28 Mei 2019

Pengertian Kritik Sastra, Macam-Macam, Serta Fungsinya


Ada banyak aspek kritik sastra yang bisa kalian ketahui baik dari pengertiannya, jenis atau macam-macamnya, dan juga beberapa fungsinya tersendiri. Istilah dari kritik sastra ini sendiri berasal dari Bahasa Yunani yaitu krites yang memiliki arti yaitu hakim. Ada banyak penjelasan dari sebuah kata kritik dalam dunia sastra, untuk memahaminya, simaklah penjelasan di bawah ini.

Pengertian Kritik Sastra 


Kritik sastra adalah salah satu objek studi sastra maupun cabang ilmu sastra yang melakukan beberapa analisis, melakukan penafsiran dan juga melakukan penilaian terhadap sebuah teks sastra yang dianggap sebagai sebuah karya seni. Adapun beberapa pengertian dari kritik sastra yang diungkapkan oleh para ahli.

Pengertian Kritik Sastra Menurut Para Ahli


Untuk pemahaman akan berbagai aspek kritik sastra yang harus dipelajari untuk pertama kali tentunya pengertiannya sendiri. Kritik sastra memiliki beberapa pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Untuk beberapa pengertiannya sendiri adalah:

Pengertian Kritik Sastra menurut Graham Hough menyatakan jika kritik sastra tidak terbatas pada penyuntingan, penetapan teks dan juga interpretasi akan pertimbangan nilai. Kritik sastra juga meliputi sejumlah masalah yang lebih luas tentang apa tujuan sastra, apa kesusastraan sendiri dan masalah kemanusiaan yang lain.
 Pengertian Kritik Sastra menurut Abrams menyatakan jika kritik sastra adalah cabang ilmu yang berurusan dengan sebuah rumus, klasifikasi serta penerangan atas karya sastra.
 Pengertian Kritik Sastra menurut Rene Wellek menyatakan jika kritik sastra mencakup 3 bidang baik teori sastra itu sendiri, kritik sastra, dan juga sejarah sastra.

Macam-Macam Kritik Sastra 

Ada cukup banyak jenis-jenis atau macam dari kritik sastra yang bisa kalian pelajari. Nah, untuk beberapa jenis dari karya sastra yang bisa diketahui diantaranya sebagai berikut:

Kritik Yudisial adalah kritik yang mengemukakan sebuah penilaian maupun penghakiman dari sebuah karya sastra dan menghubungkannya dengan norma maupun teknik penulisan karya tersebut.
Kritik Induktif adalah kritik yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan sejumlah fakta-fakta yang berhubungan dengan sebuah karya seni, metode, maupun waktu penciptaan.
Kritik Impresionistik adalah kritik yang muncul sebagai salah satu produksi dari aliran individualisme romantik dan juga kesadaran akan diri yang lebih modern.
Kritik Historis adalah sebuah kritik yang terjadi atas segala sesuatu yang terjadi dalam bentuk sastra dalam periode sejarahnya sendiri.
Kritik Filosofis yang merupakan sebuah kritik sastra yang berusaha untuk mendapatkan dasar yang cukup sesuai bagi penilaian karya sastra melalui analisis dari fungsi karya sastra yang dihasilkan.
Kritik Formalis adalah kritik yang berpedoman dengan teori estetika yang akan memberikan tekanan dalam karya sastra baik struktur dan juga gaya.

Fungsi Kritik Sastra 


Untuk fungsi dari kritik sastra ini sendiri diantaranya sebagai berikut ini:

 Digunakan untuk pengembangan ilmu sastra sendiri. Hal ini menyatakan bahwa karya sastra tidak dapat dianalisis, digolongkan bahkan dinilai tanpa adanya prinsip dari kritik sastra itu sendiri.
 Digunakan untuk pengembangan kesusastraan yang memberikan sebuah kejelasan tentang karya sastra seperti baik atau buruknya karya sastra, dan juga mampu menujukkan wilayah jangkauan persoalan dari karya sastra.
 Digunakan untuk penerangan bagi masyarakatnya sendiri agar mereka bisa melakukan analisis, menguraikan, menginterpretasi dan juga menilai karya sastra agar masyarakat bisa mengambil kesimpulan sendiri dari karya sastra tersebut.

Jadi, itulah sejumlah aspek sastra yang bisa kalian pahami. Beberapa informasinya mulai dari pengertian kritik sastra yang diungkapkan oleh beberapa ahli, kemudian macam-macam kritik sastra dan juga fungsi dari kritik sastra ini sendiri. Terima kasih sudah membaca artikel mengenai pengertian kritik sastra, semoga menambah wawasan teman-teman sekalian.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi