Kategori Berita

ZMedia

Mengenal Bahaya Pinjaman Online ilegal

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Kamis, 30 Januari 2020

Halo guys..

Gimana kabarnya hari ini? Kali ini, aku akan share nih sebuah artikel tentang bahaya pinjaman online ilegal yang harus kamu ketahui. Berbicara pinjaman online sendiri, memang ada kalanya legal alias diawasi, dan ada juga yang ilegal. Pinjaman online ilegal ini banyak banget dan kalau kita ga jeli bisa-bisa kena bahaya yang besar banget. Apa saja bahaya Pinjaman Online ilegal ini? Yuk simak artikel selengkapnya.

Fintech Lending Ilegal bisa diketahui dengan beberapa hal. Yang pertama, tidak diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) OJK sendiri adalah lembaga atau badan yang mengatur dan mengawasi lembaga atau badan atau organisasi yang menawarkan jasa keuangan, dan memang memiliki tujuan untuk mempermudah proses pelaporan dari masyarakat terhadap lembaga yang bersangkutan.

Dalam sebuah artikel online, mengatakan bahwa OJK akan memantau lembaga yang terdaftar di OJK. Jadi kalau sudah terdaftar, baru akan dievaluasi jika ada pelaporan. Kalau belum atau tidak terdaftar, maka tidak bisa diproses, seperti itu. Jadi bahaya yang pertama memang kalau ada kendala dalam bertransaksi, tidak mendapat bantuan proses dari OJK, kan susah teman-teman.

Selanjutnya, biasanya pinjaman online ilegal tidak memiliki struktur keanggotaan yang jelas. Yups, semerawut. Oleh karena itu, ini jelas bahaya banget. Bayangkan aja, jika ingin komplain atau bertanya, semakin bingung karena ketidakjelasan tersebut. Memang harus dilihat sih, apakah lembaga tersebut punya struktur keanggotaan yang jelas, Portofolio jasa keuangannya seperti apa, produk keuangannya apa saja, dan lain sebagainya, itu semua harus menjadi aspek yang kita ketahui sebelum melakukan kegiatan meminjam online.

Hal lain yang bahaya banget adalah kebocoran data pribadi. Pada sebuah lembaga keuangan yang ilegal, data diri yang kita berikan pada mereka bisa saja disalahgunakan karena mereka punya akses untuk menggunakan data diri yang kita berikan. Tentunya, data diri merupakan hal sensitif yang harus dijaga oleh setiap warga negara, jadi kalau bocor bahaya banget, harus bener-bener dijaga.

Yang terakhir, bahaya pinjaman online ilegal adalah besarnya peluang mendapat ancaman verbal maupun non verbal. Maksudnya bagaimana? Pinjaman online ilegal banyak diantaranya yang memiliki akses untuk bisa masuk kedalam file smartphone kita. Jadi mereka bisa menggunakan file-file handphone untuk keperluan memaksa dan bahkan bisa menghubungi dan mengganggu orang-orang terdekat. Bahaya banget kan?

Bahkan juga ga sedikit yang mendapat ancaman online dan cemoohan yang sangat menyakitkan dan bahkan beberapa kasus menyebabkan stres dan gangguan jiwa kepada orang yang meminjam di pinjaman online ilegal.

Akhirnya kita selesai membahas tentang bahaya pinjaman online ilegal. Dengan mengetahuinya, kita bisa semakin waspada terhadap jasa keuangan dan berhati-hati sebelum melakukan pinjam online. Semoga membantu

Pengirim : warnabiru.com
>