2 May 2019

Cara Unik Menyambut Bulan Ramadhan dari Seluruh Penjuru Dunia





Tak terasa, tak lama lagi kita kembali dipertemukan di Bulan Suci Ramadhan 1440 H. Bulan penuh berkah yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam dari seluruh penjuru dunia. Tak hanya di Indonesia saja, tradisi penyambutan Bulan Suci Ramadhan juga terjadi di negara lainnya, terutama negara yang penduduknya mayoritas muslim. 

Seperti apa sih keunikan beberapa negara dalam menyambut datangnya Bulan Ramadhan? Yuk simak selengkapnya berikut ini :

1. Arab Saudi


Sebagai negara dengan jumlah populasi penduduk muslim yang tinggi, tentu saja Arab Saudi memiliki cara tersendiri untuk menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan. Di sana terdapat meriam yang selalu dibunyikan setiap menjelang datangnya bulan puasa. Bukan sekadar itu saja, meriam tersebut juga dibunyikan ketika waktu sahur, tanda tibanya waktu Imsak dan masuknya tanggal 1 Syawal.

2. Mesir

   
     
     
   
 


Sementara itu untuk Mesir, di sana terdapat Maldah Rahman atau Hidangan Kasih Sayang. Pada saat menjelang bulan puasa, terdapat tradisi membagi-bagikan makanan gratis untuk orang yang akan berbuka puasa. Wah, cukup menarik bukan?

3. Bangladesh

Dalam menyambut bulan Ramadhan, warga Bangladesh lebih memilih untuk membaca buku-buku yang bertema keagamaan. Selama bulan puasa jualah, di sana banyak diadakan pameran-pameran buku dan berbagai kegiatan yang bermanfaat lainnya.

4. China


Sekalipun negara yang satu ini tidak didominasi oleh kaum muslim, akan tetapi penyambutan bulan Ramadhan di negara China juga tak kalah menarik jika dibandingkan dengan negara lain. Warga muslim di China mempunyai tradisi yang disebut "Muqam" yaitu tradisi menyambut datangnya puasa dengan bernyanyi dan menari yang dilakukan oleh Muslim Kashgar di China.

5. Nigeria

Nigeria merupakan salah satu negara yang berada di benua Afrika. Total populasi muslim di Nigeria adalah 50% dari total jumlah penduduk. Mayoritas bertempat tinggal di daerah Utara. Penduduk Nigeria menyambut bulan penuh berkah dengan cara berdakwah. Mereka secara rombongan akan pergi ke seluruh penjuru negeri untuk menyiarkan agama Islam.

6. Irak


Islam merupakan agama mayoritas di negara Irak dimana 97% dari total jumlah penduduk di sana memeluk agama Islam. Umat muslim Irak bakal menyambut dan menyemarakkan datangnya ramadan dengan berbelanja di Pasar Shorja yang merupakan pasar tertua di Irak. Pasar ini hanya ramai ketika bulan puasa saja dan buka dari sore hari hingga menjelang malam.

7. Jepang

   
     
     
   
 


Sama seperti China, Jepang bukan merupakan negara dengan populasi muslim yang besar. Namun meski begitu, negara ini tetap menyambut datangnya bulan suci dengan penuh suka cita. Saat memasuki bulan puasa, terdapat lokasi yang sangat ramai dikunjungi yakni Japan Islamic Centre. Di tempat tersebut, diadakan berbagai kegiatan seperti majelis taklim, salat tarawih berjamaah, ceramah keagamaan, hingga penerbitan buku-buku ke-islaman, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. India


Menjelang bulan Ramadhan, pria di India akan menghiasi mata mereka dengan kohl (sejenis celak mata). Selain itu penjualan bihun juga meningkat di bulan puasa karena makanan yang satu ini menjadi salah satu makanan utama yang dikonsumsi terutama pada saat berbuka puasa. Selain itu, Di Kota Hyderabad warga menyantap sejenis bubur yang dinamakan haleem atau nonbu kanji sebagai bentuk antusiasme dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Itulah Tradisi Unik Menyambut Bulan Ramadhan dari Penjuru Dunia Wah, sangat unik dan menarik bukan? Tak cuma di Indonesia saja, ternyata negara lain pun juga memiliki tradisinya masing-masing dalam menyambut bulan penuh berkah ini. Persiapkan diri sebaik mungkin dan perbanyaklah beribadah selama bulan Ramadhan, niscaya pahala kita akan dilipatgandakan oleh Allah SWT, aamiin ya rabbal 'Alamin.



No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi