanpa disangka-sangka. So, bagaimana ? Kalian tertarik ? Hal tersebut sebanding dengan perjuangan untuk menjadi ranking pertama di keyword definisi atau pengertian tersebut sangatlah susah, maksudnya kompetitif. Biasanya, banyak blog-blog yang memiliki Greater Authority than our blogs. Ya, intinya tetap konsisten dan perjuangkan SEO On Page dan Off Page nya.

3. Review


Artikel review memang memiliki penggemar tersendiri. Aku sendiri dulu mempraktekkan cara yang ada dalam bukunya mbak Carolina Ratri, bahwa sebelum mendapat job review, hendaknya kita mencoba membuat review terhadap hal-hal yang kecil dulu, misal seperti makanan ringan. Lalu aku coba mereview jajan Oops. Awalnya ya memang hanya sekadar iseng-iseng sih, karena kepikiran siapa juga yang mau cari artikel seperti itu.

Ternyata dugaanku salah. Malah artikel tersebut ada di ranking pertama - kedua. Dan menjadi salah satu penyumbang visitor di blog ini. Sama halnya saat aku mereview film suckseed, anehnya... Film itu sudah luama banget, namun masih banyak yang mencari. Sangat amazing kan ? So, jangan meremehkan reviewer... Karena walaupun sesederhana apapun barang yang direview, namun tetap saja ditunggu oleh kebanyakan orang. Karena prinsip masyarakat pada umumnya itu ya "lihat apa kata orang lain dulu, kalau rekomended baru ikutan" iya kan ? Intinya, ini bisa mendulang visitor yang lifetime di blog kalian


Kalian ingin membaca artikelku yang Review Jajan Oops ? BACA : Review Jajan Oops Enak Banget 




In conclusion, we knew bahwa visitor organik yang stabil mengunjungi blog kita pada umumnya berasal dari konten Evergreen yang kita buat. Inilah penutup dari artikelku kali ini. Jadi sudah terjawab kan, Cara Mendapatkan Pengunjung Blog Stabil dengan Konten Evergreen . Semoga bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa dishare kepada teman-teman yang membutuhkan informasi  agar kita bisa membantu mereka.

ORANG LAIN JUGA MENCARI

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi