Minggu

MingguT04.48

Sabun Cuci Tangan Mencegah Penyakit Menular



Sabun Cuci Tangan

Sabun cuci tangan menjadi suatu kebutuhan utama suatu rumah tangga maupun tempat-tempat umum lainnya. Hal ini disebabkan karena pada saat ini berbagai jenis penyakit bisa menjangkiti kita melalui tangan yang tanpa kita ketahui darimana asalnya. Penyakit-penyakit berbahaya bisa menulari kita dimana saja dan kapan saja dan dapat mengenai semua kalangan.

Di Indonesia, setiap tahunnya banyak sekali terjadi kasus meninggalnya seseorang anak karena penyakit diare. Data statistic menunjukkan bahwa setiap tahunnya ada lebih dari 100.000 anak usia balita yang meninggal karena diare. Diare adalah penyakit yang dapat menjangkiti seseorang melalui tangan dan akibatnya akan mempengaruhi perkembangan fisik dan mental seseorang. 

Hal ini disebabkan oleh daerah yang memiliki lingkungan yang tidak sehat dan perilaku sehari-hari yang buruk. Pengaruh yang dapat diidentifikasi adalah hilangya selera makan dan menurunnya daya tahan tubuh. Akibatnya anak akan tumbuh lamban, stunting, dan mudah terkena berbagai penyakit.

Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit dan penularannya. Diantaranya adalah menggunakan sabun cuci tangan. Nahh berikut ini adalah fakta-fakta mengenai sabun cuci tangan dan penggunaannya.

Mengapa Mencuci Tangan Harus dengan Sabun ?


Mencuci tangan adalah kegiatan yang hampir setiap hari kita lakukan. Namun sebagian besar orang mencuci tangan hanya menggunakan air saja, padahal mencuci tangan dengan air saja tidaklah cukup. Penggunaan sabun cuci tangan merupakan suatu upaya yang direkomendasikan untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Sabun juga merupakan produk yang sangat mudah didapat dan harganya relatif terjangkau. Mencuci tangan supaya diusahakan agar menggunakan sabun cuci tangan di air yang mengalir. Fungsi sabun disini adalah untuk membunuh kuman karena sabun memiliki kandungan kimiawi yang dibuat khusus untuk membunuh penyakit-penyakit menular.

Apa Saja Manfaat Mencuci Tangan Menggunakan Sabun?

Karena munculnya berbagai jenis penyakit, para peneliti dan ahli membuat sebuah formula sabun cuci tangan yang mampu membunuh berbagai jenis penyakit. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan menggunakan sabun mampu menurunkan penyakit diare sebesar 40-45 %, Flu burung 50 %, dan Pneumonia 50%. Bebagai penyakit lain juga dapat diatasi dengan rutin menggunakan sabun, diantaranya adalah infeksi cacing, infeksi mata, dan penyakit kulit.

Kapan Waktu Mencuci Tangan Pakai Sabun?

Dalam satu hari begitu banyak aktifitas yang kita lakukan. Sebagian besar aktifitas dilakukan dengan menggunakan tangan. Dalam rentang waktu 24 jam begitu banyak yang tangan kita sentuh. Jadi, bisa dipastikan ada berbagai kuman yang menempel ditangan kita dan tidak terlihat oleh mata. Oleh karena itu setiap saat kita perlu untuk membersihkan tangan kita dengan sabun cuci tangan.

Waktu-waktu yang penting untuk mencuci tangan adalah:



Setelah ke WC atau Buang Air Besar
Sebelum makan
Sebelum menyusui bayi atau menyuapi bayi atau anak
Sesudah menceboki bayi atau anak
Sesudah memegang binatang
Akan tetapi pada kondisi tertentu juga sangat dianjurkan untuk mencuci tangan,  diantaranya adalah setelah bermain atau bekerja dilumpur, setelah bersin atau batuk, setelah memegang ingus, setelah mengecat, setelah menggambar, ataupun pada saat tangan terlihat kotor dan bau.

Bagaimana Langkah Memakai Sabun Cuci Tangan dengan Benar?

Berikut merupakan langkah-langkah mencuci tangan menggunakan sabun secara baik dan benar.
Basahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir.
Ambil sabun lalu diusapkan dan digosokkan ke kedua telapak secara lembut.
Pastikan kedua punggung tangan juga diusap dan digosok secara bergantian dan tidak terburu-buru.
Gosok sela-sela jari hingga bersih.
Bersihkan ujung jari secara bergantian
Bersihkan ibu jaru secara bergantian
Gosok telapak tangan secara bergantian menggunakan semua ujung jari
Bilas seluruh bagian tangan menggunakan air bersih yang mengalir
Terakhir, keringkan memakai handuk atau tisu.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar:

  1. wah iya ya baru kepikiran, wajib jaga kesehatan untuk tangan kaki dan lainnya :D

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi