24 Agustus 2019

Mengenal Sistem Pembelajaran Pedagogy dan Andragogy

Dalam dunia pendidikan, kita mengenal sistem pembelajaran yang diterapkan. Nah, dalam artikel kali ini kita akan memahami Pengertian Pedagogy dan Andragogy, serta bagaimana karakteristik pendidikan anak-anak (Pedagogy) dan pendidikan orang dewasa (Andragogy). Dalam mengajar anak-anak, kita tentunya harus menerapkan berbagai pola dalam menyampaikan ilmu, bisa dengan bentuk pendekatan, pengenalan, serta proses peniruan. Tentunya pola-pola ini dikembangkan menyesuaikan dengan tingkat emosional dan pemahaman peserta didik. Sedangkan sistem mengajar orang dewasa berbeda. Dalam penerapannya, mengajar orang dewasa cenderung lebih mandiri. Ini dikarenakan, orang dewasa memiliki potensi "Self directedness" (Kemandirian dalam mengatur sesuatu) dan memiliki unsur "Learner Experience" (Pengalaman peserta didik) yang mendominasi cara belajar mereka.

PENGERTIAN PEDAGOGY


Pedagogy : The art and science of teaching children

Pendidikan anak-anak (Pedagogy) adalah sebuah sistem dimana dilakukan pengarahan, pengembangan, dan penentuan sikap moral kepada anak-anak dan berlangsung dari masa PAUD/TK hingga SMA oleh karena itu, biasanya cenderung masih dalam pengarahan menentukan sikap.

PENGERTIAN ANDRAGOGY


Andragogy : The art and science of helping adult learn 

Kata "Andragogy" berasal dari bahasa Yunani "Andr" yang berarti bukan anak-anak (dewasa) dan "Agogus" yang memiliki arti mengarahkan diri. Dengan begitu, kita dapat mengetahui bahwa Andragogy adalah sistem pembelajaran orang dewasa yang mandiri. Dari definisi diatas, maka sistem andragogy ini menitikberatkan kepada "bantuan" terhadap pembelajaran orang dewasa.

Pendidikan orang dewasa adalah sebuah proses dimana peserta didik (orang dewasa) mengikuti pembelajaran dengan teratur dan pola belajarnya masing-masing sesuai kebutuhannya dalam memecahkan suatu masalah. Dalam studi kasus, orang dewasa (diatas 16 tahun) memiliki kemampuan menyesuaikan pola pikir ketika terjadi perubahan yang signifikan terhadap dinamika informasi, serta sudut pandang, yang mereka alami dari pola pikirnya, hingga mendapatkan pengetahuan dari kejadian yang sudah dilalui.

KARAKTERISTIK SISTEM PEMBELAJARAN PEDAGOGY DAN ANDRAGOGY 


Pedagogy memiliki karakteristik / ciri khusus berikut :


  • Diimplementasikan pada anak-anak (usia 16 tahun kebawah)
  • Menggunakan pola pengajaran "Full of control" atau terkontrol penuh oleh pengajar
  • Dalam bahasa komunikatif, cenderung memakai istilah "anak-anak" seperti : "Anak-anak, ada yang tahu pengertian fotosintesis ?......"

Andragogy juga memiliki karakteristik berikut :


  • Diimplementasikan pada orang dewasa (usia 16 tahun keatas)
  • Menggunakan metode "Self directedness" atau terkontrol mandiri oleh peserta didik sendiri
  • Dalam berkomunikasi, menggunakan istilah "saudara-saudara" seperti "Seperti yang saudara ketahui, bahwa fotosintesis dalam sebuah riset......"
Sistem pembelajaran Pedagogy dan Andragogy harus kita ketahui, agar kita dapat dengan siap menyesuaikan ketika proses pembelajaran anak-anak Pedagogy telah usai, maka harus menyesuaikan dan membiasakan dengan metode pembelajaran dewasa Andragogy. Semoga artikel tentang Pedagogy dan Andragogy dapat membantu bagi pencari informasi.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi