Minggu

MingguT08.38

Langkah-Langkah Menulis Resensi Novel (LENGKAP)

Cara Meresensi Buku dan Novel

Banyak yang bertanya, "Bagaimana menulis resensi buku/novel yang baik dan benar?" Nah, oleh karena itu, saya, Faisol Abrori, ingin berbagi sesuatu ilmu yang bisa bermanfaat untuk kita semua. Yuk, ketahui langkah-langkah meresensi  novel.

Apabila kalian memiliki kegemaran mengkoleksi dan membaca novel, maka sebaiknya buatlah resensinya. Mengapa? sebab hal tersebut akan sangat berguna dan bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan semacam itu bahkan kerap kali dijadikan bahan ulasan kala tengah berdiskusi dengan teman atau kerabat lainnya.

Pada dasarnya meresensi novel atau buku apapun sama saja. Beberapa bagian yang harus dimasukkan ke dalam resensi diantaranya ada empat yakni, identitas buku, sinopsis, isi dan penutup. Sekalipun sangat sederhana namun jika tidak dilakukan dengan benar maka akan berdampak fatal.

CARA MEREVIEW BUKU (NOVEL) YANG BAIK DAN BENAR 

Selain itu kegiatan meresensi sebuah novel juga menjadi salah satu langkah yanh dilakukan oleh para penulis skenario film. Artinya, resensi bertujuan untuk meringkas lebih inti dari apa yang diceritakan dalam buku tersebut, sehingga orang lain menjadi lebih mudah memahaminya.

Bayangkan saja apa yang terjadi jika cerita dalam novel yang akan ditayangkan menjadi sebuah film tidak diresensi terlebih dahulu?. Bukan hanya para tokoh pemerannya saja yang kesulitan melainkan produsernya pun demikian. Maka oleh sebab itu, sebaiknya mulai belajarlah menulis resensi novel sekarang!.

Langkah-Langkah Meresensi Buku

Lantas bagaimana cara menulis resensi novel yang baik dan benar?. Terlebih lagi apabila kalian belum pernah melakukan kegiatan ini sebelumnya. Jangan terburu putus asa, berikut ini tersaji beberapa langkah menulis resensi novel lengkap!

1. Tentukan Novel yang Akan di Resensi

Poin pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai langkah-langkah resensi lainnya adalah tentukan novelnya. Apabila sebelumnya masih belum pernah menulis resensi, alangkah lebih baik dan pilih novel yang bertema ringan serta jumlah halamannya tidak terlalu banyak. Hal ini bertujuan agar kalian bisa lebih mudah memahami isinya dan tidak kebingungan ketika menuliskan resensi.

2. Baca dan Pahami Isi Novel

Langkah berikutnya yang sangat penting dilakukan yakni baca dan pahami terlebih dahulu novel yang akan diresensi. Pastikan diri kalian yakin dan mengerti bagimana alur kisah di dalamnya. Apabila masih belum paham, terus baca berulang kali.

3. Tuliskan Identitas Novel dengan Lengkap

Setelah paham dengan sajian ceritanya, maka kalian harus mulai menuliskan resensinya diawali dengan informasi mengenai identias fisik buku. Apa saja bagian-bagiannya?, diantaranya yaitu judul, nama penulis, harga, tempat dan tahun terbit hingga jumlah halaman.

4. Tuliskan Kembali Isi Buku per Bab

Perlu dipahami bahwa menulis resensi novel berbeda dengan mengutarakan isi hati di buku diary. Artinya, saat kalian menulis resensi novel pastikan menuliskannya secara keseluruhan per bab. Jangan lupa uraikan juga maksud dan tujuan dibuatnya novel tersebut.

5. Kritik Bentuk Fisik Buku

Ketika meresensi sebuah novel jangan takut untuk mengkritik bentuk fisik dari buku tersebut. Kritisi dan analisis pada bagian mana saja yang kurang menarik atau tidak tepat dimunculkan. Seperti misalnya design grafis cover, layout, hingga pemilihan hurufnya. Hal ini perlu dilakukan agar pembaca mengerti dan menjadi masukan tersendiri bagi pihak penerbit.

6. Tulis Semua Poin Penting Dalam Novel

Poin nomer lima ini memang bisa dibilang cukup sulit untuk dilakukan. Kalian harus menyiapkan catatan khusus untuk menuliskan semua poin penting yang ada di dalamnya. Apabila terdapat kutipan yang menurut kalian mengesankan, maka tuliskan. Jangan lupa juga untuk menandai halaman agar tidak kesusahan ketika mengulasnya kembali.

7. Tuliskan Kelebihan Isi Novel

Selain mengkritisi bentuk fisiknya, dalam sebuah resensi kalian juga harus menuliskan apa saja kelebihan dari isi novel tersebut. Hal ini bertujuan agar orang yang belum membacanya dapat mengetahui secara jelas tentang keunggulan cerita buku itu.

Tidak hanya itu, dengan menuliskan isi novel yang kalian baca, orang akan mudah tertarik untuk membelinya. Oleh sebab itu coba tuliskan kelebihan novel tersebut dalam segi nilai sosial, budaya, karakteristik tokoh dan lain sebagainya.
Uraikan Kelemahan Novel dengan Bahasa yang Sopan

Semua novel pasti memiliki kelemahan di balik kelebihannya, untuk itu jika kalian sangat perlu menuliskan titik kekurangan yang ada. Akan tetapi meski demikian tetap gunakan bahasa yang baik dan sopan, serta jangan melebih-lebihkan. Jika dihiraukan maka kalian bisa terkena tuduhan pencemaran nama baik karya.

8. Uraikan Kesimpulan dengan Singkat

Ketika menuliskan suatu kesimpulan, sebagian besar cenderung terlalu banyak menguraikan sehingga tentu saja pembaca menjadi gagal paham. Sehingga perlu diketahui dan pahami bahwa menarik benang merah dari apa yang dibaca termasuk yang dituliskan dalam resensi haruslah singkat, padat dan jelas. Hindari penggunaan kalimat bertele-tele.

9. Perbanyak Berlatih dan Membaca Resensi Karya Orang Lain

Agar bisa menulis resensi novel yang baik dan benar serta diminati banyak orang, maka kalian harus memperbanyak diri membaca karya orang lain. Perhatikan pola dan urutan peletakannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar struktur resenisi yang kalian buat tidak berantakan.

Uraian singkat langkah-langkah menulis resensi novel lengkap di atas diharapkan mampu memberikan manfaat bagi para pembaca. Pastikan terus berlatih dengan giat, perbanyak kumpulan kosa kata agar isi resensi kalian memiliki daya tarik tersendiri dimata pembaca. Selamat berkarya!

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 komentar:

  1. Sangat membantu bagi pemula untuk menulis dan mencari judul. Terima kasih ilmu nya

    BalasHapus
  2. Sangat membantu bagi pemula untuk menulis dan mencari judul. Terima kasih ilmu nya

    BalasHapus
  3. Sangat membantu bagi pemula untuk menulis dan mencari judul. Terima kasih ilmu nya

    BalasHapus
  4. Mantap ni, infonya sangat bermanfaat kak isol, post terus yg lain ya

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas ilmunya, akan saya coba. Kebetulan saya sangat tertarik untuk membuat resensi, novel, tetapi bingung harus bagaimana. Terima kasih, sekali lagi atas ilmunya

    BalasHapus
  6. Keren nih, sharing ilmu buat pelajar. Semoga berkah ya

    BalasHapus
  7. Terima kasih kak, sangat bermanfaat. Dulu waktu SMA ada tugas resensi novel jg, dulu blom tau apa" tp setelah baca blog ini aku jd paham dan ngerti. Nanti suatu saat bakal ku terapin lagi ilmunya. Semangat untuk menulis karya selanjutnya ya kak😊

    BalasHapus
  8. Ini sangat bermanfaat karena aku memang dari dulu kepingin punya novel sendiri dan di terbitkan aku AKAN BERSEMANGAT MEMBUAT NOVEL

    BalasHapus
  9. Semangat kak dalam menulis, terimakasih kak tips nya, aku juga ingin jadi penulis kayak kakak, semoga aku bisa yaa aamiin

    BalasHapus
  10. terima kasih kak, tips2nya sangat bermanfaat, ditunggu tulisan berikutnya kak, sukses selalu ❤️

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi