Senin

SeninT11.42

11 Trik Memilih Tokoh yang Menarik dalam Cerpen/Novel


Sebuah karya sastra terutama cerpen atau novel pasti kurang lengkap tanpa kehadiran sosok pelaku dalam ceritanya. Bagi kalian yang masih kebingungan menentukannya, maka sebaiknya ketahui dahulu 11 cara memilih tokoh yang menarik dalam cerpen/novel agar cerita menjadi lebih hidup.

Setiap pembaca cerpen atau novel pasti lebih menyukai sajian ceritanya yang terasa hidup, menegangkan atau bahkan berakhir misteri. Kesemuanya itu pasti dibutuhkan kehadiran tokoh demi menjalankan alurnya, lantas bagaimanakah cara memilih dan menentukan tokoh yang menarik di dalamnya?, berikut rahasianya:

1. Bayangkan Penggambaran Fisiknya

Cara rahasia dalam memilih tokoh untuk sajian cerpen atau novel adalah dengan menggambarkan bentuk fisiknya secara detail. Sesuaikan dengan alur atau kejadian cerita yang kalian tulis, bayangkan bagaimana sosok tersebut seolah-olah nyata di depan mata.

2. Memperkaya Literatur

Penulis cerpen atau novel yang baik adalah mereka yang senantiasa membaca karya-karya lainnya. Hal ini harus dilakukan agar otak terisi dan mendapatkan berbagai informasi baru, salah satunya seperti pemilihan tokoh. Dengan membaca beragam karya lain, maka kalian bisa dengan mudah memilih tokoh untuk isian cerita.

3. Mengambil Ciri-Ciri Fisik dari Sebuah Film

Apabila kalian kurang suka dengan membaca namun masih ingin menjadi penulis cerpen atau novel, maka sebaiknya perbanyak menonton film. Carilah film yang senada dengan cerpen maupun novel kalian nantinya. Cara ini mampu membantu untuk memilih dan menentukan tokoh yang sesuai untuk sajian cerita kalian.

4. Mengambil Dari Kisah Nyata

Rahasia memilih tokoh yang menarik untuk cerpen maupun novel berikutnya adalah dengan mengambil dari kisah nyata. Cara ini bahkan tidak banyak diketahui oleh sebagian besar penulis, sehingga sajian ceritanya kurang menarik.

Kalian bisa mengambil satu sosok orang terdekat maupun kerabat disekitar untuk dimasukkan sebagai tokoh utama maupun pendukung. Namun pastikan menggunakan nama lain agar tidak terkesan menyinggung orang yang bersangkutan.

5. Memperbanyak Diskusi dengan Penulis Lain

Rahasia berikutnya adalah dengan memperbanyak diskusi dengan penulis lain yang lebih berpengalaman. Apalagi dalam keputusan memilih nama untuk tokoh utama, jangan sampai penggambarannya berbeda dengan sajian isi cerita kalian.
Pendiskusian ini bisa kalian lakukan dengan membuat suatu forum ikatan penulis atau langsung bergabung dalam komunitas penulis yang tersedia. Apalagi saat ini sudah begitu banyak berbagai komunitas untuk para penulis baik di facebook, telegram atau sosial media lainnya.

6. Membayangkan Diri Sendiri

Biasanya seorang penulis cerpen atau novel cenderung mengisahkan kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya, baik berdasarkan pengalaman pribadi maupun orang lain. Apabila seperti itu, maka cara memilih tokohnya bisa berasal dari diri sendiri ataupun orang lain, sesuai dengan jalannya cerita agar tidak rimpang.

7. Membuat Daftar Sifat, Sikap dan Karakter Inti

Apabila masih kesulitan dan merasa terlalu monoton maka kalian bisa mencoba untuk membuat daftar kumpulan sifat, sikap dan karakter intinya. Jangan lupa sematkan nama lengkap atau panggilannya agar semakin mudah mendeskripsikannya.
Penulis yang biasa melakukan hal ini biasanya menggunakannya untuk stok tokoh dalam setiap cerpen atau novelnya. Sehingga ketika suatu saat nanti membutuhkan tokoh tambahan, ia hanya tinggal membuka catatannya tersebut.

8. Menentukan Kebiasaan Unik Tokoh

Agar tokoh dalam cerita menjadi menarik maka kalian harus menyisipkan atau memberikan suatu keunikan dalam diri pemeran tersebut. Misalnya pandai merayu, menirukan suara atau lain sebagainya. Dengan memunculkannya maka pembaca akan jauh lebih suka dan tergelitik untuk terus membaca cerita kalian.

Kebiasaan unik tersebut akan mudah kalian temukan dengan membaca berbagai biodata maupun biografi dari tokoh ternama. Seperti pahlawan, artis, atau orang-orang lain, Sehingga dengan begitu wawasan kalian bisa jauh lebih luas dari sebelumnya.

9. Membuat Gambar Versi Visualnya

Rahasia berikutnya memilih tokonya cerpen/novel yang menarik adalah dengan terlebih dahulu membuat gambar versi visualnya. Apalagi jika kalian memiliki kemampuan menggambar yang baik, bisa juga nantinya menjadikan gambat tersebut dalam bentuk design dan menyisipkannya dalam cerpen/novel.

Melakukan hal semacam ini tentu saja akan sangat membantu kalian apabila kesusahan menuliskan pendeskripsiannya dalam tulisan. Eksplorasi imajinasi kalian dengan melihat berbagai gambar penokohan dari karya-karya lain.

10. Menggambarkannya dalam Dialog

Trik selanjutnya yakni dengan menggambarkan tokoh tersebut dalam penulisan dialog. Hal ini juga sangat membantu penulis. Mengapa? karena pendeskriapsiannya bisa jauh lebih mendetail dan mendalam.

Cara pada poin 10 ini bisa kalian lakukan seperti menuliskan storyboard atau kerangka pemikiran karakter. Sehingga tidak perlu khawatir terjadi kerancuan saat menuliskan dan menyajikan tokoh dalam cerpen atau novel tersebut. Bagimana? mudah bukan dengan cara ini?

11. Mengambil Inspirasi dari Beberapa Public Figure

Cara terakhir untuk menentukan dan memilih penokohan yang menarik dan menggelitik dalam cerpen atau novel adalah mengambil inspirasi dari beberapa public figure. Seperti sosok artis yang menginspirasi ataupun kalian gemari.
Bayangkan apabila sosok tersebut berada dalam keadaan atau situasi cerita yang kalian gambarkan. Buat seolah-olah sesungguhnya dialah pelaku dalam novel ataupun cerpen tersebut, maka dengan begitu pembaca bisa jauh lebih memahami alur cerita kalian.

11 trik memilih tokoh yang menarik dalam cerpen/novel di atas bisa kalian jadikan refrensi apabila sedang kesulitan menentukan bagaimana pemerannya. Pilih salah satu atau beberapa sesuai dengan kehendak kalian dan pastikan untuk terus meningkatkan kreatifitas maupun imajinasi dalam menulis.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi