Rabu

RabuT20.40

Pengertian Tafsir, Takwil, dan Terjemah serta Perbedaannya

Tafsir, Takwil, dan Terjemah
Source: Ummu Waraqah

Pengertian Tafsir secara bahasa adalah berasal dari kata فَسَّرَ - يُفَسِّرُ - تَفْسِيْرًا yang artinya penjelasan, keterangan, atau uraian. Secara istilah, Abu Hayan mendefinisikan tafsir sebagai ilmu yang membahas tata cara pengungkapan kata-kata yang ada dalam Al-Qur'an, baik petunjuk yang ada di dalamnya, hukum yang terkandung secara tunggal ataupun jamak, dan mengungkapkan makna yang terkandung dalam takrib yang menjadi kesempurnaannya.

Al Jurjani dalam kitab at-Ta'rif mendefinisikan tafsir yakni menjelaskan makna ayat, baik bentuknya, kisahnya, atau sebab diturunkannya Al-Qur'an dengan lafadz yang menunjuk pada Dalalah Zahir.
Sedangkan, pengertian Ilmu tafsir menurut Prof. TM. Hasbi Ash-Shiddiqi, berpendapat bahwa ilmu tafsir merupakan ilmu yang membahas hal nuzulul ayat, keadaan-keadaan, kisah-kisah, sebab turunnya, tertib makkiyah - madaniyah, muhkam-mutasyabbihnya, mujmal-mufassalnya, halal haramnya, wa'ad wa'idnya, amar-nahinya, juga i'tibar dan amtsalnya. 

Pengertian yang dapat diambil yakni kita dapat menyimpulkan satu pengertian, bahwa tafsir merupakan ilmu yang digunakan untuk mengungkap makna yang terkandung dalam lafadz dzahir dengan menggunakan metode-metode yang berkaitan dengan ulumul Qur'an.

Pengertian Ta'wil secara lughowi bermakna "ar-raj'u" kembali. Secara istilah, Ta'wil adalah memalingkan lafal dari makna dzahir kepada makna lain yang dimiliki oleh lafadz tersebut, jika makna lain tersebut sesuai dengan Qur'an dan sunnah.

Pengertian Terjemah secara bahasa berasal dari kata "tarjama" yang artinya menerangkan dengan bahasa lain. Muhammad bin Salih al-'Asimaini menyatakan dalam kitab Ushul fi at-Tafsil bahwa "Terjemah yaitu menerangkan suatu kalam atau pembicaraan dengan bahasa yang lain"

Jadi, melalui definisi di atas, pertanyaannya, apa perbedaan tafsir, ta' wil, dan terjemah? Nah, berikut di bawah ini saya jelaskan :

Perbedaan tafsir, ta'wil, dan terjemah.



  • Tafsir menjelaskan makna ayat dengan panjang lebar dan lengkap dengan penjelasan hukum, hikmah, seringkali juga berisi kesimpulan kandungan suatu ayat.
  • Ta'wil itu mengalihkan lafal-lafal dari makna lahiriyah dan rajih, kepada arti lain yang samar dan marjuh.
  • Terjemah hanya mengubah atau transliterasi dari bahasa Arab ke dalam bahasa lain, hanya memindah arti saja.


Demikian, artikel Perbedaan antara Tafsir, Ta'wil, dan Terjemah ini ditulis oleh Faisol Abrori. Besar harapan, tulisan ini dapat memberikan manfaat, dan mohon sedianya untuk menyebarkan kepada orang lain jika bermanfaat. Kami juga terbuka mengenai kritik dan saran, bisa disampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Wallahu a'lam.

Related Posts

2 komentar:

  1. Your Blog Design is really cool mate, Very awesome

    BalasHapus
  2. aku gak pernah denger kata ta'wil sol
    tapi mungkin penerapannya sering ada di sekitar kita, hahaha

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi