Senin

SeninT13.36

11 RAHASIA MUDAH MENULIS ARTIKEL DISUKAI PEMBACA

Cara Menulis Artikel dengan Baik dan Benar
Berkembangnya dunia digital seperti sekarang ini sangat memudahkan seseorang untuk berkarya melalui tulisan. Untuk bisa menjadikan tulisan sebagai pundi-pundi rupiah maka sebaiknya ketahui dulu 11 trik menulis artikel ringan.

Sejauh ini masih banyak dijumpai media-media yang menyajikan artikel tanpa struktur yang benar. Padahal sekalipun kedudukannya berfungsi sebagai bacaan ringan, akan tetapi tetap saja penulisnya harus menyajikan data yang valid.

Oleh karenanya sering kali orang merasa kesulitan dalam membuat artikel, terlebih lagi bagi para pemula. Apabila benar ingin mahir dibidang tersebut, berikut ini tersedia 11 cara mudah menulis artikel ringan.

1. Menentukan Tema

Sebelum membuat artikel hal utama yang paling penting dilakukan adalah menentukan tema. Cara menentukannya juga sangat mudah, kalian bisa mulai menelaah kehidupan sehari-hari, mengamati lingkungan sekitar atau mengkritisi kejadian yang marak di media.

Bagi penulis artikel pemula disarankan agar tidak mengambil tema yang berat-berat. Mengapa demikian?, sebab jika masih belum terbiasa menulis, nantinya akan berdampak kurang baik pada hasil akhir tulisan.

2. Membuat Judul

Setelah tema berhasil di tentukan, langkah selanjutnya yakni membuat judul. Pastikan rangkain kalimat judulnya tidak terlalu keluar jauh dari bahasan tema. Sebab antara judul dan tema saling memiliki keterkaitan.

Cara membuat judul dengan mudah bagi penulis yang baru saja ingin belajar, yakni sesering mungkin situs penyedia artikel ringan online. Tidak hanya itu, di sana kalian juga bisa mengunduh dan mengakses bacaan pilihan secara gratis.

3. Jangan Terpaku Pada Aturan SEO

Tahukah kalian bahwa SEO sangat berperan penting dalam dunia kepenulisan di ranah website?. berbagai aturan yang ada di dalamnya semata-mata diberlakukan agar artikel enak dan layak dibaca oleh masyarakat.

Akan tetapi perlu diketahui juga, bahwa apabila terlalu fokus pemberlakukan tersebut, maka kalian akan terjebak di perjalanan. Pasalnya. sekarang ini artikel yang banyak digandrungi oleh masyarakat adalah sajian yang ringan serta tidak kaku. Jika terlalu memfokuskan pikiran kepada SEO, tentunya artikel akan terkesan memaksa bahkan tidak dimengerti oleh masyarakat.

CARA MENULIS ARTIKEL DENGAN BAIK DAN BENAR


4. Ketahui Karakter Calon Pembaca

Selalu ingat bahwa apapun yang kalian tulis adalah disajikan untuk khalayak, maka setiap akan membuat tulisan pastikan untuk mengetahui karakter dari calon pembaca. Hal ini sangat penting diperhatikan agar karya kalian mudah dipahami.

Jangan sampai artikel yang seharusnya ditujukan kepada orang dewasa malah dibaca oleh anak-anak usia sekolah. Tentu saja isi dari tulisan tersebut tidak akan berakhir sesuai harapan. Cara mengetahui dan menyesuiakan artikel dengan calon pembaca adalah dalam penggunaan kata sapaan.

5. Gunakan Konsep Piramida Terbalik

Masih ingat mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang piramida terbalik?. Apabila sudah lupa, sebaiknya segera pelajari lagi dan pahami. Artikel ringan yang mampu menarik minat perhatian pembaca adalah yang isinya menerapkan interveted-pyramid.

Konsep piramida terbalik ini dibagian awal tulisan menyajikan gambaran utama mengenai apa yang nantinya akan disajikan di dalam tulisan. Kemudian dibagian tengan berisi isi dari apa yang ditulis, seperti informasi tambahan serta lebih detail menjelaskan dari paragraf sebelumnya. Bagian terakhir yakni berupa uraian kesimpulan dari seluruh tulisan.

6. Jangan Memaksakan Diri

Apabila kalian ingin artikel mudah dipahami oleh pembaca, maka jangan memaksakan diri. Hal ini dimaksudkan agar penulis tidak terlalu memborbadir otak untuk terus menulis secara terus- menerus. Beri jeda pikiran kalian untuk beristirahat dan memilah kosa kata baru.

Memaksakan diri mengejar deadline sering kali membuat penulis merasa terpaksa, sehingga rangkaian dari tulisannya cenderung monoton. Hal ini tentu saja membuat pembaca merasa bosan dan enggan melanjutkan menggali informasi yang ada di dalamnya.

7. Merewrite Artikel yang Pernah Dibaca

Cara mudah untuk menulis artikel ringan salah satunya adalah dengan merewriter artikel yang pernah ada. Hal ini tentu saja sangat membantu bagoi para pemula untuk belajar menulis. Tetapi jangan lupa untuk mempertahankan struktur tulisan berupa 5w+1H.

8. Menggunakan Bahasa yang Santai

Tahukah kalian bagaimana karakteristik artikel yang paling banyak diminati?. Jawabannya adalah sajian artikel yang ringan dan menggunakan bahasa santai. Jangan terlalu memborbadir artikel dengan majas-majas sastar atau menggunakan istilah-istilah ilmiah.

Sekalipun menggunakan bahasa yang santai, kalian juga harus mematuhi EYD dan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan sampai isi artikelnya bagus akan tetapi pembaca tidak mampu memahami sebab kata-katanya terlalu sulit dicerna.

9. Menambahkan Foto Penunjang

Selain menulis ulang artikel yang sudah ada sebelumnya, kalian juga bisa membuat artikel ringan dengan cara memberikan foto penunjang. Hal ini sangat membantu apabila kalian kehabisan kata-kata dan ide, sehingga kegiatan menulis tetap berjalan lancar dan tidak terputus di tengah jalan.

10. Perbanyak Membaca

Cara yang paling mudah untuk bisa menulis artikel ringan adalah dengan memperbanyak membaca. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka kalian akan menemukan beragam kosa kata baru setiap harinya. Sehingga wawasan menjadi luas.

11. Terus Berlatih

Sebagian besar orang merasa cepat jengah ketika belajar menulis, padahal pada dasarnya kegiatan tersebut akan menghasilkan karya yang maksimal ketika dilalui dengan banyak berlatih. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin.
Serta tetapkan waktu khusus, misalnya menulis 1 paragraf setiap 2 jam sekali hingga mampu menyelesaikan 1 judul artikel dalam 1 hari. Untuk meningkatkan kualitas tulisan, kalian bisa meminta pendapat dari teman-teman.

Langkah-Langkah menulis artikel ringan di atas bisa kalian terapkan satu persatu sesuai kemampuan. Selalu tekankan bahwa menulis adalah untuk menyampaikan informasi kepada pembaca, serta jangan lupa mengecek ke-unique-an tulisan kalian, ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi