T16.52

Membangun Negeri Maju dengan Transportasi Canggih dan Bermutu

Kemajuan Negeri Berawal dari Kemajuan Transportasi


Sebagai negara dengan sejuta keindahan, tentu Indonesia menjadi sasaran empuk para pelancong domestik maupun mancanegara yang hendak menemukan "ketenangan" tersendiri sambil menikmati keindahan alam yang begitu luar biasa. Sehingga membuat banyak wisatawan yang tertarik dengan Indonesia. Bahkan, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun ini naik sebesar 2,67%. Sehingga, ketika dihitung, wisatawan yang mengunjungi Indonesia sebanyak 10,87 juta kunjungan pada tahun 2019.


Pencapaian angka yang luar biasa ini tidak luput dari peran penting kecanggihan transportasi yang ada. Transportasi memegang salah satu peranan penting dalam mengangkat sektor industri. Bisa dibayangkan, bagaimana wisatawan mengunjungi destinasi wisata di Indonesia tanpa menggunakan transportasi? Tentu karena alasan itulah, maka transportasi menjadi bagian dari kemajuan di Indonesia. Bagaimana dengan pengembangannya sendiri dalam memajukan sektor pariwisata? Berikut salah satu contohnya

Salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa adalah Karimunjawa. Sebagai pulau dengan julukan The Paradise of Java ini, tentu mendapakan perhatian khusus dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia untuk mendapatkan target maksimal dalam menggaet pasar pariwisata. Pada 18 Oktober 2019 kemarin, telah dibangun 2 bandara yakni bandara Ngloram dan Dewadaru untuk menjadi saran penunjang dan menjadi kemudahan bagi para pelancong untuk mendapatkan akses ke destinasi wisata di Jawa Tengah dengan mudah. Hal ini mengindikasikan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah agar bisa mendapatkan devisa negara yang maksimal.
Bukti menarik lainnya dari kombinasi transportasi dalam pengembangan wisata adalah adanya inovasi "Suroboyo Bus". Saya mengatakan inovasi ini adalah kemajuan dalam bidang transportasi karena, bus ini bisa membawa kita menjelajahi kota Surabaya lebih dekat, dan biaya karcisnya hanya dengan mengumpulkan sampah botol plastik untuk ditukar dengan satu tiket. Sehingga dengan begitu, akan mengurangi sampah ibukota provinsi Jawa Timur ini, dan dapat menjadi alternatif untuk keluar dari masalah kemacetan.

Dalam 5 tahun terakhir, kinerja transportasi di Indonesia meningkat secara signifikan dan baik, ditambah kesadaran masyarakat akan pentingnya transportasi sebagai kunci utama memajukan berbagai sektor membuat banyak sekali kemajuan dari berbagai bidang yang ada. Bukti kemajuan bangsa karena kemajuan transportasi adalah sektor industri dan ekonomi.

Dalam melakukan kegiatan ekonomi, tentu tidak lepas dari ketiga unsur utama, yakni produsen, konsumen, dan distributor. Tentunya, ketiganya memiliki peran yang sangat penting untuk menjalankan aktivitas ini. Transportasi sebagai alat yang dimanfaatkan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya ternyata berdampak terhadap kemajuan industri dan ekonomi di Indonesia.
Dengan adanya sistem jual beli secara daring (online) menjadikan komponen logistik pengiriman barang sebagai sebuah layanan yang selalu diikutsertakan dalam kegiatan jual beli. Para penjual akan menggunakan jasa tersebut untuk mengantarkan pesanan sesuai alamat, selain itu, transportasi yang maju saat ini pun dapat di-track dengan mudah menggunakan kode tracking yang bisa dicek di masing-masing situs penyedia jasa tersebut.

Dalam mengentas kemiskinan, negara patut bangga, karena sistem transportasi online yang ada di Indonesia bahkan bisa masuk dalam jajaran unicorn startup dimana dapat menjadi bukti keberhasilan sektor transportasi dalam mengangkat ekonomi bangsa. Dengan masyarakat yang semakin terbuka akan masuknya teknologi dalam negeri, masyarakat mampu mengambil pandangan untuk memanfaatkan transportasi online sebagai pekerjaan mereka.

Dalam konteks industri digital, pemberdayaan jasa transportasi online tidak hanya membantu mengangkat ekonomi masyarakat, namun lebih dari itu. Yakni adanya kepuasan dalam otonomi bekerja. Sehingga, mereka lebih memaknai pekerjaan, bahwa transportasi di Indonesia sudah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga dalam kurun waktu yang singkat saja mampu menjadi sebuah trend yang dapat mengentas kemiskinan mayoritas mitra.

Jadi, pada intinya.. Dengan mengikuti perubahan zaman, transportasi di Indonesia mampu beradaptasi, bahkan ber-evolusi menjadi lebih baik. Seperti halnya dapat mempermudah kunjungan wisata dari turis asing, bahkan hingga mampu menjadi titik tumpu ekonomi bangsa. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa kami sebagai masyarakat modern senantiasa mendukung peningkatan inovasi dari dunia transportasi. Kami senantiasa mendukung setiap kemajuan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa kedepannya.

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut:

SITUS RESMI KEMENHUB : http://dephub.go.id

Related Posts