Minggu

MingguT14.13

Definisi Kritik Seni, Macam-Macam, Tujuan dan Manfaat Mempelajarinya

Kritik Seni
Kritik seni adalah kegiatan menilai suatu karya seni, dengan menjelaskan kelebihan serta kekurangannya dalam konteks estetika atau keindahan. Seseorang yang mengkritik terhadap karya seni, disebut kritikus seni

Belum lengkap rasanya apabila ketika belajar ilmu kesenian tidak diiringi memahami sejawatnya. Seperti misalnya mengetahui definisi kritik seni, macam-macam, tujuan dan manfaat mempelajarinya agar bisa jauh lebih mendalami.

Mengetahui berbagai bagian dalam kritik seni sangat perlu diperhatikan dan dipelajari secara mendalam agar kelak bisa menjadi seorang kritkus profesional. Sehingga mampu bersaing dengan pembuat karya baik di seluruh dunia.

Memahami Definisi Kritik Seni Secara Umum

Source: bljrkuy
Secara umum kritik seni diartikan sebagai suatu kegiatan sebuah karya seni agar kehadirannya dapat menunjukkan kelebihan maupun kekurangannya. Hal tersebut biasa dilakukan guna memenuhi beberapa kepentinggan, seperti misalnya menunjukkan kualitas karya.

Upaya mengkritik karya seni juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas serta pemahaman terhadap pembuatnya. Peningkatan tersebut tidak lain berbasis pada prosesnya, sehingga pencipta dapat dengan maksimal memperindah buatannya.

Akan tetapi, sangat perlu diketahui bahwa upaya kritik karya seni tidak dilakukan oleh orang awam, melainkan seorang kritikus dibidangnya. Penyampaiannya bersifat mendukung dan memberikan masukan, sehingga mendatangkan pengaruh besar terhadap persepsi penikmatnya. Selain itu juga, upaya kritik seni mampu membantu penciptanya agar nilai jual karyanya bisa jauh lebih tinggi. Serta dapat dikenal secara luas diberbagai penjuru dunia.

Macam-Macam Kritik Seni dan Penjelasannya

Source: kompasiana
Setelah membaca dan memahami mengenai definisinya, sebagai seorang penggemar seni maka sebaiknya ketahui juga macam-macamnya. Simak penjelasan secara singkat yang Saya uraikan di bawah ini:

1. Kritik Seni Jurnalistik

Kritik seni pertama ini lebih mengarah kepada karya cetak seperti surat kabar, majalah maupun tulisan yang disampaikan secara terbuka. Dilakukannya hal ini tidak lain adalah untuk memberikan informasi seputar peristiwa dalam kesenian.

Perlu dipahami bahwa isi yang terdapat dalam kritik jurnalistik ini menjabarkan mengenai ringkasan jelas, tentang suatu gelaran pementasan, pameran, konser maupun pertunjukan lainnya. Sehingga pembahasannya jauh lebih mendasar.

2. Kritik Seni Pendagogik

Kritik seni pendagogik ini lebih diterapkan di dalam dunia belajar mengajar formal. Perlu dicatat juga kehadiran kritik tersebut hadir dan dikembangkan oleh Guru kesenian di sekolah baik secara langsung maupun tidak.

Lantas mengapa kritik tersebut perlu diterapkan? karena tujuan utama dilakukannya adalah untuk mengembangkan bakat maupun berbagai potensi artistik. Sehingga peserta didik mampu memiliki kemampuan berkreatifitas.

3. Kritik Seni Ilmiah

Kritik ilmiah ini lebih mengarah kepada pengomentaran nilai-nilai secara umum dan meluas. Tujuan dilakukannya adalah untuk memberikan masukan terhadap kajian akademis agar mampu memberikan hasil maksimal.

Tidak hanya itu, kritik seni ilmiah juga dapat menganalisis serta mengkaji mengenai kesejarahan soal critical judgement. Serta perlu dipahami bahwa kritik senin ini memiliki sifat yang terbuka sehingga mampu memberikan penyempurnaan bagi para pembuatnya.

Tujuan Diberlakukannya Kritik Seni
Source: UtakAtikOtak
Kritik seni dilakukan tidak hanya semata-mata untuk memuaskan hasrat mencerca ataupun mengomentari karya orang lain. Melainkan juga memiliki tujuan tersendiri. Lantas apa saja? Berikut ini Saya uraikan penjelasannya:

Memberikan Penilaian

Tujuan yang paling utama dari mengkritik sesuatu bukanlah sekedar mengunggulkan kemampuan diri sendiri dibidang pembuatan karya. Akan tetapi demi memberikan penilaian terhadap pelaku seni agar mampu menghadirkan karya-karya yang jauh memiliki nilai jual yang tinggi.

Memberikan Jalan Untuk Mengapresiasi Karya
Source: Republika
Kritik seni juga dilakukan untuk memberikan jembatan luas bagi mereka yang masih baru belajar dalam membuat suatu karya. Sehingga para pelaku seni bisa lebih bersemangat memunculkan ide-ide terbaru dalam karyanya.

Mengasah Kemampuan Menganalisis

Adanya kritik seni tidak hanya memberikan dampak positif kepada pembuat karya, akan tetapi juga kepada pengkritiknya. Mengapa? Karena upaya mengkritik bisa melatih pola pikir  untuk semakin menajamkan analisis, mengupas secara mendalam.

Beberapa Manfaat Mempelajari Kritik Seni
Setelah mengetahui definisi, macam-macam dan tujuannya, tentu saja suatu ilmu yang dipelajari pasti membawa kemanfaatan. Sebagaimana mempelajari kritik seni, berikut ini beberapa diantaranya yang akan Saya ulas:
Mengenal Lebih Banyak Bentuk-Bentuk Karya Seni

Manfaat utama yang dapat dirasakan ketika mempelajari keilmuan kritik seni adalah bisa mengenal lebih banyak bentuk karya seni itu sendiri. Misalnya perihal sejarahnya, tekniknya, proses pembuatannya dan lain sebagainya.

Menumbuh Rasa Cinta Seni
Source: Dunia Sastra Indonesia
Mungkin bagi orang biasa, gambar, ataupun bentuk lain dari karya seni dianggap sebagai hal biasa. Akan tetapi dengan mempelajari ilmu kritik seni, maka kalian bisa merasakan hasrat dan cinta yang mendalam terhadap keindahan dari berbagai karya yang ada.
Bisa Digunakan Untuk Pemenuhan Sarana yang Positif

Mempelajari kritik seni bisa mendatangkan manfaat yang tidak kalah menarik dari kegiatan lainnya. Beberapa diantaranya seperti sebagai penyalur hobi, menambah wawasan dibidang edukasi, mengasah kemampuan analisi dan lain-lain. Bagaiamana? Kalian tertarik menekuninya?

Menambah Wawasan Baru

Selain itu, yang menjadi manfaat tersendiri ketika seseorang mendalami dan menekuni kegiatan kritik seni adalah mampu menambah sumber wawasan keilmuannya. Sehingga dengan begitu nantinya siap bersaing dengan berbagai karya seni baik dalam ranah lokal sampai internasional.

Bayangkan saja apa jadinya jika seorang kritikus seni tidak memahami dasar-dasar keilmuannya, pasti dirinta takkan mampu melihat peluang. Hal tersebut juga berlaku bagi segala macam ilmu, pastikan kalian benar-benar menekuninya sampai titik pemahaman yang tiada habisnya.

Sekian artikel mengenai definisi kritik seni, macam-macam, tujuan dan manfaat mempelajarinya. Semoga bisa dijadikan bahan rujukan serta mampu memberikan manfaat kepada pembaca. Selamat belajar dan berproses!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi