Dalam dunia pendidikan, kita mengenal sistem pembelajaran yang diterapkan. Nah, dalam artikel kali ini kita akan memahami Pengertian Pedagogy dan Andragogy, serta bagaimana karakteristik pendidikan anak-anak (Pedagogy) dan pendidikan orang dewasa (Andragogy). Dalam mengajar anak-anak, kita tentunya harus menerapkan berbagai pola dalam menyampaikan ilmu, bisa dengan bentuk pendekatan, pengenalan, serta proses peniruan. Tentunya pola-pola ini dikembangkan menyesuaikan dengan tingkat emosional dan pemahaman peserta didik. Sedangkan sistem mengajar orang dewasa berbeda. Dalam penerapannya, mengajar orang dewasa cenderung lebih mandiri. Ini dikarenakan, orang dewasa memiliki potensi "Self directedness" (Kemandirian dalam mengatur sesuatu) dan memiliki unsur "Learner Experience" (Pengalaman peserta didik) yang mendominasi cara belajar mereka.
Pendidikan anak-anak (Pedagogy) adalah sebuah sistem dimana dilakukan pengarahan, pengembangan, dan penentuan sikap moral kepada anak-anak dan berlangsung dari masa PAUD/TK hingga SMA oleh karena itu, biasanya cenderung masih dalam pengarahan menentukan sikap.
Kata "Andragogy" berasal dari bahasa Yunani "Andr" yang berarti bukan anak-anak (dewasa) dan "Agogus" yang memiliki arti mengarahkan diri. Dengan begitu, kita dapat mengetahui bahwa Andragogy adalah sistem pembelajaran orang dewasa yang mandiri. Dari definisi diatas, maka sistem andragogy ini menitikberatkan kepada "bantuan" terhadap pembelajaran orang dewasa.
Pendidikan orang dewasa adalah sebuah proses dimana peserta didik (orang dewasa) mengikuti pembelajaran dengan teratur dan pola belajarnya masing-masing sesuai kebutuhannya dalam memecahkan suatu masalah. Dalam studi kasus, orang dewasa (diatas 16 tahun) memiliki kemampuan menyesuaikan pola pikir ketika terjadi perubahan yang signifikan terhadap dinamika informasi, serta sudut pandang, yang mereka alami dari pola pikirnya, hingga mendapatkan pengetahuan dari kejadian yang sudah dilalui.
Pedagogy memiliki karakteristik / ciri khusus berikut :
Andragogy juga memiliki karakteristik berikut :
PENGERTIAN PEDAGOGY
Pedagogy : The art and science of teaching children
PENGERTIAN ANDRAGOGY
Andragogy : The art and science of helping adult learn
Pendidikan orang dewasa adalah sebuah proses dimana peserta didik (orang dewasa) mengikuti pembelajaran dengan teratur dan pola belajarnya masing-masing sesuai kebutuhannya dalam memecahkan suatu masalah. Dalam studi kasus, orang dewasa (diatas 16 tahun) memiliki kemampuan menyesuaikan pola pikir ketika terjadi perubahan yang signifikan terhadap dinamika informasi, serta sudut pandang, yang mereka alami dari pola pikirnya, hingga mendapatkan pengetahuan dari kejadian yang sudah dilalui.
KARAKTERISTIK SISTEM PEMBELAJARAN PEDAGOGY DAN ANDRAGOGY
Pedagogy memiliki karakteristik / ciri khusus berikut :
- Diimplementasikan pada anak-anak (usia 16 tahun kebawah)
- Menggunakan pola pengajaran "Full of control" atau terkontrol penuh oleh pengajar
- Dalam bahasa komunikatif, cenderung memakai istilah "anak-anak" seperti : "Anak-anak, ada yang tahu pengertian fotosintesis ?......"
Andragogy juga memiliki karakteristik berikut :
- Diimplementasikan pada orang dewasa (usia 16 tahun keatas)
- Menggunakan metode "Self directedness" atau terkontrol mandiri oleh peserta didik sendiri
- Dalam berkomunikasi, menggunakan istilah "saudara-saudara" seperti "Seperti yang saudara ketahui, bahwa fotosintesis dalam sebuah riset......"