Jumat

JumatT09.04

Siklus dan Aliran Lancar, Hati Tenang


Haid merupakan hal lumrah yang dialami wanita pada umumnya sebanyak sebulan sekali atau dua kali. Namun ternyata tak jarang juga wanita yang mengeluhkan jika haid mereka bisa tidak datang lebih dari satu bulan, bahkan lebih. Atau yang hanya datang beberapa hari namun berhenti lagi. Banyak sekali pola siklus haid yang dialami dan bisa dibilang tidak teratur jika didapati pola yang berbeda-beda pada tiap bulannya.

Bukan hal yang aneh jika haid tak kunjung datang lebih dari dua, hingga tiga bulan dari haid terakhirnya, maka wanita tersebut diprakirakan hamil. Tetapi jika dicek ternyata tidak hamil, ketidakseimbangan kadar hormon progesteron dan estrogenlah yang menjadi hal paling dasar penyebab haid tidak teratur.

Lalu apa yang bisa dilakukan agar siklus haid dan aliran darah haid menjadi lancar? Ada berbagai cara agar darah haid keluar deras, tidak mesti langsung panik dan harus berobat ke dokter. Simak beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan aliran darah menstruasi sebagai berikut:

1. Perbanyak makan sereal berbasis gandum, muesli dan granola, dan sereal bar, permen pereda batuk, nougat dan daging panggang madu.

2. Bubur, biskuit gandum, roti berbasis gandum

3. Bit adalah contoh terbaik sayuran yang mengandung besi. Zat besi meningkatkan volume aliran darah dan membantu mengatur menstruasi.

4. Nanas, Bayam. Nanas dikenal kaya akan vitamin C. Ketika diminum saat menstruasi, ini akan memicu kontraksi uterus, sehingga meningkatkan aliran darah. Bayam, di sisi lain, kaya akan vitamin K yang merupakan agen kuat dalam pembentukan gumpalan darah. Asupan bayam dan nanas akan meningkatkan volume darah dan membantu mengatur menstruasi Anda.

Kenali makanan yang tepat yang bisa meningkatkan aliran darah saat menstruasi. Juga, moderasi selalu menjadi kunci dalam hal gizi. Anda mungkin ingin menambahkan lebih banyak serat dan zat besi dalam makanan reguler Anda dan sebanyak mungkin, makan buah dan sayuran. Mereka memiliki apa yang Anda butuhkan untuk memperbaiki masalah menstruasi Anda. Jika masalah lebih lanjut berlanjut, cari bantuan medis.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi