Kategori Berita

Blogger JatengInovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

11 RAHASIA MEMBUAT JUDUL NOVEL YANG MENARIK

Faisol abrori
Berita ambon Berita maluku
Jumat, 17 April 2020

Ketika pertama kali membeli buku baik literatur maupun sastra, apa yang pertama kali kalian baca? Tentu judul bukan?
Jika kalian berminat mempublikasikan karya tulis sastra dalam bentuk sajian cerita panjang, maka sebaiknya pelajari lebih dulu 11 trik rahasia membuat judul novel yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar memikat perhatian pembaca.

Pentingnya Kehadiran Judul Pada Tulisan
Sederhana, singkat jelas dan padat itu merupakan beberapa ciri-ciri judul. Sekalipun demikian, coba saja bayangkan apa jadinya jika tulisan tercipta tanpa judul?. Pasti pembaca akan merasa kesulitan mendapatkan inti dari apa yang dibacanya.

CARA MENULIS JUDUL NOVEL YANG BAIK

Oleh sebab itu seorang penulis harus pandai dalam membuat judul. Selalu utamakan kebutuhan pembaca agar mampu memberikan informasi. Pasalnya, judul sangat berperan pentuk untuk menghipnotis dan mengambil hati pembaca.

Melalui judul kita bisa tahu apa garis besar dan penggambaran dari sebuah cerita atau isi dalam tulisan yang hendak disampaikan. Bahkan tahukah kalian jika judul tidak hanya berlaku dalam pembuata karya sastra? melainkan juga untuk segi akademis. Seperti misalnya proposal penelitian, makalah, skripsi dan masih banyak lagi.

Beberapa Trik Rahasia Membuat Judul Novel Agar Menarik Perhatian Pembaca
Perlu kalian pahami bahwa membuat judul novel memang sedikit gampang-gampang susah. Mengapa?, karena apabila penulis tidak mampu menghadirkan kesan yang mampu membuat pembaca excited, maka jelas saja karya sastra kalian tidak akan laku dipasaran.

MEMBUAT JUDUL NOVEL KEREN DAN MENARIK

Lantas bagaimana cara mudah agar bisa membuat judul yang mampu memikat hati pembaca?. Berikut ini Sata sajikan beberapa trik rahasia membuat judul novel yang menarik. Simak dan perhatikan baik-baik ya..

1. Membuat Judul yang Berbeda

Sekalipun sajian cerita yang kalian tulis dalam novel sebaiknya buatlah judul yang berbeda dari lainnya. Sebab saat ini semakin banyak para penulis memilih jalan pintas untuk menuliskan judul yang sudah mainstream.

Membuat judul yang berbeda membuat novel kalian memiliki daya tarik sendiri. Cara membuatnya yakni dengan memperbanyak kosa kata baru. Olah dan baca kembali isi novel kalian, temukan intinya dan jadikan sebuah judul.

TIPS AGAR JUDUL NOVEL MENARIK PEMBACA 

2. Buatlah Judul yang Memprovokasi

Untuk bisa membuat judul yang provokatif, kalian bisa belajar dan memperbanyak membaca buku karya penulis best seller. Seperti misalnya Asma Nadia, Isa Alamsyah dan sebagainya. Hadirkan judul yang tidak hanya memberikan keseluruhan cinta, misalnya ‘Cinta Terlarang’ kalian olah menjadi judul yang lebih provokatif seperti ‘Yang Dibutuhkan Sertifikat Keperawanan’. Nah?, dengan begitu pembaca akan jauh lebih tergerak untuk membaca novel kalian.

3. Munculkan Ciri Khas Isi Novel

Selain untuk memikat perhatian pembaca, keberadaan judul juga memiliki fungsi sebagai penanda ciri khas dari isi novel. Jangan sampai kalian menuliskan judul yang sama sekali tidak menghubungkan dengan keseluruhan isi cerita.

Contoh mudahnya adalah jika novel kalian memiliki ciri khas bergenre horor, maka buatlah judul yang mampu mengadirkan kesan mengerikan, menakutkan atau apa saja. Akan tetapi tetap gunakan kata-kata yang mampu dicerna oleh pembaca.

4. Munculkan Inti Cerita Dari Novel

Apabila ingin judul sederhana dan menarik untuk novel, maka trik rahasianya adalah dengan memberikan sedikit sentuhan bocoran. Lantas apa yang harus dibocorkan?, salah satunya adalah inti dari cerita tersebut. Sehingga pembaca bisa lebih mudah mendapatkan informasi dari apa yang ingin dibacanya.

5. Selipkan Sedikit Kata Berbahasa Asing

Dewasa ini para penulis cenderung menggunakan sajian judul berbahasa asing untuk karya sastra mereka. Hal tersebut dilakukan agar pembaca merasa penasaran tentang isi keseluruhan dari novel tersebut.
Namun perhatikan juga agar tidak terlalu memborbardir judul dengan 100 persen berbahasa asing. Mengapa?, karena tidak semua khalayak mengetahui maksudnya, sehingga jelas saja mereka akan berpikir, “Pasti bukan novel berbahasa Indonesia” dan akhirnya pembaca enggan membacanya.

6. Membuat Judul Maksimal 3 Kata

Judul yang baik dan menarik terdiri dari minimal 3 kata, sekalipun tidak ada aturan tertentu untuk membuat judul namun tetap perhatikan trik rahasia pada poin ini. Gunakan rangkaian kata yang memegang SPO untuk langkah mudahnya.

7. Hubungkan Judul Dengan Karakter Tokoh Utama

Trik rahasia membuat judul novel yang menarik pada poin nomer 7 ini memang cenderung sedikit rumit. Namun jika kalian bisa memunculkannya, maka dijamin pembaca akan terpikat dan tertarik untuk membaca keseluruhan isi novel kalian.

8. Buat Judul Ketika Seluruh Isi Novel Telah Selesai

Tahukah kalian bahwa poin nomer 8 ini sering kali menjadi trik rahasia bagi para penulis novel best seller?

Judul yang menarik sering kali didapatkan ketika kalian telah selesai menulis keseluruhan isi novel. Pasalnya pasti akan ada perubahan alur ditengah-tengah jalan atau bisa saja terjadi penyimpangan ending dari cerita yang kalian buat. Sehingga dengan membuat judul ketika penulis novel telah selesai dijamin akan menimbulkan kesinambungan lebih kuat.

9. Perbanyak Membaca Fenomena

Judul yang menarik mampu kalian buat dengan memperbanyak membaca fenomena sekitar. Mengingat isi dari novel adalah sajian kehidupan di dunia, sehingga sebaiknya kalian sesering mungkin mengkritisi kehidupan.

10. Mengkonsumsi Berbagai Bacaan Karya Sastra

Apabila kalian ingin bisa membuat judul novel yang menarik, maka perbanyak asupan membaca novel-novel lain. Hal ini akan sangat membantu kalian dalam mengumpulkan ide dan pengolahan kata untuk membuat judul.

11. Terus Berlatih

Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai tanpa adanya suatu proses, termasuk dalam membuat judul yang menarik. Mengingat menentukan judul yang unik, provokatif dan menarik untuk novel bukanlah hal mudah, sehingga kalian harus banyak-banyak berlatih.

Sekian 11 trik rahasia membuat judul novel yang menarik. Pastikan kalian melakukan setiap poin di atas agar kehadiran novel yang telah dibuat semakin banyak digandrungi oleh para pembaca. Serta jangan lupa usaha semaksimal mungkin.
>