Minggu

MingguT08.24

Ini dia! 5 Boneka Tangan Unik dari Berbagai Belahan Dunia

sumber : Brimingham mail

Boneka telah dikenal sejak lama bukan hanya sebagai objek mainan anak-anak saja tetapi juga pada pertunjukan teater. Cara mengendalikannya pun sangat beragam dan yang paling banyak digunakan adalah boneka tangan. Oleh karena itu, banyak sekali boneka tangan unik dari berbagai belahan dunia yang telah menjadi salah satu warisan budaya. Banyak negara memiliki sebutan boneka tangan yang berbeda-beda.

Misalnya saja di Indonesia, salah satu jenis boneka tangan yang sangat terkenal adalah Si Unyil. Pertunjukan dari boneka tangan si Unyil tidak dibuat layaknya teater tetapi disiarkan melalui televisi. Petualangan si Unyil bersama dengan teman-teman yang merupakan karakter boneka tangan lainnya sangatlah menarik bagi anak-anak Indonesia.

Aneka Boneka Tangan Unik dari Berbagai Belahan Dunia


Si Unyil adalah salah satu karakter boneka tangan yang unik, namun di berbagai belahan dunia lainnya masih banyak karakter lainnya. Setiap boneka tangan ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak hanya disukai oleh anak-anak tetapi juga orang dewasa. Apa saja boneka tangan unik yang ada di negara lainnya?

Bunraku
Hasil gambar untuk bunraku
sumber: japan objects

Nama Bunraku sendiri lebih erat kaitannya denga seni pertunjukan atau teater boneka yang berada di Osaka, Jepang. Melalui Bunraku berbagai macam karakter boneka tangan Jepang diciptakan. Keunikan dalam boneka tangan ini terbuat dari kayu yang dibuat secara khusus. Terdapat hiasan di kepala boneka yang memperlihatkan status sosial dalam cerita. Pakaian yang digunakan untuk wanita adalah kimono dan dibuat oleh ahli kostum. Rambut yang digunakan adalah rambut manusia asli yang dibentuk untuk menciptakan karakter.

Punch dan Judy 


Merupakan nama dari pertunjukan boneka tangan dari Inggris. Boneka tangan yang digunakan dalam pertunjukan ini sangatlah unik. Tuan Punch dan Nyonya Judy adalah boneka pasangan suami istri yang menjadi pemeran utama dalam pertunjukan. Tuan Punch mengenakan pakaian berwarna biru dan selalu membawa slapstick. Keunikannya adalah bentuk wajahnya yang tirus dengan hidung panjang yang bengkok. Sedangkan Nyonya Judy mengenakan pakaian biru dengan apron dan bonnet.

Wayang Potehi 

Hasil gambar untuk wayang potehi
sumber : solopos

Disebut sebagai wayang karena merupakan pertunjukan boneka tangan dalam sebuah teater mini. Boneka tangan Potehi sudah ada sejak 3.000 tahun lalu yaitu zaman Dinasti Jin. Banyak cerita dari wayang Potehi yang memperluas karakter dari boneka menjadi lebih unik. Boneka terbuat dari kayu dan pakaiannya dari kain. Kebanyakan kepala boneka dibuat sangat unik seperti topeng berwarna-warnai sesuai karakternya dalam cerita.

Guignol 

Gambar terkait
sumber : Skyscanner

Boneka ini berasal dari Prancis yang dimainkan dalam pertunjukan boneka tangan. Pertunjukan boneka tangan Guignol sudah ada sejak tahun 1897. Dulunya pertunjukan ini diadakan di Paris untuk menghibur anak-anak dan juga orang dewasa. Keunikan dari boneka Guignol adalah memiliki hidung pendek dengan mata bulat dan karakternya yang selalu terkejut. Boneka ini diciptakan oleh Laurent Mourget yang berasal dari Lyon. Memperkuat karakternya, boneka ini menggunakan pakaian tradisional seorang petani di Perancis kala itu.

Elmo, dkk dalam Sesame Street 

Gambar terkait
sumber : http://soundslikenashville.com/

Merupakan salah satu acara edukasi yang menggunakan boneka tangan. Ada banyak sekali karakter boneka tangan yang dibuat disini. Tokoh utamanya adalah Elmo yaitu boneka berwarna biru, ada juga Big Bird dan juga Cookie Monster yang suka makan kue. Sesame Street merupakan acara edukasi yang sangat berhasil padahal yang menggunakan boneka tangan.

Masih banyak boneka tangan unik dari berbagai belahan dunia lainnya baik tradisional dan juga modern. Boneka tangan adalah media yang sangat menarik digunakan untuk menghibur anak-anak dan juga edukasi.

Related Posts

31 komentar:

  1. Wah, gak nyangka di negara Eropa kayak Inggris juga ada puppet yang terkenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak... karena mereka disana memang peradabannya jauh lebih awal kan, makanya dari sisi kebudayaan juga banyak disana

      Hapus
  2. Elmo jelas jadi favorite banget sih dari aku kecil sampe aku udah punya anak. Soalnya lebih gampang diterima visualnya kalo menurut aku, apalagi kalo anak masih balita gitu yang liat. Hehe.. Si unyil Juga ngga kalah seru tapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener mbak, adikku juga sampe sekarang suka yang mirip sama sesame street, itu yg the purchaster hotel kalo ga salah, hihihi

      Hapus
  3. Banyak tangan-tangan kreatif di dunia perbonekaan ya ternyata. Masing-masing pun punya nama sendiri, ya. Waktu kecil aku nggak pernah mainan boneka karena nggak pernah dibeliiin, wkwkwk ... kesian banget. Jadi kalau lihat boneka lucu-lucu begini tuh bawaannya kagum. Apalagi lihat kostumnya gitu, ya. Keren-kerena banget.

    Tapi sepertinya lebih cocok dimainkan sama orang dewasa nih, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada banyak sekali sentuhan peradaban yang berbeda di setiap boneka tangan yang ada di belahan dunia.

      Hapus
  4. muppet show, dulu salah satu acara yg ditunggu2. wayang potehi, pengen banget bisa nonton.

    btw tahu papermoon puppet ga? ga persis boneka tangan sih..tapi pertunjukan bonekanya cakep banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aku jarang nemuin ya mbak, atau emang di daerahku akulturasi kebudayaannya kurang kentel kali.

      Hapus
  5. Boneka Unyil dan teman-temannya memang sangat melegenda. Dulu itu, jadi tontonan wajib anak-anak. Namun mulai tidak seru, saat isi ceritanya ada pesan-pesan pembangunan hehehe.
    Dan ini seru ya, karena tiap negara punya boneka khas sendiri. Dan kalau Mas Rori ke museum Wayang di kota lama Jakarta, itu ada juga koleksi-koleksi boneka dari berbagai dunia. Termasuk ada si Unyil dan teman-temannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, seru nonton si unyil, dari aku kecil sampai sekarang masih suka nonton si unyil. Ilmu nya dapet dapet, hiburannya juga dapet

      Hapus
  6. Khusus elmo dari sesame street kayaknya gak ada matinya ya mas faisol. Bahkan mie snack sekarang juga ada si elmo nya

    BalasHapus
  7. Baca tentang boneka tangan, saya jadi inget ama boneka Susan-nya kak Ria jaman saya kecil dulu. Trus juga inget ama film boneka Chucky yang mengerikan itu. Tapi kalo unyil dan Elmo, malah lucu bonekanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang tergantung dari desain boneka tangan itu. Tapi chucky bukan boneka tangan deh

      Hapus
  8. Halo Kak, mungkin tepatnya aku panggilnya ade ya. Soalnya lihat dari fotonya masih Dedek-dedek gemesh gitu hihihi. Dedek-dedek gemes yang berprestasi. Aku udah 2 kali mampir ke sini dan ternyata konten-kontennya menarik ya. Termasuk soal konten boneka tangan ini. Aku baru tahu lho nama-nama jenis boneka tangan itu. Biasanya cuma lihat atau pake aja buat ngedongen ama anak 😊

    BalasHapus
  9. Sayang banget neh nggak masukin si Unyil dan kawan-kawan, hehe. Boneka si Unyil inspiratif lho Kak pada jamannya, bahkan sekarang ada acara khususnya di teve, hehe

    BalasHapus
  10. Di indonesia yang sangat akrab itu kayaknya boneka si unyil ya. Sepertinya boneka tangan ini bagian dari pertumbuhan peradaban manusia ya. Karena menjadi hiburan dimasyarakat. Apalagi beberapa ceritanya memiliki pesan2 sosial

    BalasHapus
  11. Boneka dari negara lain lucu dan unik, ya, baik bentuk wajah dan pakaiannya. Tapi tetep dari dulu sampe sekarang, Unyil tetap yang paling favorit

    BalasHapus
  12. Lihat yg Guignol kok jadi ingat Dead Silence yak,, boneka pembunuh, huhuu... Mirip soalnya hehe... Okay deh,, tfs yaa Mas Faisol

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu wayang potehi dan Elmo, nih. Kalau Elmo, dulu waktu kecil senang nonton. Saat remaja senang menemani keponakan nonton. Hihihi (modus).

    Untuk wayang potehi, kebetulan pernah menonton suatu malam Ramadhan. Saat itu ada wayang potehi yang dimainkan di klenteng, setiap selesai tarawih (tentu di masjid) Ini wujud kerukunan beragama yang indah.

    BalasHapus
  14. duluuu liat acara tv yg mainin boneka tangan gini aja senengnya minta ampun

    BalasHapus
  15. Aku pernah nonton pertunjukan wayang potehi dan itu seru banget. Sampe aku buat videonya dan ditayangin di youtube dan ternyata banyak juga yg tertarik.
    Anakku ini suka banget kalau aku sama istriku main boneka tangan. Dan kayaknya perlu kami kenalin untuk jenis boneka tangan di belahan dunia lain...

    BalasHapus
  16. Sesame street itu boneka tangan juga ya?
    tak kirain boneka stromboli, yang pake tali dikendalikan dari atas itu lho...
    boneka tangan yang dari eropa itu serem2 ya wajahnya, mengingatkanku pada film horor semua.

    BalasHapus
  17. matryoshka doll yang dari Rusia belum masuk :D
    Setiap negara punya boneka khas ya kyknya, kalau kita mungkin wayang golek kali ya yang ngehits hehe
    Ya ampun sesame street itu zamanku kecil, sampai skrng aku suka karakter Elmo dan Oscar :D

    BalasHapus
  18. The Muppet show sama Unyil yang paling Teringat.Yang lain baru tahu dari tulisanya faisol

    BalasHapus
  19. Boneka tangan..., jd inget masa kecil aku dl. Suka nonton acara the muppet show.tp saya lebih tertsrik cerita unyil dkk. Hehehe ..

    BalasHapus
  20. Jadi inget tahun 90an. Banyak cerita boneka yang di hadirkan di televisi.

    BalasHapus
  21. Suka yang karakter INdonesia banget, yaitu Unyil. Ini dulu waktu kecil jadi tontonan favorit, "Unyil kucing ....!"

    BalasHapus
  22. Yang paling favorit dari dulu boneka elmo dan kawan-kawannya, bentuknya aneh sih, tapi lucu-lucu. Yang unyil juga boneka tangannya lucu.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi