T08.24

Ini dia! 5 Boneka Tangan Unik dari Berbagai Belahan Dunia

sumber : Brimingham mail

Boneka telah dikenal sejak lama bukan hanya sebagai objek mainan anak-anak saja tetapi juga pada pertunjukan teater. Cara mengendalikannya pun sangat beragam dan yang paling banyak digunakan adalah boneka tangan. Oleh karena itu, banyak sekali boneka tangan unik dari berbagai belahan dunia yang telah menjadi salah satu warisan budaya. Banyak negara memiliki sebutan boneka tangan yang berbeda-beda.

Misalnya saja di Indonesia, salah satu jenis boneka tangan yang sangat terkenal adalah Si Unyil. Pertunjukan dari boneka tangan si Unyil tidak dibuat layaknya teater tetapi disiarkan melalui televisi. Petualangan si Unyil bersama dengan teman-teman yang merupakan karakter boneka tangan lainnya sangatlah menarik bagi anak-anak Indonesia.

Aneka Boneka Tangan Unik dari Berbagai Belahan Dunia


Si Unyil adalah salah satu karakter boneka tangan yang unik, namun di berbagai belahan dunia lainnya masih banyak karakter lainnya. Setiap boneka tangan ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Apa saja boneka tangan unik yang ada di negara lainnya?

Bunraku
Hasil gambar untuk bunraku
sumber: japan objects

Nama Bunraku sendiri lebih erat kaitannya denga seni pertunjukan atau teater boneka yang berada di Osaka, Jepang. Melalui Bunraku berbagai macam karakter boneka tangan Jepang diciptakan. Keunikan dalam boneka tangan ini terbuat dari kayu yang dibuat secara khusus. Terdapat hiasan di kepala boneka yang memperlihatkan status sosial dalam cerita. Pakaian yang digunakan untuk wanita adalah kimono dan dibuat oleh ahli kostum. Rambut yang digunakan adalah rambut manusia asli yang dibentuk untuk menciptakan karakter.

Punch dan Judy 


Merupakan nama dari pertunjukan boneka tangan dari Inggris. Boneka tangan yang digunakan dalam pertunjukan ini sangatlah unik. Tuan Punch dan Nyonya Judy adalah boneka pasangan suami istri yang menjadi pemeran utama dalam pertunjukan. Tuan Punch mengenakan pakaian berwarna biru dan selalu membawa slapstick. Keunikannya adalah bentuk wajahnya yang tirus dengan hidung panjang yang bengkok. Sedangkan Nyonya Judy mengenakan pakaian biru dengan apron dan bonnet.

Wayang Potehi 

Hasil gambar untuk wayang potehi
sumber : solopos

Disebut sebagai wayang karena merupakan pertunjukan boneka tangan dalam sebuah teater mini. Boneka tangan Potehi sudah ada sejak 3.000 tahun lalu yaitu zaman Dinasti Jin. Banyak cerita dari wayang Potehi yang memperluas karakter dari boneka menjadi lebih unik. Boneka terbuat dari kayu dan pakaiannya dari kain. Kebanyakan kepala boneka dibuat sangat unik seperti topeng berwarna-warnai sesuai karakternya dalam cerita.

Guignol 

Gambar terkait
sumber : Skyscanner

Boneka ini berasal dari Prancis yang dimainkan dalam pertunjukan boneka tangan. Pertunjukan boneka tangan Guignol sudah ada sejak tahun 1897. Dulunya pertunjukan ini diadakan di Paris untuk menghibur anak-anak dan juga orang dewasa. Keunikan dari boneka Guignol adalah memiliki hidung pendek dengan mata bulat dan karakternya yang selalu terkejut. Boneka ini diciptakan oleh Laurent Mourget yang berasal dari Lyon. Memperkuat karakternya, boneka ini menggunakan pakaian tradisional seorang petani di Perancis kala itu.

Elmo, dkk dalam Sesame Street 

Gambar terkait
sumber : http://soundslikenashville.com/

Merupakan salah satu acara edukasi yang menggunakan boneka tangan. Ada banyak sekali karakter boneka tangan yang dibuat disini. Tokoh utamanya adalah Elmo yaitu boneka berwarna biru, ada juga Big Bird dan juga Cookie Monster yang suka makan kue. Sesame Street merupakan acara edukasi yang sangat berhasil padahal yang menggunakan boneka tangan.

Masih banyak boneka tangan unik dari berbagai belahan dunia lainnya baik tradisional dan juga modern. Boneka tangan adalah media yang sangat menarik digunakan untuk menghibur anak-anak dan juga edukasi.

Related Posts