17 Februari 2020

Panduan Cara Membuat CV yang Menarik Agar yang Disukai Para HRD

source :outilstice.com


Saat melamar pekerjaan, pelamar harus menyiapkan sejumlah dokumen penting yang menjadi syarat dari perusahaan seperti surat lamaran pekerjaan dan juga Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV). Mengapa cara membuat CV yang menarik sangat penting? Hal ini dikarenakan, CV akan menggambarkan kemampuan pelamar dalam menuliskan profile kehidupannya pada sebuah dokumen singkat. Dan semakin menarik CV tersebut maka peluang untuk segera dibaca oleh HRD juga semakin besar.

Panduan Cara Membuat CV yang Menarik

1. Cari informasi lengkap perusahaan

Gambar 1 (Awardstaffing.com)

Cara membuat CV yang menarik bisa diawali dengan mencari informasi secara lengkap mengenai perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan dilamar. Perlu dicatat, jenis pekerjaan merupakan sesuatu yang cocok dengan latar belakang dan minat pelamar. Pelamar bisa mencarinya via online di situs website resmi perusahaan atau menanyakan informasi kepada teman dan rekan terpercaya.
Tulis keseluruhan informasi tentang persyaratan kerja seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, umur dan pengalaman bekerja yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan. Cari tahu pula mengenai visi dan misi serta nilai-nilai juga etos kerja dari perusahaan tersebut. Dengan hadirnya job research dapat menyeleksi perusahaan mana yang ingin dipilih.

2. Pahami Konten CV Secara Umum
Cara membuat CV yang menarik berikutnya adalah dengan menyusun isi secara sistematis agar pembaca CV, khususnya pihak HRD yang akan menilai kualitas pertama kali melalui CV tersebut langsung paham dan tidak bingung. Pada umumnya, isi dari sebuah CV adalah seperti berikut.
a.       Identitas diri yang berisi nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat.
b.      Pendidikan yang berisi pendidikan terakhir, jurusan dan IPK.
c.       Personalitas yang berisi ulasan singkat kepribadian/karakter pelamar.
d.      Keterampilan yang berisi keterampilan pelamar.
e.       Proyek dan Pengalaman Kerja yang berisi pencapaian atau penghargaan yang telah diperoleh pelamar pada pekerjaan sebelumnya.
f.       Training/Pelatihan Terbaru yang berisi bentuk pelatihan yang diikuti selama 2-3 tahun terakhir.
g.      Informasi lain mengenai pelamar berupa hobi, referensi atau hal lain tentang pelamar yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

3. Mulai Membuat CV yang Menarik
Gambar 2 (Canvas.pantone.com)

Cara membuat CV yang menarik dan berkualitas merupakan relevansi isi dan desain yang menarik. Ciptakan desain yang mudah dibaca, minimalis serta layout yang rapi. Contoh desain atau format CV bisa dicari di kolom pencarian dengan keyword “CV Design”. Ciptakan desain yang simple dipadukan warna yang pas dan pakaikan simbol-simbol yang bisa dimengerti oleh pembaca. Cantumkan hal-hal sesuai dengan pedoman konten secara umum pada point sebelumnya seperti berikut.
a.       Masukkan data identitas dengan benar. Catat nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email beserta pas foto terbaru pelamar.
b.      Cantumkan riwayat pendidikan. Tulis pendidikan dari masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas sampai universitas disertai durasi waktu menempuh pendidikannya.
c.       Jelaskan secara singkat, padat dan jelas terkait karakter dan nilai-nilai kehidupan yang dianut pelamar.
d.      Uraikan keterampilan dan keahlian yang dapat menunjang pekerjaan.
e.       Cantumkan pengalaman kerja atau pengalaman organisasi dan pencapaian serta penghargaan yang pernah diperoleh pelamar bila ada. Hal ini akan memberikan nilai plus dan perhatian khusus untuk pihak penyeleksi.
f.       Jelaskan pula berbagai pelatihan yang pernah diikuti.
g.      Tuliskan informasi mengenai pelamar yang dapat menunjang pekerjaan dan juga referensi dari sejumlah orang penting di perusahaan, tempat calon pelamar bekerja sebelumnya.

4. Teliti Kembali dan Revisi Kesalahan Dalam CV

Langkah yang jangan sampai terlewati ialah meneliti kembali untuk meminimalisir kesalahan dan memastikan jika CV sudah tersusun secara rapi. Baca ulang terkait tata bahasa dan ejaan yang salah dan memakai kalimat yang jelas, singkat serta efektif. Usahakan untuk memakai kata-kata dan kalimat bahasa Indonesia yang baku.

5. Lakukan Analisis Terhadap CV
Gambar 3 (Digitalsource.io)

Cara membuat CV yang menarik terakhir ialah lakukan analisis terhadap CV supaya lebih objektif dalam penilaiannya, pelamar harus menempatkan diri sebagai pihak HRD yang akan melaksanakan rekrutmen pada pelamar. Selain cara ini, pelamar juga bisa meminta bantuan teman untuk menilai CV tersebut. Buatlah perbandingan penilaian antara penilaian pribadi dengan penilaian yang orang lain buat.

Demikianlah, panduan cara membuat CV yang menarik dan berkualitas tinggi. Ingin tau lebih banyak tentang CV keren atau cara membuat CV berkualitas lainnya? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi