28 Juli 2019

4 Hal yang Bikin Nostalgia Ngeblog Alay Zaman Dulu

Halo teman-teman ? 

Era Blogging saat ini semakin canggih, tentunya jika kalian merupakan blogger era 20-an awal, maka nggak asing dengan kemunculan berbagai ke-alay-an ketika ngeblog. Mulai dari banyaknya widget yang ala-ala, hingga sering gonta-ganti template marak terjadi di awal kemunculan blogging di Indonesia.

Namun sayang beribu sayang, blog alay ku sudah aku hapus permanen, sehingga yang tersisa sekarang hanyalah kenangan yang abadi. Walau blognya udah nggak ada, tapi rasanya tetep ada bahkan hingga saat ini. Buat kalian yang ingin bernostalgia dunia blogging jaman dulu, yukkk simak artikelku berikut ini.

HAL YANG BIKIN NOSTALGIA NGEBLOG JAMAN DULU


1. WIDGET ALA-ALA YANG BIKIN BLOG SUPER LEMOT

Salju-saljuan ? Kursor dengan tulisan selamat datang ? Kursor beranimasi ? Itu adalah hal pertama yang langsung terlintas di benakku kalau ditanya mengenai awal-awal ngeblog. Karena dulu aku kan suka searching gitu, cara mempercantik blog. Semua artikel yang muncul kurang lebih memberikan widget yang ala-ala gitu, ada yang salju-saljuan, ada yang ikan-ikanan, pokoknya banyak banget. Dulu, aku kayak ngerasa ga bersalah banget gitu pasang semua jadi satu, sampe loading blog pun hingga beberapa menit.

Ini bikin nostalgia banget, apalagi mengingat sekarang kriteria blog yang baik adalah blog yang fastload, sehingga mau tidak mau, kita harus upgrade kemampuan. But, jujur aku kangen banget. Sayang sih, blog pertamaku aku hapus permanen, karena ada suatu masalah waktu itu. Gimana kalau blog pertama kalian, sob ? Apakah pernah memasang pernak-pernik di blog ? Kalau iya, coba deh komentar, seberapa serunya kalian otak-atik widget jaman dulu ?

2. TEMPLATE PENUH CSS DAN GAMBAR-GAMBAR BERGERAK

Banget. Templateku dulu penuh banget css sama animasi bergerak. kadang juga backgroundnya itu sangat berat, karena pakai banyak sekali background animasi yang terpasang. Namun, nyatanya sih... Walaupun begitu, dulu aku enjoy banget, aku liatin terus animasi-animasi itu, sampe laptop temen diambil sama orangnya.

Waktu demi waktu, terus berjalan, sekarang kita semua sudah tau, untuk meminimalisir penggunaan css yang berlebihan, serta animasi bergerak. Dan banyak sekali mastah yang menyarankan untuk menggunakan template yang fastloading, responsive, dan SEO friendly. Bukan tanpa alasan, karena zaman ini persaingan di dunia blogging makin serius, jadi intinya zaman dulu itu ngangenin banget, walaupun salah, namun kenyataannya menyenangkan, kan ? Begitu indah dikenang....

3. HAMPIR FULL CURHAT DENGAN BAHASA ALAY

Iyups, based on my experience, ngeblog dulu emang aku full pakai curhat pribadi yang sangat unfaedah, sebut nama temen-temen, kayak diary online gitu, But dulu bener-bener unfaedah, karena apa ? Bahasa alay dan nggak informatif, karena didalemnya berisi curhatku dibully, disakiti, dan dicaci. Yah, kangen dah sama blogku yang dulu.

Karena untuk sekarang, aku lebih membiasakan untuk sekalipun curhat itu memiliki nilai informasi dan membantu terhadap pencari informasi. Kalau kalian memang suka curhat, its okay, namun janganlah pakai bahasa alay, karena kadang ada saja orang yang merasa tidak nyaman membaca dengan bahasa alay. Hehehehehe, jaman dulu mah bebas.

4. SERING BANGET GONTA-GANTI TEMPLATE 

Bagi aku, sampe sekarang gonta-ganti template masih berlangsung. Namun, puncaknya itu waktu awal kenal blog. Jiwa labil dan ingin show off berlebih karena memiliki blog sangat berdampak terhadap kepuasan menggunakan template. Walhasil, jika kalian bisa melihat tampilan blogku berwarna hitam, bisa jadi sejam kemudian atau bahkan tidak sampai sejam, blogku berubah template. Itu dulu.

Ngeblog dulu emang penuh hura-hura. Namun sekarang, sekalipun aku masih "sesekali" ganti template, namun aku usahakan untuk menggunakan template fixed yang nggak berubah selama beberapa waktu kedepan, minta doanya, semoga jiwa labilku tidak kumat.

GIMANA KONDISI BLOG KALIAN JAMAN DULU ? SHARE DI  KOMENTAR BIAR BISA KETAWA-KETIWI BARENG

Related Posts

32 komentar:

  1. aku banget ini min, dlu sampek semua widget dan template dicobain. Alhasil lemot deh blognya. Jadi pegen ketawa sendiri klo diinget-inget. :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha flashback ya mas.... iya aku dulu juga gitu

      Hapus
  2. Wahh.. zaman aku dl cinta monyet ini. Nostalgia bgt :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh cinta monyet wkwkwkwkwk, yang penting mah ngeblog tetep jalan ya mas.... ga peduli seberapa bucin kita hahahaha

      Hapus
  3. Blogku di tahun 2007-an kayak gitu. Betul, isinya juga curhat, jadi kayak buku diary haha

    Untung udah dihapus, kalo masih kayaknya malu juga liatnya.

    Btw, masih banyak juga kok yang kaya begitu sekarang. Mungkin belum ketemu jalannya kaya mas Faisol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ealah masih ada yang pake ya, hehehehehehe... gapapa mas, biar mereka ikut Berbunga-bunga nonton salju di layar :v

      Hapus
  4. Aku ngerasain banget pada poin ke 3 dan ke 4. Tulisan alay bin curhat dan sering ganti template, karena aku sering bosan. Kalo CSS dan widget gak begitu suka, karena memang lebih suka dengan tampilan simpel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha yup, aku dulu labil banget masalah template, ga suka ganti, ga suka, ganti, gitu aja terus... alhamdulillah sekarang udah mendingan tobat

      Hapus
  5. Kok nyambung ya? Meskipun baru rajin posting akhir-akhir ini saja, namun saya juga sempat mengalami gonta-ganti tamplate beserta widgetnya. Bukanya di warnet pula, lemot adalah kepastian pada saat itu. Hahaha.

    Terimakasih sudah menyajikan kenangan saat jaman friendster.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehehe, iya itu emang marak banget dulu, hahahaha, makasih udah mampir ya mas

      Hapus
  6. Ganti template sampe entah berapa kali. Pengen yang unyu2 eh anehnya pembaca malah pada sebel sebab format tulisan berubah jadi aneh2. plus pasang widget mp3 begitu buka blog langsung kedengeran musik dih kalo pas bukanya jam 2 pagi bisa2 pada merinding kok tau2 ada musiknya ya hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah... hahaha aku pernah ngerasain itu hehehehehe, kaget sih langsung keluar musik :v

      Hapus
  7. Yup, saya dulu senengnya edit warna template bawaan blogger, entah berapa kali, he.

    BalasHapus
  8. Kalau dulu awal kenal blog paling mentoknya di gobta ganti template doang Sol.

    Ngasih efek salju dan kursor kostumisasi belum oernah kecapaian, maklum, bukan dasar ku di dunia coding dan masih awam banget waktu itu. Walau sempat ada keinginan buat nyoba juga, tapi akhirnya gak jadi karena males ribet 😂😂😂

    BalasHapus
  9. Hahahah. Pernah aku alami semua nih

    BalasHapus
  10. iya - dulu segala hal diceritakan dan tanpa harus nge-japri (belum ada WA) dan meminta - visit n comment :)

    BalasHapus
  11. Haha iya mas, dulu saya ngeblog pake hp jadul di Mywapblog.

    BalasHapus
  12. Dulu jaman awal ngeblog excited banget sama widget lagu yang bisa diembed di blog.. Padahal malah bikin blog lemot dan kalo internet ngadat jadinya malah gengges karena lagunya nggak terputar dengan baik hahahaha

    BalasHapus
  13. Dan semua poin yang disebutkan di atas pernah saya lakukan, haha
    Tapi paling tidak dari situ saya belajar tentang HTML, meskipun tidak banyak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga paling tidak punya sedikit wawasan mengenai widget

      Hapus
  14. Sering gonta-ganti template karena nggak percaya diri dan penasaran. Kayaknya cakep ini, eh nggak sampai seminggu sudah ganti lagi.

    BalasHapus
  15. Saya baru mengenal dunia blog gan, tapi pernah liat blog yang banyak widgetnya. Rame tapi kadang ada juga widget yang keren gan. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku pun sama, kadang suka kepincut sama widget yang asyik, kayak widget Instagram di WordPress....

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Kalo aku mah cukup nambahin widget translate sama widget music di atas wkwkwk

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi