6 November 2019

Beginilah 5 Teknik Obati Kram Haid. Kamu Harus Tahu

 Kondisi kram perut dapat terjadi dikarenakan tubuh mengalami perubahaan selama periode menstruasi, kontraksi dinding rahim biasanya akan lebih kuat agar lapisan rahim bisa mengalirkan darah menstruasi. Terdapat beberapa cara mengobati kram perut saat haid, tentunya untuk membua Anda nyaman ketika beraktivitas.

Dinding rahim akan menekan pembuluh darah yang melapisi rahim ketika berkontraksi, sehingga dapat memutus aliran darah yang sedang dalam perjalanan mengantarkan oksigen ke rahim. Sehingga memutus aliran darah yang menyebabkan rendahnya kadar oksigen dalam rahim, dan memunculkan zat prostalglandin yang memicu nyeri.

Cara Obati Nyeri Menstruasi 

Beberapa cara mudah ini dapat dilakukan untuk mengatasi kram perut saat haid, merasakan rasa nyeri saja sudah membuat Anda malas untuk melakukan aktivitas. Unuk itu, beberapa cara ini muncul agar membuat Anda semakin tidak menderita ketika dalam masa menstruasi.

1. Banyak Minum 

Banyak mengonsumsi air putih menjadi cara alternatif pertama yang dapat Anda lakukan, siapkan satu botol air putih yang bisa dibawa berpergian. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon agar dapat menggugah selera minum air di botol tersebut.

2. Konsumsi Makanan (Yang Sesuai)

Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang dan biji-bijian sangat direkomendasikan ketika Anda dalam masa menstruasi. Sangat disarankan untuk menghindari makanan berlemak, seperti gorengan hingga makanan cpat saji.

3. Kompres Hangat Bagian Kram

Ketika Anda tidak mulai tahan dengan rasa nyeri, dapat dilakukan teknik mengompres dengan air hangat pada bagian yang terasa sangat nyeri dan sakit. Sensasi hangat akan membuat Anda jauh lebih merasa santai dan rileks ketika mensruasi tiba, info selengkapnya disini.

4. Pijat Bagian Kram

Selain dikompres dengan air hangat, Anda juga bisa memijat lembut area perut bawah dengan gerakan memutar secara pelahan-lahan dan tidak menekan dengan kuat. Tambahkan minyak aromaterapi ketika memijat, hal ini juga dapat membuat Anda merasa semakin rileks.

5. Aktif Bergerak

Rasa nyeri dan tidak nyaman ketika menstruasi pasti membuat Anda males untuk bergerak, sebaliknya Anda harus banyak aktif bergerak seperti berolahraga lari, jalan santai hingga aerobik. Karena produksi endorfin tubuh ketika berolahraga mampu mengurangi rasa sakit.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi