20 Oktober 2019

Membangun Negeri Maju dengan Transportasi Canggih dan Bermutu

Kemajuan Negeri Berawal dari Kemajuan Transportasi


Sebagai negara dengan sejuta keindahan, tentu Indonesia menjadi sasaran empuk para pelancong domestik maupun mancanegara yang hendak menemukan "ketenangan" tersendiri sambil menikmati keindahan alam yang begitu luar biasa. Sehingga membuat banyak wisatawan yang tertarik dengan Indonesia. Bahkan, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun ini naik sebesar 2,67%. Sehingga, ketika dihitung, wisatawan yang mengunjungi Indonesia sebanyak 10,87 juta kunjungan pada tahun 2019.


Pencapaian angka yang luar biasa ini tidak luput dari peran penting kecanggihan transportasi yang ada. Transportasi memegang salah satu peranan penting dalam mengangkat sektor industri. Bisa dibayangkan, bagaimana wisatawan mengunjungi destinasi wisata di Indonesia tanpa menggunakan transportasi? Tentu karena alasan itulah, maka transportasi menjadi bagian dari kemajuan di Indonesia. Bagaimana dengan pengembangannya sendiri dalam memajukan sektor pariwisata? Berikut salah satu contohnya

Salah satu destinasi wisata yang memiliki potensi luar biasa adalah Karimunjawa. Sebagai pulau dengan julukan The Paradise of Java ini, tentu mendapakan perhatian khusus dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia untuk mendapatkan target maksimal dalam menggaet pasar pariwisata. Pada 18 Oktober 2019 kemarin, telah dibangun 2 bandara yakni bandara Ngloram dan Dewadaru untuk menjadi saran penunjang dan menjadi kemudahan bagi para pelancong untuk mendapatkan akses ke destinasi wisata di Jawa Tengah dengan mudah. Hal ini mengindikasikan sebuah upaya yang dilakukan pemerintah agar bisa mendapatkan devisa negara yang maksimal.
Bukti menarik lainnya dari kombinasi transportasi dalam pengembangan wisata adalah adanya inovasi "Suroboyo Bus". Saya mengatakan inovasi ini adalah kemajuan dalam bidang transportasi karena, bus ini bisa membawa kita menjelajahi kota Surabaya lebih dekat, dan biaya karcisnya hanya dengan mengumpulkan sampah botol plastik untuk ditukar dengan satu tiket. Sehingga dengan begitu, akan mengurangi sampah ibukota provinsi Jawa Timur ini, dan dapat menjadi alternatif untuk keluar dari masalah kemacetan.

Dalam 5 tahun terakhir, kinerja transportasi di Indonesia meningkat secara signifikan dan baik, ditambah kesadaran masyarakat akan pentingnya transportasi sebagai kunci utama memajukan berbagai sektor membuat banyak sekali kemajuan dari berbagai bidang yang ada. Bukti kemajuan bangsa karena kemajuan transportasi adalah sektor industri dan ekonomi.

Dalam melakukan kegiatan ekonomi, tentu tidak lepas dari ketiga unsur utama, yakni produsen, konsumen, dan distributor. Tentunya, ketiganya memiliki peran yang sangat penting untuk menjalankan aktivitas ini. Transportasi sebagai alat yang dimanfaatkan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya ternyata berdampak terhadap kemajuan industri dan ekonomi di Indonesia.
Dengan adanya sistem jual beli secara daring (online) menjadikan komponen logistik pengiriman barang sebagai sebuah layanan yang selalu diikutsertakan dalam kegiatan jual beli. Para penjual akan menggunakan jasa tersebut untuk mengantarkan pesanan sesuai alamat, selain itu, transportasi yang maju saat ini pun dapat di-track dengan mudah menggunakan kode tracking yang bisa dicek di masing-masing situs penyedia jasa tersebut.

Dalam mengentas kemiskinan, negara patut bangga, karena sistem transportasi online yang ada di Indonesia bahkan bisa masuk dalam jajaran unicorn startup dimana dapat menjadi bukti keberhasilan sektor transportasi dalam mengangkat ekonomi bangsa. Dengan masyarakat yang semakin terbuka akan masuknya teknologi dalam negeri, masyarakat mampu mengambil pandangan untuk memanfaatkan transportasi online sebagai pekerjaan mereka.

Dalam konteks industri digital, pemberdayaan jasa transportasi online tidak hanya membantu mengangkat ekonomi masyarakat, namun lebih dari itu. Yakni adanya kepuasan dalam otonomi bekerja. Sehingga, mereka lebih memaknai pekerjaan, bahwa transportasi di Indonesia sudah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga dalam kurun waktu yang singkat saja mampu menjadi sebuah trend yang dapat mengentas kemiskinan mayoritas mitra.

Jadi, pada intinya.. Dengan mengikuti perubahan zaman, transportasi di Indonesia mampu beradaptasi, bahkan ber-evolusi menjadi lebih baik. Seperti halnya dapat mempermudah kunjungan wisata dari turis asing, bahkan hingga mampu menjadi titik tumpu ekonomi bangsa. Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa kami sebagai masyarakat modern senantiasa mendukung peningkatan inovasi dari dunia transportasi. Kami senantiasa mendukung setiap kemajuan yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa kedepannya.

Dapatkan Informasi Lebih Lanjut:

SITUS RESMI KEMENHUB : http://dephub.go.id

Related Posts

76 komentar:

  1. wuih keren banget Suroboyo Bus, hanya dengan bermodalkan sampah plastik kita bisa menukarnya dengan 1 tiket. Hal tersebut juga berdampak sangat bagus pastinya dalam mengurangi sampah plastik ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu dia mas... Keren banget kan ya? Ini yang membuat Transportasi di Indonesia jadi maju

      Hapus
  2. Karimunjawa destinasi yang ingin saya kunjungi tapi blm kesampaian. Menyajikan Keindahalan alam yang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas, untuk mengunjunginya sekarang sudah semakin mudah karena sudah disediakan bandara disana. Jadi mantap ya

      Hapus
  3. Andai saja Suroboyo Bus juga diterapkan di kota kota lain.. Mungkin sampah plastik bisa berkurang dan menjadikan lingkungan semakin lestari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu merupakan langkah awal yang harus diapresiasi mas, mungkin kedepannya otoritas setempat bakal melakukan hal yang sama untuk mengatasi masalah kemacetan dan sampah yang banyak. Saya rasa ini pencapaian yang luar biasa :)

      Hapus
  4. Memang transportasi penting buat kita kemana-mana ya sol. Moga makin luas jangkauan infrastruktur yang dibangun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups, bener... Penting banget koh, transportasi bisa memajukan sektor ekonomi dan pariwisata hehehehe

      Hapus
  5. Asik juga tuh program suroboyo busnya. Semoga daerah lain segera mencontoh inovasi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah bukti kemajuan transportasi di Indonesia kak

      Hapus
  6. Semoga semakin baiknya transportasi massal di Indonesia semakin mampu mengendallikan kemacetan terutama di kota-kota besar juga ya bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps bener mbak, semoga bisa jadi cara untuk keluar dari kemacetan. Amin...

      Hapus
  7. Gak dipungkiri lagi, transportasi online sudah menjadi trend baru bagi kehidupan masyarakat. Apalagi sekarang kita tidak bisa lepas dari gawai masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, jadi peningkatan transportasi seiring dengan perkembangan zaman ya mbak

      Hapus
  8. Emang yaa.. Kebanyakan negara yang maju destinasi wisatanya pasti punya transportasi yang Bagus dan terintegrasi.

    Untungnya pemerintah juga udah menyadari hal itu.

    Kemudahan transportasi pasti bikin nyaman warga lokal dan wisatawannya soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sip, bener banget. Transportasi harus terintegrasi dengan baik mbak untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata

      Hapus
  9. Zaman sekarang mobilitas memang tingi ya sehingga transportasi yang maju emang perlu banget. Semoga pembangunan dan jangkauan transportasi di Indonesia bisa terus lebih baik kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... Dukung terus kinerja baik pemerintah kak

      Hapus
  10. Wahh keren juga klo bisa ada di Medan.
    Secara masih blm tinggi kesadaran mengenai sampah di masyarakat sini.

    Kalo sampah plastiknya bisa dituker tiket transport umum, pastti de pada nyimpen, ga akan dibuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera diatasi ya mbak, semoga muncul inovasi yang lebih brilian kedepannya

      Hapus
  11. Emang inovasi banget Suroboyo Bus. Waktu itu aku pernah mencobanya juga loh. Sayngnya masih coba jenis bus yang satu tingkat, padahal pengen juga ngerasain bus yang bertingkat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dah ada yang dua tingkat ya mas, wuih, rasa London itu mah

      Hapus
  12. Suroboyo Bus ini pancen oye. Bayangkan, tiket masuknya adalah sampah botol plastik, kan keren banget. Sayang belum pernah nyobain, mudah2an nanti bisa deh pengen traveling ke Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, pancen keren banget, tak doain semoga kita bisa sama-sama nyobain

      Hapus
  13. Wahh salfok sama Suroboyo bus,
    Mudah-mudahan bisa diikuti kota lain, khususnya kotaku, Medan tercinta yang kemarin dapat predikat kota terjorok 🙈😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semoga inovasi ini bisa diterapkan di kota lain ya kak

      Hapus
  14. Kemudahan sarana transportasi sangat dibutuhkan untuk perkembangan sektor pariwisata karena wisatawan pasti ingin ke tempat wisata yang relatif mudah dijangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, oleh karena itu, pemerintah memerhatikan pembangunan infrastruktur untuk kemajuan transportasi di Indonesia

      Hapus
  15. Setuju sekali. Transportasi yang memadai adalah kunci kemajuan sebuah negeri. Sudah tepat jika pemerintah memberi perhatian lebih pada sektor ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali kak, itu kunci memajukan bangsa

      Hapus
  16. Setuju,makanya banyak twmpat2 menarik yg blm di ekplore karena terhambat transportasi..

    Klo teansportasinya maju, maka pariwisatanya akan maju juga

    BalasHapus
  17. Sekarang dimudahkan banget ya soal transportasi. Kemana aja bukan masalah lagi. Artinya harus lebih rajin menabung yaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener banget mbak, Alhamdulillah, transportasi sangat membantu kemajuan bangsa

      Hapus
  18. Kalau transportasi mudah, kemana-mana enggak susah. Juga transportasi yang canggih dan bermutu bikin negara makin maju!

    BalasHapus
  19. Ini kl dari perspektif SDG's sejalan sekali. Membangun negara agar berhasil mengentaskan kemiskinan. Salah satunya dengan transportasi yg mudah dan murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, membangun negara dimulai dari sektor transportasinya mbak

      Hapus
  20. well salah satu yang menjadi kemudahan akses memag transportasi sih, dan perkembangan ini udah mulai terlihat, semoga ke depannya jadi spt d negara maju bukan hanya fasilitas tp diikuti SDMny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin..... Fasilitas semoga semakin digital kedepannya

      Hapus
  21. Bener banget ini mah, dengan transportasi yang memadai, secara tidak langsung memajukan negeri ini.
    Apalagi didukung dengan SDM yang baik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bener banget, hal itu dapat membantu kemajuan negeri

      Hapus
  22. Transportasi ini memang peranan yang sangat penting bagi kemajuan sebuah daerah ya mas. Kalo transportasinya maju, segalanya juga ikut maju dan dampaknya pun amat baik bagi kemajuan masyarakatnya juga

    BalasHapus
  23. Yup aku juga setuju,sistem jual beli secara daring (online) menjadikan komponen logistik pengiriman barang sebagai sebuah layanan yang selalu diikutsertakan dalam kegiatan jual beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi kemajuan di bidang transportasi sangat menonjol ya mbak

      Hapus
  24. Memang, Mas. Salah satu penunjang wisata berkembang itu adalah akses ke sana. Transportasi ke sana dan jalanan pendukung. Jadi walau jauh, karena ke sananya lamcar jaya, maka orang akan senang. Dan sesuai pengalaman saya, tempat wisata yang agak kurang pengunjung, karena akses ke sananya masih sulit.

    Dan saya juga pengin nyobain nih BUs Surabaya. Pas ke Surabaya belum ada. Padahal keren, bisa mutar-mutar keliling Surabaya hehehe.

    BalasHapus
  25. Jangan jauh-jauh, dek. Bahkan persoalan di Jember pun apabila akses seperti di Pantai Payangan misalkan bisa ditunjang dg transportasi canggih tentu bisa lebih pesat ya, hehee.
    Tapi kalau di kota Surabaya, aku pun juga tertarik untuk naik Bus Suroboyo itu, Kalau kata Mbak Nurul, "Mudah, karena kita cukup menggnakan botol bekas air mineral aja lahh kan tambah bikin mupeng itu hehehe
    Thankis dehh buat artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah hooh mbak, aku pun ingin naik Suroboyo bus juga hehehe

      Hapus
  26. Masalah transportasi memang harus jadi prioritas utama karena berkaitan dengan mobilitas rakyat Indonesia. itu merupakan pilar penopang perekonomian bangsa.
    Semoga sarana transportasi lebih memadai di wilayah lainnya yang masih tertinggal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.... Selaku support kemajuan transportasi di Indonesia

      Hapus
  27. Setuju sih. Transportasi tu hal yang penting bagi perkembangan daerah. To di daerahku transportasi umum sudah berkurang karena minat warga yg lbh menjunjung tinggi gengsi jd lbh pilih naik kendarasn sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah semoga kedepannya banyak yang sadar mengurangi kemacetan dengan menggunakan transportasi umum yang sudah ada

      Hapus
  28. Setuju, transportasi itu jadi penentu sebenarnya dalam perekonomian, memudahkan dalam tataniaga pertanian dan barang.Walau masih belu merata, semoga kedepannya terus maju.

    BalasHapus
  29. Hmmm transportasi di Indonesia yang aku akui udah oke itu kereta api hehe :D
    Dari yang dulu kereta ekonomi bau dll, skrng udah oke banget. Cara pesan tiket pun gampang.
    Kalau di Jakarta sih layanan angkutan umum jg makin ok, yg daerah ini kyknya masih banyak PR. Plus pesawat, betapa sedihnya aku negeri kepulauan ini kok tiket pesawat harganya gak masuk akal :(
    Moga pak menhub yang baru dilantik mengevaluasi kinerjanya lima tahun krn dan kebijakannya lebih baik lagi dr sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, kemajuan kereta api emang patut diacungi jempol mbak

      Hapus
  30. Start up di bidang transportasi memang menjadi inovasi yang luar biasa. Bukan hanya menjadi penggerak ekonomi kelas menengah dan atas, malah langsung dinikmati seluruh khalayak masyarakat. User dan driver sama-sama untung.

    Semoga semakin maju negaraku

    BalasHapus
  31. Surabaya Bus ini memang inovasi yang menarik dari pemkot Surabaya. Semoga bisa diteruskan dan diterapkan diseluruh kota di Indonesia agar tidak ada lagi yang namanya calo

    BalasHapus
  32. Desainnya menarik nih sukaaa, btw lima tahun ini memang pergerakan transportasi pembangunannya banyak banget, yang sudah bisa dirasakan langsung berkurang jauh calo di terminal, stasiun atau bandara, dan terasa makin nyaman banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kalau suka desainnya mbak, iya nih biar berkurang calo begituan

      Hapus
  33. Soal transportasi itu saya paling suka waktu tinggal di Ambon, Makassar, dan Bandung. Dulu tuh kemana-mana enak, semua rute dicover sama transportasi umum. Sekarang sejak orang-orang bisa mudah memiliki kendaraan sendiri, perlahan transportasi umum pun berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... Bener, yang harus diubah pola pikir masyarakatnya. Adanya transportasi umum kan untuk mengurangi kemacetan

      Hapus
  34. Penataan transportasi umum menurut saya belum merata di Indonesia.di daerah pelosok masih belum tertata dan tersentuh akan kenikmatan ber trasportasi umum. Tapi yang mungkin udah dirasakan oleh masyarakat pelosok adalah transportasi ekpedisi/pengiriman, dan itu termasuk dari bagian transportasi juga kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kedepannya kita menunggu inovasi Transportasi yang menyeluruh, selama ini kita harus apresiasi juga mas, karena perkembangannya sudah patut diacungi jempol

      Hapus
  35. Dengan adanya ekpesdisi mampu membuat masyarakat merasakan barang-barang bagus apalagi sekarang banyak penjual online atau daring online di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi mempermudah kehidupan manusia ya mas :)

      Hapus
  36. Penting banget sih emang transpprtasi ini. Tempat wisata di nusantara pasti bakal lebih terekspose kalau transpprtasi terus dibenahi. Suroboyo Bus itu menarik ya, bayar karcis pake sampah, jadi pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, transportasi emang penting banget kak.. Harus terus dibenahi dari masa ke masa. Oh iya, tentang Suroboyo Bus, kuy lah nyoba mas

      Hapus
  37. Transporatsi memang hal yang sangat penting karena memiliki manfaat menghubungkan daerah yang satu dengan yang lain, transportasi lancar semua bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyups, bener banget mase... Yuk dukung kemajuan transportasi Indonesia

      Hapus
  38. Wahh keren banget nih, harus bisa diterapkan di semua kota nih

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi