13 May 2019

Tutorial Menu Buka Puasa : Tajin Palapa




Tajin Palapa merupakan makanan bubur unik khas Situbondo, Jawa Timur. Tajin Palapa sendiri berasal dari bahasa Madura yang artinya ‘bubur bumbu’. Karena banyak warga Situbondo yang berasal dari Madura, maka bubur tersebut dinamai dalam bahasa Madura. Tajin palapa merupakan bubur sayur yang diberi bumbu kacang lezat. Dan tentu saja rasanya berbeda dengan kebanyakan bubur pada umumnya.

Di Sidoarjo, kamu dapat dengan mudah menemukan bubut yang satu ini. Jika bukan puasa, banyak orang yang berjualan terutama di daerah jalan Jl. Kenanga, Jl. Cenderawasih, Jl. Semeru, dan masih banyak yang lainnya. Kuliner yang satu ini menjadi tradisi turun temurun menjadi salah satu hidangan sarapan wajib bagi warga Sidoarjo dan sekitarnya
Berhubung, sekarang sudah memasuki bulan puasa, Tahun Palapa juga bisa kamu andalkan sebagai menu untuk berbuka puasa karena rasanya yang manis. Jika biasanya kamu mungkin membeli jika ingin memakan Tajin Palapa, mulai saat ini cobalah untuk membuat bubur sendiri. Bingung bagaimana cara membuatnya? Tenang, berikut saya berikan resep pembuatan Tahun Palapa yang bisa kamu terapkan di rumah.

Bahan-bahan
150 gram Beras putih
1 bungkus santan kara
garam secukupnya
Air secukupnya
Kacang goreng secukupnya
1 sendok makan petis ikan
4 buah cabe rawit
Gula dan garam secukupnya
Cuka, takarannya sesuaikan bselera
Bakwan/hongkong (bisa buat atau beli yang baru)

Proses Pembuatan
1. Masak nasi hingga menjadi bubur, lalu tambahkan garam plus santan sembari diaduk sekali-kali agar tidak lengket di bagian bawah panci.
2. Haluskan bumbu beri sedikit air hangat, namun jangan terlalu encer ya.
3. Potong-potong bakwan dan taruh di atas bubur. Sirami dengan bumbu yang sudah di haluskan.
4. Tajin Palapa Siap untuk dihidangkan.
Bagaimana? Sangat mudah bukan? Tak melulu soal es aja, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang satu ini sebagai menu pembuka ketika berbuka puasa. Silakan dicoba resep tersebut di rumah anda mulai hari ini atau menggunakan resep alternatif lainnya. 

Demikian dan semoga bermanfaat. Selamat berpuasa




   
     
     
   
 

Related Posts

2 comments:

  1. Lastareh macah ppstingan nikah, aromassah cek terronah ka tajhin palappa abhek nikah

    ReplyDelete
  2. boleh dicoba untuk sahur juga nih :D

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi