Jumat

JumatT07.38

Ragam Jurusan Vokasi UI Terbaik dengan Nilai Akreditasi A

Gambar (Ellucian.com)




Program pendidikan Vokasi UI adalah suatu program yang membimbing mahasiswa menjadi tenaga ahli dan profesional dengan melewati kurikulum 321 dari Kemenristekdikti. Sekolah vokasi UI juga memiliki beberapa jurusan vokasi yang memiliki nilai akreditasi A. Hal ini dapat membuktikan betapa baiknya nilai dari jurusan tersebut. Lalu, apa saja jurusan vokasi UI dengan nilai akreditasi A tersebut?  Simak informasi selengkapnya berikut ini.

8 Jurusan Vokasi UI Tingkat Akreditasi A

1. Jurusan Akuntansi
Program studi Akuntansi adalah salah satu jurusan vokasi UI yang menjadikan peserta didik menjadi tenaga ahli madya akuntansi yang dapat merancang laporan keuangan, menyediakan laporan perpajakan dan melaksanakan pengauditan di bawah supervisi akuntan. Aktivitas perkuliahan terbagi menjadi 2 yakni 60% praktik dan 40% teori. Jurusan ini dapat dimasuki lewat jalur SIMAK UI. Prospek masa depan bagi lulusan Program Studi Akuntansi adalah sebagai akuntan dalam lembaga pemerintahan ataupun swasta. Menjabat sebagai akuntan madya di kantor akuntan publik.

2. Jurusan Pariwisata
Gambar 1 (Ui.ac.id)

Prodi pariwisata yang termasuk bagian dari jurusan vokasi UI ini, lebih fokus di peminatan pada usaha perjalanan wisata dan MICE yaitu Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions sebab kemajuan di bidang tersebut terbilang sangat pesat. Prodi pariwisata di Vokasi UI ingin menciptakan Ahli Madya Pariwisata yang dapat langsung terjun dunia kerja. Metode pembelajarannya terbagi dalam 70% praktek dan 30% teori. Prodi ini dapat dimasuki lewat jalur PPKB UI yakni jalur penerimaan menurut prestasi akademis di sekolahnya dan SIMAK UI.

3. Jurusan Komunikasi
Program Studi Komunikasi yang merupakan bagian jurusan Vokasi UI merupakan program studi yang menyediakan dan menciptakan lulusan yang berkualitas, berintegritas dan mempunyai wawasan dan orientasi kewirausahaan pada bidang Komunikasi. Metode pembelajarannya terbagi dalam 60% praktek dan 40% teori. Jurusan ini bisa dimasuki lewat jalur SIMAK UI. Prospek masa depan pekerjaan bagi lulusan ialah Peminatan Public Relations atau Hubungan Masyarakat, Peminatan Advertising atau Periklanan dan Peminatan Broadcasting atau Penyiaran.

4. Jurusan Manajemen Informasi dan Dokumen
Program Studi D-III Manajemen Informasi dan Dokumen atau MID menyediakan pendidikan bidang kearsipan dan informasi. Lulusannya  dididik agar mampu menangani berbagai pekerjaan pengelolaan arsip, rekod dan informasi atau document and information management secara umum dan menyiapkan berbagai tugas profesional suatu informasi tertentu atau particular professional task berkualitas keahlian handal serta berkemampuan memutuskan hal pengelolaan, penilaian dan pemakaian informasi dan dokumen yang dikendalikannya. Profesi bagi lulusan ialah Lembaga Kearsipan, Lembaga informasi, karir entrepreneur dan sebagainya.

5. Jurusan Perumahsakitan
Gambar 2 (Idntimes.com)

Program Studi Perumahsakitan juga merupakan salah satu jurusan vokasi UI yang memiliki akreditasi A. Program studi ini menyiapkan dan menciptakan tenaga ahli profesional tingkat madya berketerampilan praktis. Sehingga peserta didik mampu menjalankan berbagai tugas pekerjaannya dengan baik pada bidang manajemen rumah sakit dan bisa bersaing di skala internasional. Profesi lulusannya diterapkan pada bagian administrasi Rumah sakit Pemerintahan ataupun Swasta.

6. Jurusan Administrasi Perpajakan
Program Studi Administrasi Perpajakan bertujuan menciptakan lulusan ahli madya dalam bidang pajak, yang dapat menjalankan kewajiban dan hak perpajakan. Selain itu, dituntut mampu mengelola Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri dan Wajib Pajak Badan Dalam Negeri dengan profesional menurut aturan perpajakan. Profesi lulusan ini adalah Pegawai Direktorat Pajak, Konsultan Pajak dan Tax Specialist atau Perusahaan.

7. Jurusan Administrasi Keuangan dan Perbankan
Gambar 3 (Jojonomic.com)

Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan menyiapkan dan menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki integritas, etika dan moralitas luhur, serta adaptif dalam mengatasi perkembangan teknologi. Selain itu, Program Studi ini juga menghasilkan tenaga kerja profesional yang mempunyai kemampuan teoritis dan keterampilan praktis. Profesi lulusannya ialah marketing, operasi, support, IT dan lainnya.

8. Jurusan Administrasi Asuransi dan Aktuaria
Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria adalah program studi yang menyiapkan dan menciptakan tenaga ahli madya asuransi dan aktuaria. Selain itu, lulusan jurusan ini juga dituntut memiliki etika dan integritas profesi, dan kesiapan kerja pada bidang asuransi dan aktuaria. Prospek masa depan kepada lulusannya ialah Risk Manager di berbagai perusahaan, Broker Asuransi dan Reasuransi dan Lot Adjuster di Industri Asuransi.
Demikianlah, ulasan ragam jurusan vokasi UI terbaik yang memiliki nilai akreditasi A. Ingin tau lebih jauh soal pendidikan vokasi lainnya? Simak terus informasi terkini dari CekAja.com ya.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi