5 Mei 2019

6 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Ramadhan



Hal Yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan - Bulan Ramadhan semakin dekat dan tinggal menghitung hari saja. Pertanda Ramadhan yang semakin dekat mulai ditandai dengan berbagai iklan di televisi yang menayangkan tentang hal-hal yang berhubungan bulan puasa seperti menu berbuka puasa, acara keagamaan, dan masih banyak yang lainnya. Selama bulan Ramadhan seluruh umat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menahan diri dari makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Bulan Ramadhan juga menjadi bulan yang sangat spesial. Di bulan ini, Allah SWT banyak menurunkan  beragam kenikmatan mulai dari rahmat, ampunan, keberkahan, dilipatgandakannya pahala, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah seharusnya benar-benar mempersiapkan diri dan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan penuh suka cita. Tetapi bagaimana cara terbaik yang bisa kita lakukan guna menyambut hadirnya bulan penuh berkah ini? Mari simak ulasannya berikut ini

1. Cuci Semua Peralatan Ibadah

Sejatinya, mencuci peralatan ibadah tak perlu menunggu hingga datangnya bulan Ramadhan ya. Di luar bulan puasa pun kamu juga harus rajin mencucinya. Khusus menjelang 1 Ramadhan, tentunya kamu perlu untuk membersihkan semua peralatan untuk ibadah seperti mukena, sarung, ataupun sajadah. Pastikan semua alat ibadah dalam keadaan suci sehingga kita bisa lebih berkonsentrasi dalam beribadah.

2. Buat Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur

Saat bulan puasa, setidaknya kita pasti makna di dua waktu ini, yaitu saat berbuka dan ketika sahur. Rencanakan hidangan untuk buka puasa maupun sahur paling tidak seminggu sebelum Ramadan untuk menghindari kebingungan ketika saatnya tiba. Suami dan istri bisa saling berkonsultasi atau bisa dengan meminta saran dari orang tua atau mertua.

3. Mempersiapkan Fisik agar Selalu Prima

Selama bulan puasa, kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Jika tubuh tidak dalam kondisi fit, maka kegiatan puasa tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu penting bagi siapa pun untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap dalam kondisi bugar. Jangan sampai sakit menjelang bulan Ramadhan, jaga asupan makan. Sebelum memasuki ramadan mulailah ubahlah kebiasaan makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ketika ramadhan tiba, dengan fisik sehat, ibadah juga lancar tentunya.

4. Mengetahui Bacaan-bacaan Doa 

Dan ini juga tidak kalah penting untuk kamu ketahui, yakni bacaan doa-doa khusus selama bulan Ramadhan. Contohnya niat puasa, doa berbuka puasa, niat sholat tarawih, niat sholat witir, dan lain sebagai. Sebelum masuk bulan itu, ada baiknya jika kamu menghafal terlebih dahulu doa-doa tersebut agar pada waktu Ramadhan kamu sudah lancar ketika mengucapkannya.

5. Membayar Hutang Puasa Tahun Lalu

Nah, ini juga tidak kalah pentingnya untuk kamu lakukan. Bagi siapapun yang mempunyai hutang puasa baik karena sakit, menstruasi, ataupun hal-hal lainnya sudah seharusnya segera membayarnya sebelum tanggal 1 Ramadhan. Karena setiap hutang itu memang harus dibayarkan sebelum jatuh waktu tempo

6. Mempersiapkan Keuangan

Selama bulan puasa tentu saja kamu harus mempersiapkan finasial guna memenuhi kebutuhan hidup, untuk membeli bahan makanan untuk berbuka puasa maupun sahur. Taka hanya itu saja, bulan Puasa kita juga dianjurkan untuk memperbanyak amal soleh seperti infaq, zakat, ataupun sodakoh.

Itulah beberapa hal yang mesti kamu persiapkan guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Mari sambut hari penuh keberkahan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh suka cita, semoga kita diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Aamiin ya rabbal 'alamin



   
     
     
   
 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi