22 Oktober 2019

Koperasi Digital Memberdayakan Generasi Milenial

Zaman ini merupakan sebuah masa kemajuan yang begitu pesat. Bayangkan saja, berbagai inovasi bermunculan dalam segala bidang dengan berbagai macam upaya mengkombinasikannya dengan perkembangan industri 4.0. Oleh karena itu, generasi milenial, dalam hal ini masyarakat yang terbuka dan memanfaatkan teknologi dengan maksimal, tentu menjadikan teknologi digital sebagai batu loncatan menuju kesuksesan. Termasuk didalamnya kesuksesan berwirausaha didalam sebuah koperasi.

Jika dulu, kita hanya berpikiran, bahwa koperasi itu hanya sebuah forum mengembangkan bisnis untuk kesejahteraan anggotanya dengan metode konvensional dan tradisional. Namun, saat ini, koperasi ikut ber-evolusi mengikuti zaman digital. Di masa transisi inilah membawa peningkatan dan kemajuan ekonomi bangsa.


Bahkan, berdasarkan informasi yang didapat dari pikiran-rakyat.com menjelaskan bahwa kontribusi koperasi terhadap ekonomi bangsa, dalam hal ini PDB meningkat hingga 5,1%. Dalam peningkatan tersebut, didalamnya terdapat indikator yang berpengaruh, yakni generasi milenial dan koperasi digital. Kedua unsur ini berperan penting lho, dalam memajukan perekonomian di Indonesia. Peran pentingg koperasi digital akan dijelaskan pada artikel kali ini. Saya berharap teman-teman enjoy dalam membacanya

Teman-teman.. Kalian sudah tau, belom?

Ternyata.. Generasi milenial di Indonesia merupakan generasi yang memiliki potensi untuk berwirausaha tertinggi di Asia Tenggara lho, menurut riset dari Sea Group yang bekerja sama dengan World Economic Forum (WEF). Yakni sebesar 25,7%. Mungkin teman-teman pembaca yang budiman salah satunya yang memiliki potensi tersebut. Nah, menjadi entrepeneur atau pengusaha yang sukses nyatanya menjadi impian mayoritas generasi milenial.
Dengan kata lain, banyak dari mereka yang termotivasi untuk menjadi mandiri sedari dini. Terlebih, dengan kemampuan digital yang mumpuni, mereka mampu menciptakan inovasi baru, salah satunya  dalam mengembangkan koperasi digital.

Sistem koperasi digital tidak hanya membuat sebuah aplikasi untuk memudahkan berkoperasi, namun juga meliputi strategi bisnis baru, dan membentuk kemitraan yang positif serta memiliki tujuan yang jelas. Kemampuan generasi milenial kini mengimplementasikan kemampuan kewirausahaan mereka dalam wadah yang komplit.

Media sosial yang begitu dekat dengan generasi milenial mampu menjadi sebuah media pengenalan yang standar terhadap pengelolaan katalog barang yang dijual di koperasi. Sehingga, pemberdayaan tersebut dinilai mampu mengembangkan potensi kemajuan ekonomi di Indonesia.

Di era evolusi teknologi ini, masyarakat semakin canggih teknologi, mulai dari yang dasar, seperti memanfaatkan media sosial, hingga menciptakan situs untuk kecanggihan dan kemudahan akses, bahkan juga tidak menutup kemungkinan dapat menciptakan kreasi aplikasi baru. Karena kita semua tahu, sifat teknologi yang dinamis dan terus bergerak menuju yang lebih baik. Sehingga, generasi milenial memiliki peluang yang besar untuk menemukan inovasi baru tersebut.

Pada akhir artikel kali ini, saya memberikan sebuah kesimpulan bahwa keberadaan generasi milenial sangat berpengaruh dalam pengembangan koperasi digital. Semakin meningkat kuantitas generasi milenial, tentu bisa meningkatkan peningkatan kemajuan ekonomi bangsa.

Related Posts

2 komentar:

  1. Keren gan ulasan-ulasan artikel nya... menarik dan inspiratif banget :)

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi