Minggu

MingguT07.34

Sederhana dan Mudah Dilakukan, Ini Cara Menghemat Listrik Rumahan

source : petroenergy.id


Pemakaian listrik dalam kehidupan sehari-hari menjadi satu hal yang terbilang sangat penting. Hal ini disebabkan, hampir semua benda yang digunakan adalah benda elektronik dan pastinya memerlukan aliran listrik supaya dapat tetap bekerja. Karena peran penting listrik tersebut, kadangkala banyak orang yang terjebak dalam jurang keborosan pemakaian listrik rumahan. Tentunya hal ini merupakan hal yang tidak diinginkan karena hanya akan menambah pengeluaran saja. Lalu, bagaimana cara menghemat listrik yang bisa dilakukan di rumah?

6 Cara Menghemat Listrik yang Bisa Dicoba

1. Pakai Listrik Bersistem Pulsa
Gambar 1 (Beritabali.com)

Pemakaian listrik bersistem pulsa menjadi salah satu cara menghemat listrik yang sederhana tapi ampuh. Listrik pulsa dapat disesuaikan dengan keperluan yang telah direncanakan sebelumnya dalam satu bulan. Hal ini dapat mengontrol dalam penggunaan listrik secara berlebihan dan akan lebih bijak dalam pemakaian listrik. Saat pulsa listrik sudah habis, maka secara otomatis seluruh aliran listrik yang ada di rumah akan terputus dan mati sehingga untuk mengaktifkannya kembali perlu membeli pulsa listrik lagi. Sistemnya serupa dengan pulsa handphone prabayar, sehingga pengguna dapat menghitung keperluan dan meninjau kembali pemakaian yang sebenarnya dapat dihindari agar penggunaan listrik tidak terlalu berlebihan dan bisa dialihkan pada keperluan lain yang lebih penting.

2. Cabut Kabel dan Peralatan Saat Tak Dipakai
Mencabut kabel atau peralatan elektronik saat tak dipakai juga penting diterapkan. Jangan terbiasa membiarkan peralatan tetap terpasang di saklar saat sedang tak dipakai. Seperti pengisi daya Hp, TV, setrika atau barang elektronik lainnya. Saat memang sudah tidak memerlukan listrik, jangan tinggalkan barang elektronik tersebut dengan kabel masih tertancap pada saklar. Karena walaupun dalam keadaan mati, listrik tetap akan mengalir dalam kabel menuju peralatan elektronik. Otomatis listrik akan terbuang sia-sia dan tagihan listrik pun akan membengkak. Jadi, coba biasakan untuk mencabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutus aliran listrik yang ada agar tak terbuang begitu saja.

3. Gunakan Lampu Hanya Disaat Penting
Gambar 2 (Cermati.com)

Menyalakan lampu hanya pada saat penting juga menjadi salah satu cara menghemat listrik yang bisa dilakukan. Sebaiknya, gunakan lampu hanya pada saat benar-benar diperlukan saja. Gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Pakailah lampu hemat energi yang hanya memakai sedikit jumlah daya listrik. Upayakan untuk menerapkan kebijakan mematikan minimal 2 lampu pada pukul 17.00 sampai 20.00. Melakukan taktik dan pengendalian diri pada penggunaan listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan otomatis menurunkan biaya tagihan listrik bulanan.

4. Matikan Alat Elektronik Saat Istirahat dan Tidur
Lampu, Hp dan TV yang masih menyala dan tidak digunakan lagi di waktu istirahat jelas memberikan efek tagihan listrik membesar. Jadi, sebaiknya matikan lampu saat sedang tidur, selain untuk menghemat biaya listrik juga baik untuk tubuh yang sedang istirahat. Juga, matikan HP bila masih mengisi daya saat memutuskan untuk tidur. Kebiasaan ini juga sangat baik untuk menghindari risiko lain seperti baterai menggelembung sampai bocor pada HP.

5. Hemat Pemakaian Listrik Rice Cooker
Rice cooker menjadi salah satu jenis elektronik yang memiliki tingkat konsumsi listrik tinggi. Oleh karena itu, cara menghemat listrik selanjutnya dapat dilakukan dengan cara membatasi pemakaian rice cooker. Caranya, adalah dengan ketika memasak nasi, jangan pakai air dingin, tapi gantikan dengan air yang sudah mendidih agar konsumsi listriknya tidak terlalu besar. Dampaknya, proses memasak akan lebih singkat dan listrik yang terpakai pun semakin hemat.

6. Bijaklah Dalam Memakai AC
Gambar 3 (Ecolabeltoolbox.com)

Pemakaian AC ternyata memerlukan konsumsi listrik lebih besar daripada peralatan elektronik lainnya. Cara menghemat listrik AC sebenarnya sederhana. Pertama, hal yang harus dilakukan ialah batasi pemakaiannya sesuai kebutuhan. Pengguna dapat meminimalisir udara panas di rumah dengan memanfaatkan udara segar di rumah, seperti menanam pepohonan dan tumbuh-tumbuhan sehingga tidak perlu menyalakan AC lagi. Selain itu, bisa juga mencoba gunakan jenis AC berteknologi hemat energi. Contohnya, AC dengan pelengkap aturan suhu otomatis.

Sekian, penjelasan beberapa cara menghemat listrik rumahan yang bisa dilakukan. Ingin tau tips hemat listrik atau berbagai tips hemat lainnya? Cek terus informasi terkini dari CekAja.com ya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi