Jumat

JumatT09.44

5 Kebiasaan yang Harus Kalian Ubah Supaya Perut Tidak Buncit

Cara Agar Perut Tidak Buncit ? Ubah 5 Kebiasaan Buruk Ini


Bagi sebagian besar orang, memiliki perut buncit adalah hal yang tidak diinginkan karena membuat bentuk badan terlihat buruk dan mengganggu kesehatan. Karena menjadikan postur tubuh seakan tidak terkontrol. Walaupun berat badan kamu ideal, namun tidak terjamin akan lepas dari perut yang buncit. Ada berbagai faktor penyebab perut buncit, termasuk kebiasaan kalian. Berikut adalah lima di antaranya yang mungkin tidak kita sadari dan harus kita hindari. Apa saja 5 kebiasaan buruk yang harus dihindari ? Let's go to the lists


1. KURANG TIDUR



Kalian sudah tau, belom... Bahwa standar tidur yang sehat untuk orang dewasa adalah 7-8 jam setiap malam? Tetapi, karena kesibukan dalam keseharian kita, seringkali tidur yang cukup menjadi hal yang cukup jarang ditemukan dalam keseharian kita. Padahal, ketika tidur tubuh kita memproduksi hormon leptin yang berfungsi mengatur rasa haus dan lapar.

Jadi, ketika kita kurang tidur, hormon tersebut pun tidak diproduksi dengan teratur sehingga kita lebih sering merasa lapar atau haus. Sebuah penelitian dari University of Pennsylvania, AS membuktikkan bahwa seseorang yang kurang tidur cenderung mengkonsumsi 500 kalori lebih banyak daripada orang yang tidur cukup.

2. MEMILIKI POSTUR BADAN YANG MEMBUNGKUK


Tanpa kita sadari, seringkali kita berada pada posisi cenderung membungkuk ketika beraktivitas, terutama ketika berdiri ataupun duduk. Padahal, memiliki postur badan yang cenderung membungkuk justru bisa membuat otot perut kita kendur sehingga lemak perut menjadi berlipat dan bertumpuk pada perut. Walaupun posisi duduk ataupun berdiri yang tegak agak melelahkan, tapi kita bisa membiasakannya.

Membiasakan postur tubuh yang tegak juga bisa melatih otot perut kita untuk semakin kencang dan mampu menopang seluruh tubuh. Caranya mudah: ketika duduk, kita bisa menyangga tubuh dengan bantalan di kursi yang membantu posisi tubuh tetap tegak. Ketika berdiri, kita bisa bersandar pada tembok dan menempelkan seluruh punggung serta kepala untuk membiasakan postur berdiri tegak.


3. STRES BERLEBIH

Walaupun kita tidak jarang mengalami tekanan dalam kehidupan sehari-hari, patut diingat juga bahwa stres yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh dan dapat menyebabkan perut kita buncit. Ketika stres, tubuh kita memproduksi hormon kortisol. Menurut penelitian dari University College London, seseorang dengan kadar kortisol tinggi biasanya memiliki pinggang yang berukuran lebih besar karena hormon ini membuat tubuh kita selalu berada pada keadaan tegang sehingga tidak mampu melakukan fungsi normal seperti mengelola lemak pada tubuh secara normal. Selain itu, tidak jarang kita juga cenderung makan lebih banyak ketika mengalami stres.

Sehingga membuat kita mengonsumsi kalori lebih banyak dari kebutuhan kita. Oleh karena itu, kita harus sering melakukan relaksasi diri seperti bermeditasi untuk mencegah perut menjadi buncit.

4. KURANG MINUM AIR PUTIH 


Ketika kalian terlalu haus, otak bisa salah mengirimkan sinyal dan memunculkan rasa lapar ketika Anda haus? Ya, ketika tubuh berada pada kondisi kurang cairan, bagian otak yang disebut hypothalamus akan mengirimkan sinyal rasa lapar yang membingungkan sehingga seringkali disalahartikan seperti rasa haus. Jadi, seringkali rasa lapar yang kita rasakan bukanlah karena kekurangan makanan, tapi karena butuh air putih. Tapi, terlalu banyak minum air putih juga bisa menganggu fungsi organ tubuh seperti ginjal. Jadi, sebaiknya minum air putih secukupnya - dalam rentang yang direkomendasikan yakni sebanyak 6-8 gelas per hari.

5. JARANG BEROLAHRAGA 

Seringkali kita meninggalkan kebiasaan berolahraga karena tidak punya waktu atau terkendala faktor biaya kelas di gym yang cukup mahal. Padahal, jarang berolahraga merupakan salah satu faktor utama penyebab perut buncit. Ketika berolahraga, kita membakar lemak pada tubuh sekaligus memperkuat otot kita sehingga massa lemak digantikan dengan massa otot yang lebih sehat. Selain itu, berolahraga juga bisa membuat fungsi kardiovaskuler dan fungsi tubuh lainnya seperti pencernaan dan detoksifikasi tubuh lebih lancar. Kita tidak perlu berolahraga dalam jangka waktu yang lama untuk merasakan manfaat itu. Dengan olahraga 7-15 menit, kita sudah bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh kita.

Soal biayanya, olahraga juga tidak harus mahal. Sekarang ada banyak aplikasi yang menawarkan promo agar biaya olahraga di gym menjadi lebih murah. Salah satunya adalah Cashbac - aplikasi yang memberikan instant cashback untuk setiap transaksi di berbagai merchants, termasuk di gym. Jadi, sobat tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga. Jadi, mana dari kebiasaan di atas yang masih sering sobat lakukan? Saatnya untuk berubah sebelum perut Anda menjadi buncit dan kesehatan Anda terganggu.

FYI, kita juga bisa melakukan diet aman dengan detoks usus, serta mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang alami untuk kebaikan tubuh.

Oke, terimakasih sudah membaca artikelku, semoga kita senantiasa sehat untuk terus berbagi pengalaman dan ilmu kepada orang lain


Related Posts

5 komentar:

  1. Klo aku, karena kurang olahraga ni kayaknya sol. Perutnya mulai kayak bawa tas pinggang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, bisa dicoba mulai sering olahraga dari sekarang :)

      Hapus
  2. Dulu pas SMP perutku langsing tapi sekarang semenjak kerja udah agak buncit, maklum kerjane kebanyakan duduk, udah sempet olahraga juga hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ealah, malah aku pengin gemuk nan berisi gitu mas, hehehehehe

      Hapus
  3. Kalau aku karena kerja di Jasa bikin interior jakarta jadi otomatis olah raga karena akat beban bukan dambel tapi lemari. tapi tetep aja buncit hehehehehe

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi