12 July 2019

5 Cara Mendapatkan Content Placement (UPDATE)


Di era modern ini, semua aspek kehidupan mulai men-digital, tak luput didalamnya adalah aspek periklanan. Media promosi saat ini memperhitungkan media online dari blog dan website yang sudah terindeks di google search. Bukan tanpa alasan, efisiensi beriklan di Situs-situs online membuat advertiser yakin untuk meletakkan iklan kontennya di blog kita.

Apakah iklan content placement menjanjikan ? Bisa dibilang "iya" karena iklan dalam bentuk native / content dinilai lebih user friendly sekaligus menambah wawasan pembaca. Dan benefit untuk advertiser pun sangat tepat, bisa mendatangkan traffic dan membuat blog / website advertiser bisa bersaing dengan pesaing bisnisnya. Sebelumnya, aku sudah nulis tentang Apa yang harus kita lakukan sebelum mendapatkan Content placement  ? Usahakan kalian baca tips dibawah ini

1. Aktif dalam Blogger Gathering


Komunitas Blogger daerah itu ada loh, seperti di kotaku, Jember ada komunitas blogging yakni Blogger Jember Sueger, ada juga komunitas Blogger Jakarta, komunitas-komunitas Blogger ini mempertemukan Blogger satu dengan lainnya, dan saling bersosialisasi untuk meningkatkan personal branding. Semakin kuat personality mu dalam organisasi ini, membuat kamu sering mendapatkan Job menulis.

Ga bisa dipungkiri, kopdar tetap menjadi priority karena brand lebih suka Pay On Acts / Events dimana dalam mengadakan gathering, kadang ada brand yang ingin menjadi brand support suatu event untuk dapat diulas juga di sela-sela artikel blog. So, sudahkah kalian gabung Blogger daerah masing-masing ? Kalau sudah, mulailah untuk mengedukasi para pegiat bisnis untuk memanfaatkan kesempatan ini.


2. Gabung di Situs Penyedia Content Placement


Teknik ini sangat penting banget. Yups, situs penyedia Content Placement ada banyak banget, kita tinggal sign up aja sebagai Blogger atau influencer, lalu jika Portofolio atau blog kita dinilai bagus oleh calon klien, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Job content placement yang mudah, menyenangkan, dan menguntungkan. Gimana ? Kalian udah gabung beberapa situs penyedia Content Placement Terbaik ?

Kalau kalian belum bergabung, nih aku rekomendasiin ada beberapa situs yang menyediakan Content placement. Disini, kalian bisa bertemu dengan advertiser atau pengiklan yang akan membayar setiap content placement di blog sobat. Apa saja itu ?



3. Gabung Komunitas Blogger di Media Sosial


Media sosial memiliki peran penting dalam dunia digital. Bahkan, para advertiser semakin mudah dalam mencari grup-grup blogger yang memang didalamnya intens mempromosikan dan meng-influence pembaca. Oleh karena itu, semakin kita aktif diskusi online, maka kemungkinan besar klien akan memilih sobat untuk menjadi partner promosi bagi perusahaannya. Kalau sobat pasif, ya personal branding jadi kurang maksimal, kan....

Ada banyak komunitas blogger di facebook, seperti warung blogger, blogger perempuan, blogger crony, dan lain sebagainya. Ada juga grup yang khusus untuk share info job seperti grup Job Untuk Blogger, SMSC Mencari Kontak, dan grup-grup job blogger lainnya.

4. Aktif di Media Sosial


Kalau di poin nomor 3 mengharuskan kita untuk aktif bersosialisasi di grup-grup blogger nasional, dan grup khusus job untuk blogger, maka di poin keempat ini, kita harus aktif dalam mengisi timeline media sosial kita. Instagram, facebook, dan twitter adalah media sosial yang paling sering dipantau oleh klien.

Jika klien melihat komunikasi dan engagement yang baik setiap postingannya, kemungkinan besar klien yakin blog kalian juga ikut memiliki interaksi yang baik, dan oh iya, usahakan juga untuk memasang widget instagram di blog, agar akun kita terpantau dengan maksimal di blog oleh klien. Bagaimana caranya ?



5. Buat Halaman Khusus


Iyup, halaman khusus berisi pemberitahuan bahwa blog kalian menerima content placement. Halaman tersebut sangat bermanfaat, sebab itu mengindikasikan blog kalian adalah blog yang profesional dari segi layout halaman. Aku kemarin buat halaman khusus, ngeditnya bisa pakai coreldraw atau photoshop, kemarin aku ngeditnya pakai inkscape, sederhana aja sih, tapi usahakan lengkap.

Apa saja yang ada disana ? Di halaman about me, yang pertama harus ada adalah data diri, kemudian dilanjut dengan statistik blog, grafik pengunjung dan kualitas blog kita (Kalo dibilang show off, emang... kan tujuan kita membuat page ini agar klien yakin memilih blog kita ya kan ?) Lanjutkan dengan prestasi lalu buatlah gambar yang berisi brand apa saja yang sudah berpartner dengan blog sobat. Coba, kunjungi halaman About me yang aku buat di bawah .....



Content placement dapat kita dapatkan dengan 5 cara diatas. Demikian, 5 Cara Mendapatkan Content Placmenet untuk me-monetize blogmu, semoga bermanfaat dan feel free buat sharing-sharing di kolom komentar. Oh iya, kalian sudah nerapin cara nomer berapa nih ? Sharing di kolom komentar yuk, terima kasih ....

Related Posts

8 comments:

  1. sudah semua tapi kurasa belum. maksimal..
    Nah, aku pengen buat kaya poster di sidebar yg isinya jasa Cp review gitu... sepertinya sangat punya andil besar juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu kan sama dengan laman khusus mas, monggo saja dibikin banner di sidebar, nanti tinggal di Link saja ke halaman khusus tersebut, biar terperinci statistik, keunggulan, dsb dari blog mas suga :)

      Delete
  2. Selalu mentok disyarat DA dan PA nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bisa diusahakan kak, optimalkan terus konten dan backlink, insyaallah DA PA ikut naik

      Delete
  3. Duuuuuh aku ndak kuat sama templatenyaaaa

    ReplyDelete

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi