Minggu

MingguT04.51

5 Cara Tetap Berpenghasilan Selama Pandemi Hanya Bermodal Blog

Source: finpost.com
Sejak wabah merebak, sebagian besar orang merasa kesusahan dalam menghasilkan pemasukan. Kejadian tersebut lantas menyebabkan angka pengangguran melunjak dan keadaan ekonomi tidak stabil. Oleh karena itu  terdapat berbagai trik memaksimalkan teknologi informasi agar tetap berpenghasilan.

Mengapa saya mengulas tentang teknologi informasi? karena saat ini hampir seluruh populasi manusia yanga ada di muka bumi ini mengenal teknologi, baik tua maupun muda. Sehingga besar kemungkinan pundi-pundi rupiah bisa datang apabila dimaksimalkan dengan baik.

Teknologi informasi selalu berkaitan dengan media komunikasi, pasalnya kedua perangkat tersebut saling berkaitan satu sama lain. Mengingat keduanya sering kali diakses oleh masyarakat, sehingga berpotensi besar dijadikan lahan penghasilan. Untuk itu simak ulasan trik berikut ini:

1. Bisnis Online
Source: dream.co.id
Dalam masa Pandemi seperti saat ini, sektor industri bisnis online mengalami kelonjakan dan meningkat hingga 2 kali lipat (per Mei 2020, via bisnis.com) pertumbuhan ini berdampak pada setiap produk yang dipasarkan secara online. Oleh karena itu, bisnis online saya tempatkan di urutan pertama karena memiliki peluang yang cukup menghasilkan di era Pandemi ini.

Untuk produk yang ingin dipasarkan, pilih produk yang sesuai target pasar kalian. Misal kalian memasang target kaum muslim, bisa dengan menjual produk fashion syar'i yang kemudian detail beserta harganya ditulis di blog agar mempermudah pembaca untuk membeli. Kenapa harus berjualan online di blog sendiri?
Source: shutterstock
Alasan yang pertama, tentu karena blog yang kita kelola sendiri menjadi brand yang unik, serta valuable di masa yang akan datang. Juga dengan memasarkan produk di blog akan memfokuskan pembaca pada produk yang kita jual, sehingga kesempatan untuk closing lebih besar.

Bagaimana ketika kita ingin berjualan online tapi tidak memiliki stok barang? Nah, bisa dengan menerapkan sistem dropship, reseller, dan afiliasi. Saya pribadi menggunakan bisnis afiliasi untuk berbisnis online, karena banyak kemudahannya, yakni kita tidak perlu stok barang, cukup merekomendasikan produk, ketika mereka membeli dengan Link unik kita, maka kita akan mendapatkan komisi yang menarik. Selengkapnya kalian bisa membaca : program afiliasi terbaik

2. Membuat Kursus Online
Bagi kalian yang tidak sabar menunggu tawaran orang lain guna menawarkan pekerjaan, maka upaya membuka usaha sendiri demi mendatangkan penghasilan bisa dilakukan. Salah satu triknya adalah dengan membuat kursus secara online.

Bentuk kursusnya bisa berupa pelatihan berwirausaha, memaksimalkan website dan lain sebagainya. Demi memiliki banyak peserta, maka kalian harus pandai membangun kepercayaan di mata khalayak. Bila ingin lebih profesional, ajaklah salah seorang narasumber yang memang mumpuni di bidangnya.

3. Media Iklan Online
Source: Bobyandian.com
Dengan blog, kita bisa menjadikan konten kita sebagai penghasilan. Jika kalian memiliki blog dengan pembaca yang cukup banyak, serta penilaian yang positif, dan branding yang menarik, maka akan banyak pengiklan yang ingin menaruh banner iklannya di blog teman-teman.

Untuk menambah kepercayaan brand untuk menaruh iklannya di blog pribadi, kita bisa membuat Portofolio online. Tahukah kalian bahwa kehadiran portofolio sangatlah penting guna memasuki dunia kerja? faktanya memang demikian. Apalagi saat pandemi mulai merebak dan sebagian besar orang terpaksa kehilangan pekerjaan tetapnya, terlebih lagi para pekerja perindustrian.

Oleh sebab itu, agar tidak terlalu lama menganggur, kalian harus membuat portofolio berupa file. Cantumkan keberadaannya di beberapa sosial media, namun sangat disarankan menggunakan layanan Linkedin, blog maupun website pribadi.

Upaya tersebut nantinya akan sangat membantu kalian mendapatkan penghasilan melalui orang-orang yang telah membaca portofolio. Selain itu juga, selalu mawas diri agar tidak mengalami penipuan dengan dalih tawaran pekerjaan. Oleh karenanya berusahalah untuk seselektif mungkin. Saya pribadi sudah membuat portofolio online saya, yang bisa dicek di bagian portofolio.

Media Iklan Online ternyata tidak terbatas itu saja. Kalian bisa mendaftarkan blog untuk menjadi mitra Google adsense. Yang pendapatannya juga menggiurkan lho. Dan banyak online advertising yang lain yang bisa kalian coba, sesuai dengan niche (tema) blog kalian.

4. Review Produk
Di era Pandemi saat ini, tentu sebelum membeli sesuatu, masyarakat kerap mencari review atau ulasan produk tersebut. Nah, ini kesempatan bagus untuk teman-teman reviewer yang gemar mengulas produk, karena banyak sekali brand yang mengajak para Blogger untuk mereview produk mereka.

Kebanyakan beauty blogger yang memiliki blog khusus tentang kecantikan mendapatkan banyak tawaran review. Jadi, sistemnya kita dihubungi oleh klien untuk mereview produk, biasanya juga disertai fee yang menarik.

5. Jasa Internet Marketing
Internet Marketing sangat digandrungi di era milenial. Bukan tanpa sebab, sekarang kita berada di era revolusi 4.0 terlebih masa Pandemi, semua aktivitas kita sudah mendigital. Lalu, apa efek dari digitalisasi ini?

Tentu berdampak pada kesempatan bisnis Internet Marketing. Dengan blog pribadi, kita bisa mempromosikan jasa Internet Marketing, kemampuan untuk menggaet audience dengan desain grafis, fotografi yang unik, hingga jasa membuat caption media sosial, serta jasa-jasa yang berkaitan dengan internet Marketing. Semakin lengkap kemampuan Internet Marketing kita, maka semakin besar pula potensi untuk meraih penghasilan.

KATA KUNCINYA : BLOG!

Membuat blog bisa secepat kilat, lho.. Saya pribadi membuat blog pribadi saat itu butuh waktu sekitar kurang dari 1 jam hingga 1 hari (maksimal). Dan alhamdulillah, dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah meskipun di era Pandemi saat ini. Yang penting blog kita update berkala, dan tayangkan artikel berkualitas dan fresh. Itu kuncinya.

Lalu, bagaimana cara memilih layanan untuk membuat blog bisnis?

Untuk berbisnis, saya mau merekomendasikan layanan blog terbaik dari Qwords.com yang menyediakan berbagai macam fasilitas menarik. Kita bisa bisa melakukan cek domain untuk memilih domain apa yang masih available untuk Url Blog. Selain itu, blog yang baik juga dihost dengan baik. Qwords juga menyediakan hosting murah mulai dari 14.500/bulan kalian sudah mampu membuat blog personal yang baik.

Untuk promo-promo menarik, saya sarankan untuk update info-info menarik dari qwords di media sosial qwords. Selain promo, banyak juga pengetahuan seputar blogging yang menarik untuk dibahas.

Jadi, kesimpulannya.. Blog merupakan ladang investasi yang menjanjikan selama kita bisa memaksimalkan teknologi informasi, agar tetap berpenghasilan selama pandemi. Jangan lupa gunakan 5 cara yang sudah saya share di atas. Satu pesan saya, tetaplah di rumah, manfaatkan kreativitasmu untuk melihat peluang dalam keadaan genting sekalipun. Salam.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi