13 Juli 2019

5 Cara Mendapatkan Content Placement (UPDATE)


Di era modern ini, semua aspek kehidupan mulai men-digital, tak luput didalamnya adalah aspek periklanan. Media promosi saat ini memperhitungkan media online dari blog dan website yang sudah terindeks di google search. Bukan tanpa alasan, efisiensi beriklan di Situs-situs online membuat advertiser yakin untuk meletakkan iklan kontennya di blog kita.

Apakah iklan content placement menjanjikan ? Bisa dibilang "iya" karena iklan dalam bentuk native / content dinilai lebih user friendly sekaligus menambah wawasan pembaca. Dan benefit untuk advertiser pun sangat tepat, bisa mendatangkan traffic dan membuat blog / website advertiser bisa bersaing dengan pesaing bisnisnya. Sebelumnya, aku sudah nulis tentang Apa yang harus kita lakukan sebelum mendapatkan Content placement  ? Usahakan kalian baca tips dibawah ini

1. Aktif dalam Blogger Gathering


Komunitas Blogger daerah itu ada loh, seperti di kotaku, Jember ada komunitas blogging yakni Blogger Jember Sueger, ada juga komunitas Blogger Jakarta, komunitas-komunitas Blogger ini mempertemukan Blogger satu dengan lainnya, dan saling bersosialisasi untuk meningkatkan personal branding. Semakin kuat personality mu dalam organisasi ini, membuat kamu sering mendapatkan Job menulis.

Ga bisa dipungkiri, kopdar tetap menjadi priority karena brand lebih suka Pay On Acts / Events dimana dalam mengadakan gathering, kadang ada brand yang ingin menjadi brand support suatu event untuk dapat diulas juga di sela-sela artikel blog. So, sudahkah kalian gabung Blogger daerah masing-masing ? Kalau sudah, mulailah untuk mengedukasi para pegiat bisnis untuk memanfaatkan kesempatan ini.


2. Gabung di Situs Penyedia Content Placement


Teknik ini sangat penting banget. Yups, situs penyedia Content Placement ada banyak banget, kita tinggal sign up aja sebagai Blogger atau influencer, lalu jika Portofolio atau blog kita dinilai bagus oleh calon klien, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Job content placement yang mudah, menyenangkan, dan menguntungkan. Gimana ? Kalian udah gabung beberapa situs penyedia Content Placement Terbaik ?

Kalau kalian belum bergabung, nih aku rekomendasiin ada beberapa situs yang menyediakan Content placement. Disini, kalian bisa bertemu dengan advertiser atau pengiklan yang akan membayar setiap content placement di blog sobat. Apa saja itu ?



3. Gabung Komunitas Blogger di Media Sosial


Media sosial memiliki peran penting dalam dunia digital. Bahkan, para advertiser semakin mudah dalam mencari grup-grup blogger yang memang didalamnya intens mempromosikan dan meng-influence pembaca. Oleh karena itu, semakin kita aktif diskusi online, maka kemungkinan besar klien akan memilih sobat untuk menjadi partner promosi bagi perusahaannya. Kalau sobat pasif, ya personal branding jadi kurang maksimal, kan....

Ada banyak komunitas blogger di facebook, seperti warung blogger, blogger perempuan, blogger crony, dan lain sebagainya. Ada juga grup yang khusus untuk share info job seperti grup Job Untuk Blogger, SMSC Mencari Kontak, dan grup-grup job blogger lainnya.

4. Aktif di Media Sosial


Kalau di poin nomor 3 mengharuskan kita untuk aktif bersosialisasi di grup-grup blogger nasional, dan grup khusus job untuk blogger, maka di poin keempat ini, kita harus aktif dalam mengisi timeline media sosial kita. Instagram, facebook, dan twitter adalah media sosial yang paling sering dipantau oleh klien.

Jika klien melihat komunikasi dan engagement yang baik setiap postingannya, kemungkinan besar klien yakin blog kalian juga ikut memiliki interaksi yang baik, dan oh iya, usahakan juga untuk memasang widget instagram di blog, agar akun kita terpantau dengan maksimal di blog oleh klien. Bagaimana caranya ?



5. Buat Halaman Khusus


Iyup, halaman khusus berisi pemberitahuan bahwa blog kalian menerima content placement. Halaman tersebut sangat bermanfaat, sebab itu mengindikasikan blog kalian adalah blog yang profesional dari segi layout halaman. Aku kemarin buat halaman khusus, ngeditnya bisa pakai coreldraw atau photoshop, kemarin aku ngeditnya pakai inkscape, sederhana aja sih, tapi usahakan lengkap.

Apa saja yang ada disana ? Di halaman about me, yang pertama harus ada adalah data diri, kemudian dilanjut dengan statistik blog, grafik pengunjung dan kualitas blog kita (Kalo dibilang show off, emang... kan tujuan kita membuat page ini agar klien yakin memilih blog kita ya kan ?) Lanjutkan dengan prestasi lalu buatlah gambar yang berisi brand apa saja yang sudah berpartner dengan blog sobat. Coba, kunjungi halaman About me yang aku buat di bawah .....



Content placement dapat kita dapatkan dengan 5 cara diatas. Demikian, 5 Cara Mendapatkan Content Placmenet untuk me-monetize blogmu, semoga bermanfaat dan feel free buat sharing-sharing di kolom komentar. Oh iya, kalian sudah nerapin cara nomer berapa nih ? Sharing di kolom komentar yuk, terima kasih ....

Related Posts

42 komentar:

  1. sudah semua tapi kurasa belum. maksimal..
    Nah, aku pengen buat kaya poster di sidebar yg isinya jasa Cp review gitu... sepertinya sangat punya andil besar juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu kan sama dengan laman khusus mas, monggo saja dibikin banner di sidebar, nanti tinggal di Link saja ke halaman khusus tersebut, biar terperinci statistik, keunggulan, dsb dari blog mas suga :)

      Hapus
  2. Selalu mentok disyarat DA dan PA nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bisa diusahakan kak, optimalkan terus konten dan backlink, insyaallah DA PA ikut naik

      Hapus
  3. Duuuuuh aku ndak kuat sama templatenyaaaa

    BalasHapus
  4. Ada beberapa hal yang sudah aku lakukan untuk mendapatkan job. Dan Alhamdulillah dapat. Btw, aku suka dengan tampilan blognya. Enak ngelihatnya...

    BalasHapus
  5. Blognya rapiiih banget, kak.
    Sukaaaa bgt aku
    Artikelnya jg bermanfaat buat content creator
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha makasih banyak mbak suka deh kalo denger mbak bahagia buka blogku hahaha

      Hapus
  6. Gimana supaya kelima cara tersebut maksimal buat saya ya mas faisol. Belum terlalu merasakan manfaatnya

    BalasHapus
  7. Tipsnya keren, Mas Rori.
    Nomor 1, memang belum bisa sesering saya ikuti. Nomor 2 sudah sering saya ikuti, tapi belum ada yang nyantol hahaha. nomor 3 dan 4 selalu saya lakukan,, dan lumayan sering dapat job CP hehehe. Nah, nomor 5 saya belum lakukan. Makanya saya mau langsung meluncur ke a bout Mas Rori.

    BalasHapus
  8. Thanks for sharing, tipsnya keren. Udah nngerasain langsung emang ngefek banget tips yang ditulis mas faisol.

    BalasHapus
  9. Gabung di Situs Penyedia Content Placement, pak pak tung, dek
    Kadang tepak, ya kadang untung
    Tapi cara yang lain juga udah aku terapkan sih, walaupun yg dari penyedia content placement belum berjodoh heeee

    BalasHapus
  10. Makasih banyak tipsnya Kak, ini penting banget, terutama buat blogger baru yang mulai optimasi blognya neh. In syaa' Allah manjur

    BalasHapus
  11. Keren deh Bang Faisol infonya membantu banget buat blogger pemula seperti diriku ini

    BalasHapus
  12. Terimakasih tipsnya..
    Saya juga blogger baru nih, pengen optimalin blog juga.
    Sukses terus Dunia Faisol

    BalasHapus
  13. Bagus banget artikel ini, aku sampai save nih. Tq for sharingnnya ya kak faisal, sukses selalu

    BalasHapus
  14. Keren nih infonya, aku yang belum gabung ke grup Content Placement. Selama ini aku banyak dapatkan info CP dari grup di FB atau dihubungi langsung oleh brand atau agency.
    Terima kasih infonya

    BalasHapus
  15. Sebagai blogger newbie, aku udah gabung dong di beberapa komunitas blogger, dan emang mereka itu energi buat aku yang masih meraba dunia blogging.

    BalasHapus
  16. iya benar banget tipsnya
    saya juga melakukan itu
    dan alhamdulillah sering banget dan bisa dibilang selalu dapat
    malas banget dengan yang ngeluh ga ada dapat job tapi malas gabung di grup
    maunya dikasi tahu
    helloooo situ siapa minta dilayan hehehe..eh kok jd curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benul banget mbak, ah bebas atuh curcol disini hahahaha

      Hapus
  17. waah, boleh juga tipsnya dek. Terutama untuk membuat page khusus tadi. tentunya memudahkan klient untuk menginformasikan jika ada tawaran bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, Alhamdulillah kalau ada tawaran dari page khusus kita

      Hapus
  18. wuah mas. google adsense aja belum kelar-kelar mas. sepertinya emng harus ngikutin saran mas nya ini aku yang newbie ini. tfs ya mas. sangat membantu

    BalasHapus
  19. Tipsnya berguna bgt buat blogger newbie seperti diriku nih, semoga bisa sukses dgn ngeblog nih

    BalasHapus
  20. Bermanfaat banget tips nya, tapi ak newbie jd blogger. Blm ngerti itu smua gunanya buat apa

    BalasHapus
  21. Aku 1, 3 dan 4 . Tapi tidak maksimal sekali . Karna kadang masih suka malu kalau ketemu blogger yg sudah lama melalang buana di dunia blogger. Malu karna masih newbie . Btw terima kasih tips nya sangaat membantu dan bermanfaat sekali buat aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah malu atau minder mbak, justru kita harus saling support kan.... Iya, makasih udah mampir mbak

      Hapus
  22. Aku udah melakukan nomor 1-4. Yang kelima masih coba2. Seru juga sih ya jadi blogger ini, banyak hal yang bisa dieksplor lagi di dalamnya. Makasi ya tipsnya, bermanfaat banget ini.

    BalasHapus
  23. Boleh dicoba neh, gabung ke komunitas, tapi ga tahu mau gabung ke komunitasnya, ajakin dong kak? Biar bisa dapat content placment juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo komunitas daring (online) banyak kok kak, bisa join grup warung Blogger, Blogger perempuan, dan lain sebagainya

      Hapus
  24. Infonya bermanfaat nih... Biar bisa maksimal dapat CP. Sayang, udah jarang bisa kumpul dengan teman-teman blogger... Hiks. Padahal pengen banget.

    BalasHapus
  25. Saya sering sekali mengikuti dan memahami komunitas blogger di telegram tapi kenapa sedikit sekali yang menawarkan GP ataupun CP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di facebook, Twitter, wa, mereka banyak yang loyal buat nawarin CP, dsb

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi