Kamis

KamisT19.34

Cari Pelatihan Barista Terbaik? Ini Rekomendasi Untukmu

Pelatihan Barista
Bagi kalian yang memiliki hobi menyeduh hangatnya kopi, mengapa tidak mencoba mengubah hobi tersebut menjadi lahan penghasilan? Seperti misalnya mengikuti pelatihan barista untuk membuka usaha warung kopi terbaik.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi


Terlebih lagi saat ini sangat marak pendiri usaha warung kopi yang dilakukan oleh berbagai kalangan. Bisnis tersebut banyak digemari karena dianggap tidak membutuhkan skill khusus dan modal besar, sehingga anak sekolahan sekalipun bisa menjalankannya.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa seorang barista (pembuat kopi) yang memenuhi standart harus melalui sejumlah pelatihan. Hal tersebut diberlakukan demi menjaga keamanan dan kesehatan konsumen, mengingat kopi mengandung kafein tinggi.

Mengenal Barista Merdeka By Bencoolen Coffee

Pelatihan Barista adalah program yang bertujuan untuk memberikan wawasan serta bekal dasar menjadi barista dengan bertujuan untuk memperluas kesempatan kerja baru.

Program ini disupport oleh pemerintah melalui kartu prakerja sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lapangan pekerjaan yang ada saat ini.

The Bencoolen Coffee sendiri adalah brand asal Bengkulu yang cukup Expert dalam mengolah kopi dengan kualitas yang baik, juga menjadi support partner dari pelatihan barista ini.

Manfaat dan Cara Mengikuti Pelatihan Barista

Source: restomart
Tidak semua orang tahu bahwa mengikuti pelatihan barista ternyata memiliki segudang manfaat. Apalagi untuk para calon pebisnis yang ingin mendirikan usaha warung kopi. Lantas apa saja manfaatnya? simak ulasan singkat berikut ini:

1. Mendapatkan Pengetahuan Seputar Kopi

Jika selama ini orang awam hanya mengetahui jenis kopi berdasarkan merk yang dijual di pasaran, maka melalui pelatihan ini kalian bisa mendapatkan pengetahuan berbeda. Seperti memahami karakteristik kopi, menerapkan teknik pembuatan dan memperoleh penjelasan seputar detail profesi seorang barista.

2. Memahami Kebutuhan Seorang Barista

Mengikuti pelatihan menjadi seorang barista juga membuat peserta menjadi paham akan penggunaan peralatan pembuat kopi. Mengingat ada banyak alat yang tentu saja tidak bisa digunakan oleh sembarang orang tanpa pelatihan khusus.

3. Menjadikan Seorang Barista yang Handal
Source: restomart
Manfaat mengikuti pelatihan barista berikutnya adalah mampu menjadikan seorang peracik kopi yang handal. Pada pelatihan tersebut kalian busa mendapat pemahaman dan apresiasi, juga memiliki wawasan yang lebih baik perihal aroma dan rasa dari berbagai kopi.

Jika kalian mulai tertarik untuk menjadi seorang barista setelah membaca berbagai manfaatnya, segera saja mengikuti pelatihannya. Lantas bagaimana caranya? bagi yang belum mengetahui caranya, kalian bisa langsung mengunjungi website resmi http://Prakerja.bencoolencoffe.com
Source: tempatngopi.id

Tips Membuka Warung Kopi Untuk Pebisnis


Menjadi seorang pengusaha warkop yang sukses tidak hanya bisa diraih dengan pengalaman jadi barista saja, melainkan juga harus menerapkan trik dan tips. Lantas apa saja diantaranya? Agar lebih jelas, simak ulasan berikut ini:

1. Membuat Rencana Bisnis Sematang Mungkin

Setiap kegiatan atau langkah yang akan diambil nantinya, sebagai calon pelaku usaha kalian haruslah membuat rencana bisnis terlebih dahulu. Hal ini dilakukan guna meminimalisir kegagalan atau berbagai hal terburuk diluar dugaan.

Lalu bagaimana cara membuat rencana bisnis itu sendiri? Kalian bisa mulai dengan membuat beberapa daftar pertanyaan. Setelah itu dari list tersebut cobalah untuk mulai menjawabnya sendiri dan pertimbangan kesimpulannya.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat

Selalu ingat bahwa bisnis warung kopi kalian merupakan salah satu usaha yang membutuhkan cukup ruang untuk menampung pelanggan. Sehingga jangan sampai salah memilih lokasi, sehingga nantinya mempengaruhi pemasukan penjualan.

Lantas bagaimana cara memilih lokasi yang tepat untuk membuka usaha warung kopi? Kalian bisa membidik khalayak yang suka mengkonsumsi kopi, seperti misalnya di dekat area kampus, kos, area wisata dan lain sebagainya.

3. Buat Denah Ruang Warung Kopi Dengan Baik
Bisnis Warung Kopi Modal Minim
Source: sribu.com
Sekalipun bisnis warung kopi kalian hanya kecil-kecilan, akan tetapi soal denah penempatan ruang untuk pelanggan harus diperhatikan. Mengapa? sebab hal ini mempengaruhi tingkat kenyamanan pembeli saat menunggu pesanannya disajikan.

Tips nomor 3 ini bisa kalian lakukan dengan menyesuaikan ukuran meja maupun kursi dengan ukuran ruangan. Jangan sampai meletakkan perabotan bervolume besar di dalam ruangan yang sempit, karena hal tersebut bisa membuat keadaan semakin terasa sempit.

4. Gunakan Bantuan Tenaga Ahli

Apabila kalian hendak membuka warung kopi, sebaiknya pertimbangkan dengan matang perihal pelayanannya. Jangan sampai proses pengelolaan sajian kopi tersebut membahayakan konsumen karena tidak ditangani oleh ahlinya.

Selain berlaku sebagai pemilik usaha warung kopi, sangat disarankan untuk menggunakan bantuan tenaga ahli demi memudahkan proses pelayanan. Jangan lupa ajarkan karyawan kalian tentang bagaimana cara membuat kopi yang baik dan benar.

5. Lakukan Riset Dengan Baik

Sebelum memulai bisnis warung kopi, kalian juga harus tahu di mana suppliyer yang menyediakan coffe bean dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Untuk itu sebagai owner, sangat dianjurkan agar kalian sesering mungkin melakukan riset.
Hal tersebut juga berlaku dalam pembelian perabotan seperti meja, kursi maupun etalase. Biasanya jauh lebih terjangkau jika kalian membelinya di toko online melalui layanan aplikasi yang saat ini sudah banyak tersedia di google play store.

6. Bangun Relasi Seluas Mungkin
Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa menjalin hubungan yang luas. Oleh karenanya, jika kalian ingin usaha warung kopi memiliki banyak pelanggan, jangan segan-segan membangun relasi. Gunakan strategi promosi kepada kerabat dekat hingga masyarakat.

Proses pembangunan relasi ini nantinya bisa memunculkan berbagai kemanfaat hingga keuntungan. Beberapa diantaranya seperti mendapatkan informasi suppliyer, pelanggan semakin banyak sampai permintaan kerjasama dari berbagai pihak.

BISNIS WARUNG KOPI MODAL MINIM 


7. Lakukan Pemasaran Sebelum Warung Kopi Dibuka

Beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis pada umumnya adalah membuka warung terlebih dahulu kemudian baru melakukan pemasaran. Padahal hal tersebut sangat kurang efektif, mengapa? karena membuang-buang biaya listrik.

Sehingga sebaiknya sesering mungkin lakukan promosi minima H-3 atau H-7 sebelum warung benar-benar dibuka. Hal ini nantinya bisa membantu pelanggan baru menemukan lokasi warung kopi kalian terlebih dahulu dan menarik perhatian khalayak lebih banyak.

Untuk teknik promosi warung kopi maupun kafe, kalian bisa menggunakan jasa influencer, blogger, yang memiliki kredibilitas agar mampu meng-influence orang lain untuk mencapai target pasar. Saya sudah menulis lengkap alasan mengapa kita harus menggunakan jasa promosi influencer. Kalian bisa baca di Kelebihan Menggunakan Jasa Influencer untuk Mempromosikan Produk 

Demikian ulasan di atas semoga bisa membawa kemanfaatan serta dijadikan refrensi bagi kalian yang ingin membuka bisnis warung kopi. Jangan lupa memikirkan rencana dengan matang dan selalu siapkan upaya penangan terhadap hal-hal berkemungkinan terburuk. Semoga sukses!

Related Posts

1 komentar:

  1. Pelatihan barista1 Juni 2020 11.06

    Wah pelatihan baristanya bagus ini, cocok untuk temen-temen yang ingin membuka usaha warung kopi sendiri. Mantap

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi