Minggu

MingguT17.47

Beginilah Sinopsis Film Antrum (2018) Berani Nonton?


Hai, guys.. Buat yang pertama kali mengunjungi blog ini, kenalin, aku Faisol Abrori, (akun twitter : @bukanisol) aku mau cerita sedikit pengalaman menonton film "mematikan" yang sedang trending topik, sekaligus aku mau ngereview film ini. Sebelumnya, aku minta maaf, misal ada spoiler-spoiler sepanjang artikel ini, aku cuman ingin share kepada kalian semaksimal mungkin, gimana sih film yang konon "mematikan" ini.

Oke, aku mulai dari sinopsis Film Antrum (2018). Film ini pertama kali dibuat pada 1970, dan mulai dianggap sebagai "kutukan" setelah penayangan di berbagai negara dengan berbagai macam kejadian aneh dan kontroversial. Mulai dari kebakaran saat festival film di Budapest (1988) yang mana tanpa ada kejelasan, tiba-tiba bioskop yang saat itu memutar film ini terbakar hingga menewaskan 86 penonton saat itu, kejadian itu berulang pada tahun 1993 di bioskop San Francisco (30 tewas)

Film ini kembali ditayangkan pada 2018 dan diproduksi ulang pada 2019 silam. Dengan bertajuk "Antrum : The Deadliest Film Ever Made" menjadikan film ini sebagai film yang kontroversial dan cukup menghebohkan jagat maya Indonesia beberapa waktu lalu.

SINOPSIS FILM ANTRUM

Film ini menceritakan tentang kisah kakak-beradik yakni Nathan, dan kakak perempuannya yang bernama Oralee, yang kehilangan seekor anjing yang sangat dicintai, namun Nathan tidak terima atas kematian si anjing, dan berusaha untuk menyelamatkannya dari "neraka". Hmmm...

Film dengan durasi 1 jam 35 menit ini diawali dengan kesaksian-kesaksian dan cuplikan dokumenter dan narasi tentang bagaimana film ini dicap sebagai film yang "terkutuk" dalam sejarah perfilman dunia.
Kembali ke kisah Nathan dan Oralee. 
Ternyata, mereka menggunakan cara yang sangat buruk, yakni ritual pemanggilan setan di tengah hutan belantara dengan tujuan menghidupkan kembali anjing mereka. Film berjalan dengan cukup menegangkan karena banyak sekali simbol-simbol satanic, serta watermark yang membuat bulu kuduk merinding. Oke, next.

Nah, kejadian aneh mulai bermunculan setelah mereka berdua mendirikan tenda dan mulai melakukan ritual tersebut. Mereka mulai menggali tanah untuk menuju "neraka" pikir mereka.

Adegan-adegan di film ini semakin bikin tegang setelah pertemuan mereka dengan 2 orang pria yang cukup aneh dengan patung manusia berkepala kambing yang bahan dasarnya seperti bahan logam, dan di bawahnya itu ada api. Seperti tungku sih, kalau kita taunya.

Film ini diakhiri dengan adegan yang sangat membingungkan dan ambigu, di samping memang ada kebagusan dalam film ini misal seperti horornya yang tidak ada jumpscare sedikitpun, jadi lebih ke horor psikologi sih. Tapi bagi aku pribadi, film ini tetep mengecewakan.

REVIEW FILM ANTRUM (2018) "MENGECEWAKAN"

Aku orangnya suka nonton film genre horor-gore, dan bagi aku pribadi, film ini mirip seperti film Hereditary sama Midsommar, tapi kedua film itu lebih bagus dibanding Antrum. Pertama, karena film ini sangat membingungkan. Penonton dibikin bingung dengan alur cerita, susah untuk ditelaah. Apalagi akhirnya, digantung banget, asli.

Kedua, mengecewakan dari sisi durasi. Untuk film sejenis ini memang bikin kesel karena untuk adegan yang ringan saja, butuh durasi yang lama. Bikin kesel tau nggak. Jadi beberapa adegan aku skip karena memang kepanjangan durasinya. Apalagi ditambah warna film ala-ala vintage gitu, aku ngerasa feelnya dapet, cuman ga sekuat Midsommar, karena di film Antrum seringkali kabur atau bercampur dengan bayang-bayang cuplikan video yang annoy banget.

Ketiga, aku kecewa dari penokohannya. Memang, film ini tergolong "low budget" tapi harusnya film ini harus lebih kreatif tentang konflik yang diangkat, beberapa kali aku mendapati latar tempat yang sama, lalu bertanya dalam hati "lah ngapain ke sini lagi?" jadi ada beberapa scene yang bikin greget.

Setelah menonton film ini.....


Ya, alhamdulillah ga ada pengaruh apa-apa. Cuman mungkin ada beberapa temen youtuber yang ngerasa agak sedikit "terganggu" bisa jadi itu karena proses scene-scene yang mengganggu jadi terngiang di pikiran mereka, sehingga psikisnya merespon dan berhalusinasi. Yang penting, kalo tips nonton dari aku, baca doa sebelum nonton, dan selalu positif thinking, nikmati film ini sebagai sebuah seni. InsyaAllah aman, kok...

Jadi, kesimpulannya aku ngasih rating 6/10 untuk film ini, berdasarkan review pengalaman aku nonton film Antrum ini, semoga bisa jadi pertimbangan. Kalo menurut kalian gimana guys? Kalian bisa komen di bawah ya..

Related Posts

3 komentar:

  1. Wah iya rame sih film ini, kebetulan nemu artikel ini. Makasih sharing-sharingnya mas isol

    BalasHapus
  2. Aku termasuk yang penakut sama film horror apalagi yang darah-darah gitu kayak pas nonton film train to busan, aku sempet gak bisa tidur berminggu-minggu. Tapi aku kepoan. Jadi daripada penasaran, aku mending baca-baca sinopsisnya aja. Dari situ aku dapet gambaran alur walau sedikit yang penting udah tau ceritanya tentang apa.

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi