12 Desember 2019

10 Makanan Khas Seoul Paling Enak yang Harus Kamu Coba


Seoul merupakan sebuah kota di Korea Selatan yang selalu diimpikan para wisatawan saat ke sana. Bisa dibilang Seoul kini menjadi target utama para wisatawan yang hendak liburan ke Korea. Tak hanya mempunyai destinasi wisata alam dan kota yang kece seperti yang sering kita lihat dalam drama, Korea juga punya seabrek jenis makanan atau kuliner yang bisa memanjakan lidah kita. Mau tahu makanan khas Seoul paling enak? Langsung aja nih dibaca.

Daftar Makanan Khas Seoul Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan


Kalau kalian pergi ke Seoul jangan lupa memanjakan lidah dengan sejumlah kuliner khas kota ini. Dijamin bakal bikin ketagihan. Berikut 10 makanan khas Seoul yang tak boleh terlewatkan.

1. Naeng Myeon

Hasil gambar untuk naengmyeon
sumber : edunews.id

Kuliner satu ini berbentuk mie khas Korea yang dibuat dengan bahan-bahan seperti soba, kentang, dan juga ubi. Uniknya NaengMyeon dibuat dengan tangan sendiri, disajikannya dengan kaldu dingin dan tambahan pelengkap lainnya seperti pir Korea, acar lobak, dan juga telur rebus. Mie unik ini awalnya adalah makanan yang berasal dari Pyongyang, Korea Utara.

2. Jjampong

Hasil gambar untuk jjampong
sumber: idntimes

Makanan khas Seoulpaling enak yang kedua adalah kuliner pedas bernama Jjampong. Masih dari 
olahan mie yang direbus dengan kaldu pedas dengan tambahan seafood di dalamnya. Makanan ini hasil dari peranakan Korea-Tiongkok.


3. Jajangmyeon


Gambar terkait
sumber: englishspectrum

Jajangmyeon sudah jadi makan khas Korea yang cukup populer karena sering muncul di berbagai drama Korea. Mie Korea satu ini cocok untuk kamu yang tidak suka makanan pedas. Mie satu ini terbuat dari tepung gandum yang diaduk dengan saus kacang hitam asin dengan pilihan pelengkap daging, seafood, dan juga sayuran.

4. Samgyetang

Hasil gambar untuk samgyetang
sumber : koreanbapsang

Makan khas Korea Selatan satu ini merupakan ayam utuh yang diisi dengan beras ketan dan dimasak dengan kaldu ginseng asli Korea. Biasanya juga ditambah dengan rempah lain seperti bawang putih, jahe, dan kacang ginko. Samgyetang biasanya cocok sekali dinikmati saat musim panas.


5. Doenjang Jjijae


Hasil gambar untuk doenjang soup
sumber : Asian Inspirations

Makanan satu ini adalah hidangan pokok tradisi Korea, meski begitu kamu bisa dengan mudah menemukannya di restoran-restoran yang ada di Seoul. Doenjang Jjijae adalah pasta kacang kedelai yang difermentasi yang direbus dengan sayuran dan tahu. Kuliner khas ini biasanya menjadi pendamping hidangan bulgogi, galbi, dan ikan bakar.

6. Bibimbap

Gambar terkait
sumber : girlisme

Nasi campur khas Korea ini adalah makan sehat dan rasanya lezat. Bibimbap adalah hidangan yang terdiri  dari nasi hangat yang di atasnya ada namul atau sayuran berbumbu, gochujang, dan tidak lupa kuning telur di atasnya. Sebelum dimakan, kamu wajib mencampur rata semua olahan ini menjadi satu agar rasanya makin nikmat.

7. Bulgogi

Hasil gambar untuk bulgogi
sumber : sunday supper movement

Makanan ini bahan utamanya adalah daging sapi yang dipotong tipis-tipis. Daging Bulgogi di bumbui dengan bumbu khas lalu kemudian dipanggang, setelah dipanggang daging tadi di taburi dengan wijen sebagai pelengkap. Rasa bulgogi sangat lezat dan hidangan ini sudah sangat terkenal di Korea bahkan bagi para wisatawan.

8. Tteokbokki

Gambar terkait
sumber : Allasiarecipes

Makanan khas Korea ini dibuat dengan adonan beras halus yang dicampur Gochujang, sudah pasti rasa saus pedas manis ini sangat nikmat di lidah. Tteokbokki bisa ditemukan di warung-warung pinggir jalan hingga restoran-restoran Seoul. Bisa dikatakan makanan satu ini sangat dicintai warga Korea Selatan.

9. Jap Chae

Gambar terkait
sumber : foodandwine

Orang Korea memang sangat suka sekali dengan olahan mie. Jap Chae adalah bihun yang berasal dari ubi, cara memasaknya dengan minyak wijen dan sayuran sebagai pelengkap. Sayuran tersebut misalnya wortel, bayam, dan juga jamur. Olahan mie ini bisa disajikan dalam 2 pilihan yaitu dingin dan hangat, sesuai selera.

10. Kimbap

Hasil gambar untuk kimbab
sumber : liputan6

Kimbap adalah nasi gulung dengan rumput laut kering yang isiannya terdapat berbagai jenis bahan makanan, seperti wortel, bayam, timun, telur, dan juga daging. Kuliner satu ini juga terkenal hingga Indonesia bahkan banyak orang mencoba memasaknya dirumah. Berbagai bahan yang mudah di dapat di pasar atau supermarket untuk pembuatan Kimbap adalah alasannya mengapa orang-orang gampang membuatnya.

Nah, itu tadi 10 makanan khas Seoul paling enak yang bisa jadi rekomendasi buat kamu kalau sedang liburan di Korea Selatan. Catat ya,  jangan sampai terlewatkan.

Related Posts

10 komentar:

  1. Isol. Saya jadi ingat waktu adik ipar kerja di orang Korea, sering banget nyobain kimbap dan kimchi... Rasanya cenderung asam pedas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren... Saya belum pernah nyoba mas hehehe

      Hapus
  2. mampir juga blog sastra www.sampulsastra.com

    BalasHapus
  3. Banyak juga ya ternyata makanan khas Seoul. Duh, jadi laper dan pengen makan nih.

    BalasHapus
  4. Sekilas kelihatannya enak. Bagi seorang muslim, apa semua jenis makanan di atas aman dikonsumsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kak, karena menu diatas dagingnya ayam dan sapi, rempah-rempah juga kayak biasanya sih hehehe, insyaallah halal untuk dikonsumsi

      Hapus
  5. Memandang gambar dalam tulisan ini pas jam segini jadi senyum-senyum sendiri nahan lapar. Hehehe

    Saya penasaran Jap Chae itu. Kayaknya enak.. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahan lapar, mas.... Tahan.... :) Semoga ulasan makanan khas seoul paling enak bisa membantu ya, setidaknya memberikan referensi gitu hhehe

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi