Minggu

MingguT19.58

11 Bisnis Modal Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga Paling Menguntungkan

Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga 


Sejak adanya zaman emansipasi wanita, kini para istri tidak hanya bisa sekedar 3M alias Masak, Melahirkan dan Merias diri. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan termasuk membuka usaha. 11 bisnis modal kecil untuk ibu rumah tangga paling menguntungkan berikut ini, ada baiknya dicoba.

Daftar 11 Bisnis Modal Kecil Untuk IRT Menguntungkan


Setelah membaca ulasan mengenai manfaat menjalankan usaha untuk IRT, sebaiknya baca dulu daftar 11 bisnis modal kecil paling menguntungkan di bawah ini. Refrensi berikut bahkan sudah banyak diterapkan dan mampu mendatangkan keuntungan yang jumlahnya tidak terduga:

1. Bisnis Laundry

Apabila di rumah menggunakan mesin cuci sebagai alat bantu mencuci, ada baiknya jika mulai saat ini memutar otak agar alat tersebut bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Bukalah bisnis laundry kiloan dan tawarkan jasa tersebut kepada khalayak. Apabila ditekuni keuntungan yang didapatkan sangat lumayan.

2. Online Shop

Apabila tidak terlalu suka melakukan pekerjaan yang memakan tenaga, online shop merupakan salah satu bisnis bermodal kecil. Keuntungan besar bisa dengan mudah didapatkan apabila kalian mengambil barang dalam jumlah besar langsung dari ownernya.

3. Warung Makan

Teruntuk ibu-ibu yang suka memasak sebaiknya buka bisnis dengan mendirikan warung makan sederhana di depan rumah. Untuk langkah awal, sebaiknya memasaklah dalam jumlah yang sedikit dan ambil keuntungan dari setiap penjualan.

4. Rias Wajah

Bukan wanita namanya jika tidak bisa merias diri. Apabila memiliki kegemaran mengoleksi alat makeup maka bisnis berupa paras wajah adalah jalan paling tepat. Keuntungan yang didapatkan per pelanggan juga terbilang cukup besar, asalkan kalian mampu menjaga kepuasan pelanggan dengan hasil makeup terbaik.

5. Pengarajin Barang Bekas

Berbisnis tidak hanya melulu membutuhkan modal dengan nominal besar. Bagi ibu rumah tangga menjadi seorang pengrajin barang bekas merupakan jalan mendatangkan rupiah dengan cepat. Pasalnya, bisnis ini hanya membutuhkan kreativitas, skill dan pola pemasaran yang cakap.

6. Membuat Konten Youtube

Bisnis modal kecil namun paling menguntungkan untuk IRT berikutnya adalah menjadi seorang Youtuber. Buat konten-konten bermanfaat dan tarik minat netijen untuk menonton channel kalian, lalu daftarkan akun youtube ke google ads.

7. Jasa Freelancer Online

Apabila memili laptop dan jaringan internet sebaiknya segera saja mulai menjalankan bisnis sebagai penyedia jasa freelancer online. Misalnya seperti penulis artikel, editor video, copywriter dan masih banyak lagi. Melalukan pekerjaan ini ternyata mampu menghasilkan keuntungan besar!

8. Jualan Pulsa dan Paket Data

Hanya dengan modal sekitar Rp. 200.000 saja kini seorang Ibu rumah tangga sudah bisa menjalankan bisnis sebagai penjual pulsa maupun paket data. Menariknya saat ini penjual pulsa tidak perlu susah payah memiliki counter resmi.

9. Membuat Kue

Suka nyemil dan membuat kue? sebaiknya cobalah untuk menjadi seorang pebisnis dibidang pembuatan kue. Lakukan promosi melalui media online atau kepada kerabat dekat agar mereka mengenal dan mencicipi kue buatan kalian. Sebisa mungkin tingkatkan kualitas rasa agar pelanggan semakin banyak berdatangan.

10. Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi adalah salah satu bisnis yang membutuhkan modal kecil akan tetapi mampu mendatangkan income tinggi. Keunggulan bisnis ini adalah para IRT tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari pelanggan sehingga tetap bisa dilakukan semabari menemani anak-anak.

11. Jasa Jahit Pakaian

Jika bisa menjahit, sebaiknya kumpulkan modal kurang lebih sekitar Rp. 500.000 saja untuk membeli mesin jahit. Pasang plakat di depan rumah yang bertuliskan “Jasa Jahit Pakaian” agar masyarakat setempat tahu bahwa kalian melayani jahitan.

Manfaat Menjalankan Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga


Jika pada jaman dahulu para wanita hanya bisa mengharapkan penghasilan bulanan dari suaminya, kini hal tersebut bahkan tidak berlaku lagi. Larangan wanita bekerja pada mulanya didasarkan karena takut tidak bisa membagi waktu antara mendidik anak, mengurus rumah dan suami.

Hal tersebut tentu saja membuat sebagian besar ibu rumah tangga merasa kurang bebas mengekspresikan diri. Terlebih lagi jika harus menghapi masalah kekurangan perekonomian. Namun apabila masih ragu, berikut ini tertulis beberapa keuntungan berbisnis bagi IRT:

Menghibur Diri

Menjadi seorang Ibu Rumah Tangga yang hanya berada di dalam rumah, pergi ke pasar, mengantar sekolah dan mengujungi dasawisma tentu merupakan hal membosankan. Oleh karena itu, sekarang ini banyak IRT yang mencoba menghibur dirinya dengan mencoba menjalankan bisnis.

Menanamkan Jiwa Usaha Kepada Anak-Anak

Mengingat seorang ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya maka sudah seharusnya bisa memberikan pelajaran baik untuk mereka. Salah satunya adalah memperkenalkan dunia bisnis sejak dini guna memupuk jiwa wirausaha.

Ikut melibatkan anak dalam kegiatan bisnis secara tidak langsung mengajarkan mereka agar bisa hidup lebih mandiri. Sehingga ketika besar nanti, saat anak-anak tak kunjung mendapat pekerjaan, maka tidak akan menganggur karena sudah mempunyai skill wirausaha.

Menambah Tabungan Masa Depan

Bayangkan saja apa jadinya jika keluarga kalian tidak memiliki tabungan sama sekali, sedangkan suami terkena PHK atau anak tengah sakit keras? pasti bingung bukan. Lantas, bagaimana cara mengumpulkan tabungan sedang untuk makan saja pas-pasan? itulah gunanya menjalankan bisnis untuk ibu rumah tangga.

Membantu Pemasukan Penghasilan Suami

Ketika seorang istri menjalankan bisnis sebaiknya suami tidak perlu melarangnya, apalagi jika pekerjaan tersebut bisa dilakukan di dalam rumah. Hal ini nantinya akan sangat berguna di kemudian hari demi membantu menambah pemasukan.

Itulah 11 kerja sampingan untuk ibu rumah tangga paling menguntungkan 2020. Sangat disarankan sebelum benar-benar menjalankannya, sebaiknya terlebih dahulu kenali passion diri masing-masing. Hal ini amat penting guna menstabilkan minat, mengingat bisnis bukalah suatu pekerjaan yang bisa mendatangkan kesuksesan jiga sering kali merasa bosan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi