Senin

SeninT11.42

5 Fitur yang Harus Dimiliki Aplikasi Kasir Online


Memanfaatkan teknologi dalam membangun usaha adalah hal penting yang harus dilakukan oleh pebisnis dewasa ini. Dengan memanfaatkan teknologi, mereka bisa menjalankan manajemen keuangan dengan baik, melakukan pengecekan stok dengan akurat, sampai ke pengaturan karyawan dengan aplikasi kasir online.

Memakai aplikasi kasir online akan membuat Anda mudah mengatur berbagai keperluan manajemen dalam satu tempat dan bisa diakses dari manapun dan kapan pun. Sistem yang dimiliki jadi rapi dan minim kesalahan.

Kalau saat ini usaha yang Anda sedang bangun belum menggunakan aplikasi kasir online, coba simak fitur menarik di bawah ini.

Pengertian Aplikasi Kasir Online



Pada tahun 1973, cikal bakal aplikasi kasir online diciptakan di Amerika. Kala itu aplikasi yang digunakan untuk melakukan catatan penjualan itu diberi nama cash register. Setelah ditemukan, beberapa perusahaan besar termasuk gerai cepat jadi menggunakannya pada tahun 1974.

Seiring dengan perkembangan internet, aplikasi kasir online mulai banyak dikembangkan. Berbagai developer mendesain produknya agar lebih baik. Pengembangan ini membuat fungsi kasir online jadi lebih kompleks karena tidak mencatat penjualan saja. Namun, terhubung ke banyak hal termasuk gudang atau cabang lainnya.


Hadirnya fitur yang mulai memiliki jaringan itu memudahkan perusahaan retail termasuk restoran untuk memantau stok. Jika terjadi penurunan stok bisa segera disuplai agar layanan tidak terhenti akibat produk yang dijual kehabisan stok.
Berdasarkan sejarah singkat di atas kita bisa membuat kesimpulan kalau aplikasi kasir online adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat transaksi.

Berbagai jenis transaksi akan disusun secara terstruktur sehingga memudahkan dalam penyortiran sampai pembuatan laporan.

Aplikasi kasir online atau point of sale (POS) yang saat ini dikembangkan termasuk Moka POS memiliki banyak fitur. Aplikasi memiliki sistem sehingga bisa diakses dari mana saja dan terhubung ke banyak lini termasuk stok gudang, cabang lain, admin, hingga pemilik usaha.
Fitur yang Harus Ada pada Aplikasi Kasir Online

Aplikasi kasir online yang ada di luaran sana umumnya memiliki fitur yang berbeda-beda. Ada kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Namun, apa pun jenis aplikasinya, fitur di bawah ini wajib ada.

1. Manajemen Keuangan dan Laporan



Salah satu fitur yang pasti ada dan menjadi esensi dari aplikasi kasir online adalah manajemen keuangan dan laporannya. Begitu ada penjualan dari kasir, data akan langsung terkumpul secara otomatis untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Manajemen keuangan ini akan memudahkan pengguna untuk mengecek barang atau makanan apa saja yang terjual pada hari itu atau bulan itu. Berapa jumlahnya dan berasal dari supplier mana saja. Semua akan tercatat dengan jelas mulai dari harga modal sampai harga jual.

Fitur manajemen keuangan seperti ini biasanya dilakukan secara manual kalau belum menggunakan sistem online. Kasir akan membuat rekap catatan yang jumlahnya ada banyak dan rawan kesalahan. Kalau produk yang dijual hanya puluhan saja tidak masalah. Kalau sampai ratusan atau ribuan bisa merepotkan.

Memakai aplikasi kasir online akan memudahkan Anda dalam melakukan pendataan secara akurat secara realtime. Bahkan, bisa membuat laporan keuangan yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk melakukannya. Terlebih jumlah barangnya banyak dan harus dikelompokkan per kategori.

Apabila Anda menggunakan aplikasi kasir online, laporan keuangan bisa langsung dibuat saat itu juga dengan lebih mudah. Anda hanya perlu memilih jenis laporan apa yang akan dicetak. Selanjutnya tinggal klik dan semua laporan selesai dengan cepat dan akurat.

Kalau memang enggan mencetak laporan tidak masalah. Anda bisa mengeceknya langsung dari laptop atau komputer. Semua datanya disajikan dengan sederhana, tapi lengkap sehingga analisis terkait penjualan bisa segera dilakukan.

2. Manajemen Inventaris dan Stok



Kasir online yang saat ini banyak dikembangkan secara umum memiliki dua fitur yang berhubungan dengan stok dan inventaris. Dua hal ini bermanfaat untuk toko retail yang menjual banyak barang dan restoran yang menyajikan berbagai jenis menu masakan.

Nah, seperti apa fungsi dari manajemen inventaris dan stok? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Manajemen inventaris
Kalau Anda masih awam dengan dunia kuliner dan juga restoran mungkin akan sedikit bingung dengan masalah inventaris ini. Maksud dari inventaris ini adalah apa saja yang ada di dapur dan digunakan untuk memasak menu makanan.

Setiap hari semua bahan baru yang masuk akan didata ke dalam sistem kasir online yang dimiliki. Selanjutnya masukkan juga resep yang nantinya dipakai agar saat menu dipesan, bahan baku yang ada langsung dikurangi di sistem sehingga sisanya terlihat dengan jelas.

Pernah memesan menu makanan dan bagian pelayanan bilang habis padahal dia belum ke dapur? Kemungkinan mereka mengecek dari sistem tentang bahan apa saja yang habis dan menu masakan apa saja yang tidak mungkin dibuat saat itu juga.

Fitur ini sangat bermanfaat pada restoran untuk menghindari pelanggan kecewa. Bisa dibayangkan kalau pelanggan menunggu lama lalu pesanannya ternyata habis. Selain memberi tahu dari awal, pengecekan juga dilakukan untuk melakukan restocking agar bahan tetap ada dan menu bisa terus dibuat.

Manajemen Stok
Selain restoran, toko retail biasa termasuk kelontong juga bisa memanfaatkan fitur manajemen stok barang. Setiap ada barang masuk ke toko, admin harus melakukan input data dengan benar. Hal ini harus dilakukan di semua toko atau gudang agar tahu di mana saja letak dari barang.

Barang-barang yang keluar dari gudang harus diinputkan dahulu ke aplikasi agar tahu alurnya. Selanjutnya kalau barang terjual, input juga harus dilakukan. Proses untuk melakukan ini umumnya berjalan dengan cepat mengingat fitur barcode banyak dipakai untuk mengenali barang.
Kalau barang yang keluar dan masuk bisa dicatat dengan baik dan akurat, saat dilakukan pengecekan, kesalahan tidak akan terjadi. Stok yang ada di cabang tertentu, cabang pusat, atau gudang akan sama.

Pencatatan stok pada toko retail umumnya menyebabkan masalah kalau dilakukan secara manual. Selain membuat pekerja lelah, kemungkinan terjadi kesalahan juga besar dan bisa merugikan toko juga pekerja. Apalagi kalau ada barang hilang dan harus diganti.

3. Manajemen Meja



Fitur ini dibuat khusus untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang kuliner baik itu restoran atau cafe. Aplikasi kasir online bisa dipakai untuk membuat rancangan meja yang ada di dalam ruangan. Semua meja bisa dicek penggunanya, pesanannya, sampai mengecek durasinya.
Manajemen meja ini biasanya dipakai untuk mempercepat arus pemesanan makanan. Pelayan yang berada di depan bisa menggunakan tablet atau ponsel untuk mencatat pesanan termasuk nomor mejanya. Setelah pesanan dimasukkan sistem akan langsung melakukan pembaruan sehingga bagian dapur bisa langsung membuatkan pesanan.
Selama ini banyak pengusaha di bidang kuliner yang menggunakan cara-cara manual saat melayani tamu. Misal mencatatnya dengan kertas dan kemungkinan terjadi kesalahan jadi besar. Apalagi kalau pesanan hanya dilakukan dengan menyebutkan nama atau kode makanan.

Kalau menggunakan aplikasi kasir online, pesanan bisa dilakukan dengan cepat dan tidak terlalu banyak teriakan di dalam restoran. Selanjutnya kalau makanan sudah selesai dibuat, pelayan akan tahu di mana harus mengantarnya tanpa harus celingak-celinguk mencari pelanggan.
Begitu pelanggan selesai makan dan meninggalkan meja, status di aplikasi kasir online harus diubah. Dengan begitu Anda akan tahu berapa kira-kira lama pelanggan harus menunggu sampai makan dan pulang. Selanjutnya Anda juga tahu meja mana saja yang kosong dan bisa diisi pelanggan yang baru datang.

4. Manajemen Pelanggan



Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh seorang pemilik toko atau restoran adalah menganggap pelayanan pada pelanggan selesai setelah mereka pulang. Padahal tidak demikian, pelanggan harus tetap dilayani dengan baik bahkan setelah mereka pergi dari toko.

Saat pelanggan datang ke toko, pastikan untuk mencatat data mereka dengan baik mulai dari nama dan kontak. Pencatatan ini perlu dilakukan untuk memberikan layanan terbaik seperti mengirim ucapan terima kasih sesudah melakukan pembayaran dan kemungkinan pengiriman konten promosi.

Tentu tidak semua pelanggan mau dimintai kontak yang bisa Anda gunakan untuk database. Namun, hal ini bisa disiasati dengan adanya program loyalitas seperti adanya poin sampai gratis makan setelah beberapa kali melakukan transaksi. Kemungkinan besar pelanggan akan mau.
Selanjutnya kalau ada kritik dan saran dari pelanggan, Anda juga bisa menanggapinya langsung melalui aplikasi kasir online. Semuanya berada di dalam satu tempat sehingga hubungan dengan pelanggan bisa berjalan dengan sempurna. Dampak dari apa yang dilakukan ini adalah kemungkinan pembeli datang lagi.

5. Multi User dan Platform



Fitur terakhir yang harus ada pada aplikasi kasir online adalah multi user dan juga platform. Aplikasi tidak hanya bisa dipakai di satu tempat saja, tapi juga bisa dipakai di mana saja oleh penggunanya. Berikut penjelasan lengkapnya.

Multi User
Satu aplikasi kasir online bisa digunakan oleh banyak orang khususnya pemilik dari toko dan pegawainya. Hanya saja pemilik toko akan memiliki kuasa untuk menentukan fitur apa saja yang bisa diakses oleh anggotanya. Jadi, semua orang bisa mengakses sesuai dengan porsinya.
Misal manajer bisa mengakses laporan keuangan hingga melihat data pelanggan. Sementara itu bagian admin atau orang di dapur hanya bisa melihat pesanan dan menginputkan jumlah bahan baku.

Multi Platform
Aplikasi kasir online haruslah multi platform. Artinya banyak perangkat bisa mengaksesnya dengan mudah. Kalau di toko, Anda bisa memasangnya di tablet atau bagian pembayaran. Selanjutnya kalau ingin mengecek di mana saja bisa dipasang di laptop atau ponsel.

Selain fitur yang sudah diulas di atas, sebenarnya masih ada fitur lain yang bermanfaat pada aplikasi kasir online. Fitur itu berhubungan dengan penyortiran atau filter sehingga kalau ada masalah dengan transaksi bisa segera dilakukan pengecekan agar tidak berlarut-larut.

Kalau Anda saat ini sedang membangun usaha khususnya UMKM, gunakan aplikasi kasir online. Saat ini Moka POS menyediakan layanan coba gratis selama 14 hari. Selama masa percobaan Anda akan mendapatkan layanan penuh dan bila puas bisa langsung melakukan pemesanan.
Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi