Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

4 Hal yang Bikin Nostalgia Ngeblog Alay Zaman Dulu

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Minggu, 28 Juli 2019
Halo teman-teman ? 

Era Blogging saat ini semakin canggih, tentunya jika kalian merupakan blogger era 20-an awal, maka nggak asing dengan kemunculan berbagai ke-alay-an ketika ngeblog. Mulai dari banyaknya widget yang ala-ala, hingga sering gonta-ganti template marak terjadi di awal kemunculan blogging di Indonesia.

Namun sayang beribu sayang, blog alay ku sudah aku hapus permanen, sehingga yang tersisa sekarang hanyalah kenangan yang abadi. Walau blognya udah nggak ada, tapi rasanya tetep ada bahkan hingga saat ini. Buat kalian yang ingin bernostalgia dunia blogging jaman dulu, yukkk simak artikelku berikut ini.

HAL YANG BIKIN NOSTALGIA NGEBLOG JAMAN DULU


1. WIDGET ALA-ALA YANG BIKIN BLOG SUPER LEMOT

Salju-saljuan ? Kursor dengan tulisan selamat datang ? Kursor beranimasi ? Itu adalah hal pertama yang langsung terlintas di benakku kalau ditanya mengenai awal-awal ngeblog. Karena dulu aku kan suka searching gitu, cara mempercantik blog. Semua artikel yang muncul kurang lebih memberikan widget yang ala-ala gitu, ada yang salju-saljuan, ada yang ikan-ikanan, pokoknya banyak banget. Dulu, aku kayak ngerasa ga bersalah banget gitu pasang semua jadi satu, sampe loading blog pun hingga beberapa menit.

Ini bikin nostalgia banget, apalagi mengingat sekarang kriteria blog yang baik adalah blog yang fastload, sehingga mau tidak mau, kita harus upgrade kemampuan. But, jujur aku kangen banget. Sayang sih, blog pertamaku aku hapus permanen, karena ada suatu masalah waktu itu. Gimana kalau blog pertama kalian, sob ? Apakah pernah memasang pernak-pernik di blog ? Kalau iya, coba deh komentar, seberapa serunya kalian otak-atik widget jaman dulu ?

2. TEMPLATE PENUH CSS DAN GAMBAR-GAMBAR BERGERAK

Banget. Templateku dulu penuh banget css sama animasi bergerak. kadang juga backgroundnya itu sangat berat, karena pakai banyak sekali background animasi yang terpasang. Namun, nyatanya sih... Walaupun begitu, dulu aku enjoy banget, aku liatin terus animasi-animasi itu, sampe laptop temen diambil sama orangnya.

Waktu demi waktu, terus berjalan, sekarang kita semua sudah tau, untuk meminimalisir penggunaan css yang berlebihan, serta animasi bergerak. Dan banyak sekali mastah yang menyarankan untuk menggunakan template yang fastloading, responsive, dan SEO friendly. Bukan tanpa alasan, karena zaman ini persaingan di dunia blogging makin serius, jadi intinya zaman dulu itu ngangenin banget, walaupun salah, namun kenyataannya menyenangkan, kan ? Begitu indah dikenang....

3. HAMPIR FULL CURHAT DENGAN BAHASA ALAY

Iyups, based on my experience, ngeblog dulu emang aku full pakai curhat pribadi yang sangat unfaedah, sebut nama temen-temen, kayak diary online gitu, But dulu bener-bener unfaedah, karena apa ? Bahasa alay dan nggak informatif, karena didalemnya berisi curhatku dibully, disakiti, dan dicaci. Yah, kangen dah sama blogku yang dulu.

Karena untuk sekarang, aku lebih membiasakan untuk sekalipun curhat itu memiliki nilai informasi dan membantu terhadap pencari informasi. Kalau kalian memang suka curhat, its okay, namun janganlah pakai bahasa alay, karena kadang ada saja orang yang merasa tidak nyaman membaca dengan bahasa alay. Hehehehehe, jaman dulu mah bebas.

4. SERING BANGET GONTA-GANTI TEMPLATE 

Bagi aku, sampe sekarang gonta-ganti template masih berlangsung. Namun, puncaknya itu waktu awal kenal blog. Jiwa labil dan ingin show off berlebih karena memiliki blog sangat berdampak terhadap kepuasan menggunakan template. Walhasil, jika kalian bisa melihat tampilan blogku berwarna hitam, bisa jadi sejam kemudian atau bahkan tidak sampai sejam, blogku berubah template. Itu dulu.

Ngeblog dulu emang penuh hura-hura. Namun sekarang, sekalipun aku masih "sesekali" ganti template, namun aku usahakan untuk menggunakan template fixed yang nggak berubah selama beberapa waktu kedepan, minta doanya, semoga jiwa labilku tidak kumat.

GIMANA KONDISI BLOG KALIAN JAMAN DULU ? SHARE DI  KOMENTAR BIAR BISA KETAWA-KETIWI BARENG
>